Waspada Terhadap 7 Penyakit di Musim Hujan

Waspada Terhadap 7 Penyakit di Musim Hujan - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Waspada Terhadap 7 Penyakit di Musim Hujan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel The Lounge, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Waspada Terhadap 7 Penyakit di Musim Hujan
link : Waspada Terhadap 7 Penyakit di Musim Hujan

Baca juga


Waspada Terhadap 7 Penyakit di Musim Hujan



Hallooo Kaskuser sejagat raya . . . .
Ini Thread ke-2 ane yang sebelumnya Thread pertama ane langsung jadi HT,
dan mudah-mudahan Thread ini bisa jadi HT juga.

Spoiler for HT gan!:

Spoiler for Cek repost dulu gan!:


Quote:
Curah hujan yang meningkat akibat anomali cuaca, menyebabkan banyak lokasi rawan banjir. Sampah yang menumpuk, serta suhu udara yang cepat berubah memudahkan ketahanan tubuh menurun drastis. Berbagai penyakit pun siap mengintai.
Langkah paling mendasar adalah menjaga kebersihan, "Cuci tangan pakai sabun setiap akan makan/minum serta sehabis buang hajat; merebus air minum hingga mendidih setiap hari; menjaga kebersihan lingkungan; dan menghindari tumpukan sampah di sekitar tempat tinggal."


Quote:Karena setidaknya ada tujuh penyakit yang harus diwaspadai dalam kondisi musim hujan dan banjir sekarang ini, yaitu:
Quote:1. DIARE

Penyakit diare sangat erat kaitanya dengan kebersihan individu (personal hygiene). Pada musim hujan dengan curah hujan yang tinggi maka potensi banjir meningkat. Pada saat banjir, sumber-sumber air minum masyarakat, khususnya sumber air minum dari sumur dangkal akan banyak ikut tercemar. Di samping itu pada saat banjir biasanya akan terjadi pengungsian di mana fasilitas dan sarana serba terbatas termasuk ketersediaan air bersih. Itu semua menjadi potensial menimbulkan penyakit diare disertai penularan yang cepat.

Penanganan:
Jika terkena diare, penanganan yang harus dilakukan adalah minum banyak cairan, menghindari makanan padat atau yang tidak berperasa selama 1-2 hari, minum cairan dehidrasi oralit dan memeriksakan diri ke dokter. Jika oralit tidak ada, buatlah larutan garam dan gula. caranya masukkan dua sendok teh gula pasir dan sedikit garam dapur ke dalam satu gelas air.

Quote:2. LEPTOSPIROSIS

Leptospirosis adalah penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya (zoonosis). Penyakit leptospirosis disebabkan oleh bakteri yang disebut leptospira. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit zoonosis, karena ditularkan melalui hewan/binatang. Di Indonesia hewan penular terutama adalah tikus melalui kotoran dan air kencingnya. Pada musim hujan terutama saat terjadi banjir, maka tikus-tikus yang tinggal di liang-liang tanah akan ikut keluar menyelamatkan diri.
Tikus tersebut akan berkeliaran di sekitar manusia di mana kotoran dan air kencingnya akan bercampur dengan air banjir tersebut. Seseorang yang ada luka, kemudian bermain/terendam air banjir yang sudah tercampur dengan kotoran/kencing tikus yang mengandung bakteri lepstopira, maka orang tersebut potensi dapat terinfeksi dan akan jatuh menjadi sakit.
“Untuk menghindari timbulnya penyakit leptospirosis masyarakat agar melakukan langkah-langkah antisipasi yaitu menekan dan hindari adanya tikus yang berkeliaran di sekitar kita, dengan selalu menjaga kebersihan; hindari bermain air saat terjadi banjir, terutama bila ada luka; gunakan pelindung misalnya sepatu boot, bila terpaksa harus ke daerah banjir; dan segera berobat ke sarana kesehatan bila sakit berkepanjangan,


Penanganan:
Leptospirosis ringan cukup dengan istirahat di rumah, dengan diberikan obat penurun panas, dan antibiotik untuk kuman Leptospira (Doxicilin). Diberikan obat simtomatis sesuai dengan keluhan pasien. Bila mual diberi anti mual, muntah: antimuntah, sakit kepala: obat penghilang sakit kepala, demam diberikan antipiretik (obat turun panas). Dan pasien akan sembuh sempurna.

