[HOT] Mengapa Posisi Setir Indonesia Berada Di Kanan?

[HOT] Mengapa Posisi Setir Indonesia Berada Di Kanan? - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul [HOT] Mengapa Posisi Setir Indonesia Berada Di Kanan?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel The Lounge, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : [HOT] Mengapa Posisi Setir Indonesia Berada Di Kanan?
link : [HOT] Mengapa Posisi Setir Indonesia Berada Di Kanan?

Baca juga


[HOT] Mengapa Posisi Setir Indonesia Berada Di Kanan?


Quote:Sekedar Berbagi, Moga Bermanfaat
Spoiler for Bukti No Repsol:

HT KE LIMA

MAKASIH MOMOD DAN KASKUSKER YANG SUDAH MAMPIR DI THREAD ANE

Spoiler for HT #5:


Mengapa Posisi Setir Indonesia Berada Di Kanan?

Spoiler for Setir Posisi di Kanan:
Quote:

Di Indonesia, posisi setir mobil berada di kanan. Namun pernahkah Agan dan Sista bertanya mengapa justru di negara-negara lain banyak yang berada di sebelah kiri?
Ini yang akan kita bahas. Lajuttttt gan...

Pertama, kita harus menyamakan konsep dulu. Ada istilah yang namanya LEFT-DRIVING COUNTRIES dan RIGHT-DRIVING COUNTRIES,

Quote:Left-Driving Countries artinya standarisasi dalam lalu lintas suatu negara yang jalan kendaraannya menggunakan lajur kiri. Dengan demikian setir tentu ada di sebalah kanan, seperti halnya di Indonesia.
Negara kita menganut left-driving, selain Indonesia, ada sejumlah negara lain seperti Inggris, Jepang, Australia, India, Singapura, dan Malaysia.

Quote:Right-Driving Countries, yakni kebalikan dari left-driving. Untuk yang satu ini jelas menggunakan lajur kanan untuk berkendara, sehingga setir mobil berada di sebelah kiri. Negara yang menganut aturan ini antara lain Amerika, mayoritas negara Eropa (kecuali Inggris), dan China.

Berikut ini adalah peta dunia yang dibuat berdasarkan left-driving countries dan right-driving countries.


Ada cerita di balik semua itu gan dan Sist, Silahkan disimak....
Quote:Dilansir dari Worldstandards (16/2), mengapa posisi kendaraan berbeda untuk beberapa negara. Menurut sumber tersebut dikatakan bahwa hal tersebut berasal dari kebiasaan Ksatria di Kerajaan Inggris semasa perang yang memakai kereta perang, agar memudahkan ketika akan beradu pedang dengan musuhnya yang ada di sebelah kanan (sisi pedang) karena biasanya orang menggunakan tangan kanannya untuk menggenggam pedang. Dari kebiasaan penggunaan kereta perang tersebut tersebut kemudian dilanjutkan peletakan kemudi pada mobil.

Itulah mengapa Inggris menganut left-driving countries hingga sekarang. Nah, sedangkan di akhir tahun 1700-an, kusir di Prancis dan Amerika Serikat memulai pengangkutan produk pertanian dengan menggunakan sado besar yang ditarik oleh beberapa pasang kuda. Sado ini tidak memiliki kursi pengemudi, melainkan kusir duduk di bagian belakang sebelah kiri kuda, sehingga dia dapat menjaga tangan kanannya untuk bebas mencambuk kuda.

Dengan kata lain, sang kusir akan selalu duduk di sebalh kiri dan ingin semua orang melewatinya dari sisi kirinya agar dai dapat melihat ke bawah dan memastikan tidak ada orang yang celaka karena roda sadonya. Itulah sebabnya mengapa di negara ini mereka menganut right-driving countries yang menempatkan kemudi berada di sisi kiri.

Lantas bagaimana dengan Indonesia?

Quote:Tentu kalian tidak akan pernah lupa dengan sejarah ketika bangsa ini dijajah oleh Inggris. Kebiasaan Inggris ditularkan ke Indonesia. Eits, tapi tunggu dulu. Bagaimana dengan Belanda? Bukankah Belanda juga menjajah Indonesia? dan Belanda sendiri menganut right-driving (setir kiri).

Ya, memang benar saat ini Belanda termasuk negara yang menganut right-driving countries. Namun perlu diketahui, bahwa dulunya Belanda juga adalah negara yang menganut setir kanan (left-driving). Akan tetapi saat itu Belanda dikalahkan oleh Prancis, dan sejak saat itu cara mengemudi di negara itu pun ikut berubah menjadi setir kiri.

Mengapa Indonesia tidak ikut berubah ke setir kiri?
Quote:Pada saat itu pengaruh Jepang sudah masuk ke Indonesia saat negara kita dijajah oleh Jepang. Hal tersebut juga didukung hingga saat ini, mobil yang beredar di pasaran Indonesia adalah mobil buatan Jepang.
Perlu diketahui juga bahwa posisi Indonesia ‘terjepit’ oleh negara-negara commonwealth (persemakmuran) seperti Australia, Selandia Baru, Singapura, dan Malaysia yang jelas-jelas berkiblat pada UK yang menganut left-driving countries. Hal ini secara tidak langsung berpengaruh terhadap kebiasaan masyarakat dan politik dagang negara kita.