Quote:3. ISPA

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dapat berupa bakteri, virus dan berbagai mikroba lainnya. Gejala utama dapat berupa batuk dan demam, kalau berat dapat/ mungkin disertai sesak napas, nyeri dada dan lain-lain. Untuk menangani penyakit ini, masyarakat diimbau untuk istirahat, pengobatan simtomatis sesuai gejala, mungkin diperlukan pengobatan kausal untuk mengatasi penyebab, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penularan pada orang sekitar, antara lain dengan menutup mulut ketika batuk, tidak meludah sembarangan.“Faktor berkumpulnya banyak orang, misalnya di tempat pengungsian korban banjir, juga berperan dalam penularan ISPA,”
Penanganan:
Cara mengatasi penyakit ISPA pada anak adalah dengan penggunaan antibiotik khusus anak dan dosis rendah serta menjaga kesehatan anak agar memiliki daya tahan tubuh yang kuat dengan memberi asupan makanan bergizi, melakukan imunisasi dan menerapkan kebersihan diri pada anak. Cara mengatasi penyakit ISPA pada balita tentunya tidak sembarangan. Setiap penanganan terhadap bayi haruslah berhati-hati dikarenakan kondisi mereka yang masih lemah dan organ tubuh yang belum sempurna bekerja. Untuk itu sebaiknya ISPA pada bayi disembuhkan dengan mengkonsumsi obat-obatan herbal yang tidak mengandung zat kimia berbahaya. Selain itu cegahlah penyakit ISPA dari bayi dengan menghindarkan bayi dari kontak fisik dengan penderita serta lakukan imunisasi secara berkala.

Quote:4. PENYAKIT KULIT

Penyakit kulit, dapat berupa infeksi, alergi atau bentuk lain pada musim banjir maka masalah utamanya adalah kebersihan yang tidak terjaga baik. Seperti juga pada ISPA, maka faktor berkumpulnya banyak orang, misalnya di tempat pengungsian korban banjir, juga berperan dalam penularan infeksi kulit.
Penanganan:
Jenis penyakit kulit sangat beragam dan intinya cara penanganan penyakit ini dengan menjada kebersihan tubuh dan lingkungan.

Quote:5. TIFOID

Tifoid atau tipus adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thypi. Penyakit ini banyak ditemui di Indonesia. Penyakit tifoid memang erat kaitannya dengan higienitas atau kebersihan. Bakteri penyebab tifoid senang hidup di makanan kotor ataupun tanah sehingga bila seseorang mengonsumsi makanan kotor dan saat daya tahan tubuhnya turun maka ia dapat terserang tifoid.
Penanganan:
Pasien tanpa komplikasi dapat diobati secara rawat jalan. Mereka harus disarankan untuk menggunakan teknik mencuci tangan yang ketat dan untuk menghindari menyiapkan makanan untuk orang lain selama sakit. Rawat pasien harus ditempatkan di isolasi kontak selama fase akut infeksi. Tinja dan urine harus dibuang secara aman.

Quote:6. PENYAKIT KRONIK

Penyakit kronik adalah suatu penyakit yang perjalanan penyakit berlangsung lama sampai bertahun-tahun,bertambah berat,menetap,dan sering kambuh. (Purwaningsih dan Karbina, 2009). Penyakit kronis bisa menyebabkan kematian. Contoh penyakit kronis adalah diabetes militus, TBC, kanker dan penyakit jantung. Ketidakmampuan merupakan persepsi individu bahwa segala hal yang dilakukan tidak akan mendapatkan hasil atau suatu keadaan dimana individu kurang dapat mengendalikan kondisi tertentu atau kegiatan yang baru dirasakan. (Purwaningsih dan Karbina, 2009). Kesimpulan yang didapat dari pengertian di atas adalah penyakit kronis yang terjadi pada seseorang dalam waktu lama akan membuat orang tersebut menjadi tidak mampu melakukan sesuatu seperti biasanya.
Penanganan:
Supaya penyakit kronis yang diderita tidak semakin parah sangat dianjurkan ditangani langsung oleh Dokter, para pasien diminta untuk patuh dalam menjalani pengobatan. Sayang, tidak sedikit pasien `bandel` dan tidak patuh dalam menjalaninya.

Quote:7. DEMAM BERDARAH

Pada saat musim hujan, biasanya akan terjadi peningkatan tempat perindukan nyamuk aedes aegypti yaitu nyamuk penular penyakit demam berdarah. Hal ini dikarenakan pada saat musim hujan banyak sampah misalnya kaleng bekas, ban bekas serta tempat-tempat tertentu terisi air dan terjadi genangan untuk beberapa waktu. Genangan air itulah akhirnya menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk tersebut. Dengan meningkatnya populasi nyamuk sebagai penular penyakit, maka risiko terjadinya penularan juga semakin meningkat. Masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi secara aktif melalui gerakan 3 M yaitu mengubur kaleng-kaleng bekas, menguras tempat penampungan air secara teratur dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat. Selain itu agar masyarakat segera membawa keluarganya ke sarana kesehatan bila ada yang sakit dengan gejala panas tinggi yang tidak jelas sebabnya yang disertai adanya tanda-tanda perdarahan.
Penanganan:
Sebaiknya, jangan buru-buru ke dokter jika demam belum sampai tiga hari, karena akan tanggung, masih terlalu dini dan belum bisa di periksa darahnya untuk identifikasi penyakit Demam Berdarah. Akan tetapi tidak mengapa jika Anda sangat terganggu dengan gejala sakit yang anda alami. Jika demam telah berlangsung selama 3 hari (apapun penyebabnya) sebaiknya langsung periksakan ke dokter. Apalagi dalam waktu yang tak jauh berbeda terdapat kasus demam berdarah yang terjadi di lingkungan Anda. Pasien demam tinggi yang mendadak terus menerus selama 3 hari dan dicurigai Demam Berdarah Dengue (DBD), jika terdapat gejala kegawat daruratan maka akan langsung dirujuk ke Rumah Sakit, Jika tidak ada ke gawat daruratan maka dokter akan melakukan pemeriksaan tourniquet.


Jadi kita dituntut serba waspada terhadap berbagai penyakit yang kemungkinan muncul di musim hujan seperti sekarang ini.
Mudah-mudah Thread ini bermanfaat dan dapat bersifat informatif bagi kalayak Kaskuser semua.


Spoiler for Sumber:


Quote:Mampir di Thread ane yang lain:
- 20 Manfaat Air Hujan Bagi Kehidupan Manusia (Hot Thread #01)
- Sekelumin Caerita Perjalanan ke Suku Baduy Dalam


Quote:Quote:Original Posted By rendyconan
Emang tuh gan, apalagi sekarang lumayan sering hujan
biasanya sih pilek atau gak ya diare

Ane juga buat thread tentang hujan gan, ini efeknya: Efek-Efek Hujan yang Bikin Agan Jadi…








pilek yang paling rame bray
penyakit galau cwin mengingat mantan
HIV juga gan
demam berdarah emang nyebelin gan mana nyamuk dikasih obat nyamuk bakar, disemprot di raket listrik masih aja ada
smoga kita trhindar dari pnyakit tsb brader
Cara yang paling efektif yang selama ini saya terapkan adalah,
Pakailah kaus kaki untuk menjaga kehangatan.. .
Karena kaki yang kedinginan tidak baik untuk kesehatan...

Jangan lupa minum susu,
Sekian, salam damai
Skait hati gan
bentar, mo kewarung dulu
DBD sama diare yg paling sering gan. tp sekarang lg marak penyakit zika itu
batuk pilek yang paling mainstream pas lagi hujan
wah bahaya itu
Masuk Angin gan kalo musim hujan
Penyakit darah tinggi
Gara2 hujan macet dimana2
Quote:
dikampung ane paling sering kena DBD gan kalo masuk musim hujan
ngeri juga maka nya harus bersih2 di rumah pas masuk musim hujan





pilek sama nyamuk rame gan
Penyakit galau gan
Jelasin juga dong gan leptospirosis tuh penyakit yg gimana
DBD yg sering kayanya

Itu sudah
Wah nais trit gan, sangat informatif
mudah-mudahan HT lagi gan
Via: Kaskus.co.id


Demikianlah Artikel Waspada Terhadap 7 Penyakit di Musim Hujan

Sekianlah artikel Waspada Terhadap 7 Penyakit di Musim Hujan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Waspada Terhadap 7 Penyakit di Musim Hujan dengan alamat link https://gakbosan.blogspot.com/2016/02/waspada-terhadap-7-penyakit-di-musim.html

0 Response to "Waspada Terhadap 7 Penyakit di Musim Hujan"

Post a Comment

cari artikel disini