Itulah sebabnya mengapa Indonesia menggunakan setir kanan untuk mobil.

Ada tidak yah, negara yang berpindah aturan mengemudi?
Quote:Di Eropa, pada abad ke-20, banyak negara yang memindahkan kemudinya dari lajur kiri ke kanan. Portugal berpindah ke kanan pada abad ke-20. Austria dan Cekoslowakia berpindah ke kanan ketika diduduki oleh Nazi Jerman pada akhir 1930-an, dan Hungaria mengikuti setelahnya. Swedia berganti pada 1967 dan Islandia pada 1968. Hari ini, hanya empat negara Eropa yang masih mengemudi di lajur kiri, yakni Britania Raya, Irlandia, Malta, dan Siprus. Kesemuanya merupakan negara pulau yang tidak memiliki perbatasan dengan negara yang mengemudi di lajur kanan.

Di Korea Selatan, negara-negara Eropa, Amerika Serikat, Vietnam, Filipina, umumnya pengendara mobil berada di sebelah kiri. Sedangkan kalau di negara-negara lain seperti Jepang, Australia, Britania Raya, Thailand, Selandia Baru, Singapura, dan tentunya Indonesia, pengendara mobilnya berada di sebelah kanan. Kebanyakan negara-negara ini adalah bekas jajahan Inggris, Belanda sendiri yang pernah menjajah kita dulunya setir kanan, tapi sejak kalahkan Perancis, sekarang di Belanda pengendara menyetir di kiri. Tetapi negara bekas jajahannya seperti Indonesia dan Suriname masih setir kanan.

Biasanya, di negara-negara bekas jajahan, aturan ini mengikuti negara koloni yang memerintah sebelumnya. Seiring dengan peraturan tersebut maka terciptalah mobil-mobil dengan setir di sebelah kiri dan setir di sebelah kanan.Seperti di Indonesia, yang mengemudi di sebelah kiri, maka mobil-mobil pun memakai setir di sebelah kanan.Mengapa jadi sebaliknya? Karena itu untuk memperluas sudut pandang pengemudi ketika berkendara. Bayangkan kalau kita berkendara di lajur sebelah kanan (seperti di Amerika), tapi kemudi mobil juga di sebelah kanan (seperti mobil di Indonesia), pada saat akan mendahului ke sisi kiri jalur, maka arah berlawanan akan sulit terlihat dan bisa mengakibatkan kecelakaan.

Samoa adalah salahsatu negara yang mengubah aturan dari right-driving menjadi left-driving pada 7 September 2009. Perdana Menteri Tuilaepa Sailele Malielegaoi mengubah aturan tersebut, untuk membuatnya lebih mudah mengimpor mobil murah dari Jepang, Australia, dan Selandia Baru.

Quote:Untuk yang kuat wafer ane sertakan Video dari Channel kok bisa, biar lebih paham agan dan Sist nya


Sumber: Kok Bisa?
Silahkan berkunjung ke Channelnya

Sudah jelas kan Agan dan Sista...... Sekian dulu Thread ane gan, semoga bermanfaat bagi agan dan sist...
Quote:Update Komeng dan Tambahan TIPS agan dan aganwati.

Spoiler for Pengalaman dan Tambahan dari Kaskuser:
Quote:Original Posted By fackyu
ane sempat ke myanmar tahun lalu ...
Di myanmar, tadinya setir kanan (jalan di kiri), tetapi kemudian karena pengaruh keeratan hubungan bilateral dgn china, mmobil-obil china mulai masuk, lantas sistemnya dirubah menjadi setir kiri (jalan di kanan)
Namun, mobil-mobil yang existing terlanjur banyak yg setir kanan, dan karena harus jalan di kanan, jadinya agak serem waktu mau menyalib kendaraan di depan, untuk "mengintip" kendaraan arah dari depannya perlu geser banyak ke tengah jalan.

Itu lah resikonya kalau melakukan perubahan sistem lalu lintas.

Penggunaan lampu sen juga sedikit "aneh", kalau kasih lampu sen ke arah tengah jalan (berarti lampu sen kiri karena mereka jalan di kanan, atau kalau di indonesia, lampu sen kanan) berarti silakan mendahului (ngasih jalan). Kebalikan dgn di sini, kalau kasih lampu sen begitu berarti jangan nyalip dulu, entah mungkin dari arah depan masih ramai kendaraan.


Quote:Original Posted By the.darn.knight
pengaruh penjajah juga ya

jadi inget pengalaman ane malam-malam ke puncak naik mobil setir kiri
ane inget pernah naik mobil truk tentara dengan setir kiri, dan ane duduk shotgun (duduk di sebelah supir)otomatis ane di sebelah kanan,
waktu itu lewat tol malam hari, karena ngantuk, ane minta ijin pak supir untuk tidur di depan,
biar nyaman, kaki ane selonjorin naik ke dashboard
sumpah banyak pengendara yang kaget liat kaki ane nongol di dashboard sama di jendela kanan depan,
dikirain supirnya tiduran nyetir

Quote:Original Posted By aliennn
Tapi gan, dari yg ane dengar ceritanya lain lagi.
Jadi dulu benar, posisi stir mengikuti ksatria berkuda di Inggris, dan pada saat itu mayoritas negara mengikutinya, termasuk Perancis, sampe akhirnya Napoleon Bonaparte berniat menguasai seluruh Eropa.
Karena banyak negara yg tidak menyukainya & ingin menghilangkan kenangan buruk dengan Napoleon, mereka mengubah sistem kemudinya yang semula di kanan menjadi di kiri, itu berlanjut ke semua negara eropa hingga daerah jajahannya.
Tetapi Inggris tidak terpengaruh hingga saat itu & Indonesia tidak terpengaruh juga karena:
1. Ketika Belanda masuk, sistem kemudi masih di posisi kanan.
2. Ketika Napoleon jatuh, Indonesia dikuasai VOC, bukan pemerintah Belanda.

CMIIW


Spoiler for Ada Kaskuser Yang Bingung:

Quote:Original Posted By surganawa
mungkin udah dari jaman dulu gan kalau posisi nya ada di kanan
tapi knapa kalau di luar negri ada di kiri ya gan

Quote:Original Posted By premium.choco
ini pasti ada hubungannya sama "kenapa kalo turun dari angkot harus bilang kiri, bukan kanan"

Quote:Original Posted By aags
Kenapa kalo jalur kiri posisinya kanan, kalo jalur kanan posisinya kiri ?

Quote:Original Posted By 114n
ohh trnyata pengaruh inggris yg dilanjutkan ama jepang
btw brasa aneh tuh kalau megang perseneling pakai tangan kanan
mungkin butuh waktu untuk balajar setir kanan lagi

Quote:Original Posted By edogawa6564
di myanmar semua serba kanan, mobil setir kanan nyetir di jalan sebelah kanan
orang awam alias turis, imigran, dsb bakal bingung

Quote:Original Posted By infamoused
gimana ya rasanya nyetir yang manual dengan geser perseneling pakai tangan kanan
kagok banget yah wkwkkw

Quote:Original Posted By tommytimothy
Olala
Kalau setir tamiya dmn bray

Quote:Original Posted By denny7802
nah kalo bajai gmn gan dia stirnya di tengah


Spoiler for TIPS Lucu bin Gokil :D:

Quote:Original Posted By Kiyomori
Bersyukur gan ... daripada posisi setir di bagasi belakang


Quote:Original Posted By mendeleyeh
coba motor gas nya dikiri

Quote:Original Posted By jaturaya
kanan pa kiri ndak masalah...krn ane ndak bisa nyupir

Quote:Original Posted By qyut0z
ya karena kalo stirnya di belakang malah bahaya..

Quote:Original Posted By neverwin12
ternyata pengaruh dari jepang juga yah

kalo di ubah ke kiri nanti susah nganbil tiket di tol

Quote:Original Posted By mbewehkill666
karena yang kiri sering buat cebok gan

Quote:Original Posted By adityamaghribi
karena pedal gasnya ada disebelah kanan gan.
edit:
gembok pejwan.
yg lain silakan memburi.....




Quote:Silahkan di rate ya,, dan Jangan lupa komengnya ya gan.. Boleh kasih TIPS atau PENGALAMAN agan dan sist..
Komeng bermutu ane taro di pejwan.


Klo berkenan dengan lapang dada menerima CENDOL dari agan dan aganwati yang baik hati
Makasih buat agan dan aganwati yang sudah ngasih ane Cendol dan abu gosoknya.
Spoiler for Cendol Update:



Mampir juga ke Thread ane yang di bawah ini gan.. Insyaallah pasti bermanfaat..

Quote:[TIPS] Posisi Tidur yang Bebas Pegal dan Direkomendasikan [HT] # 1
Mengapa Mesin Mobil Yang Mati di Rel Kereta Api Sulit Menyala Kembali? [HT] # 2
[ITS] Institut Teknologi Surabaya, salah kaprah sebuah nama [HT] # 3
6 Tips Agar Tidak Mengantuk Sehabis Makan [HT] # 4


Quote:Sumber
Spoiler for Sumber:

udah tau dan repost
ternyata pengaruh dari jepang juga yah

kalo di ubah ke kiri nanti susah nganbil tiket di tol
ripost abiss mas
Ane dah pernah baca ini gan
Tapi nice thread
karena yang kiri sering buat cebok gan
Udah tahu gan barusan
Mungkin dari pengaruh jarak pandang sama udah kebiasaan gan
Mengapa Posisi Setir Indonesia Berada Di Kanan?

krna sprti di inggris gan, jalur'a di kiri

kayaknya dulu agan parchedcell udah pernah bahas dengan gaya kartun minimalisnya deh.
tp ya gpp lah nice trit gan ts
kayaknya udah pernah ada yg buat tritnya gan, tp nice share
udah pernah ada yg bahas ene
negara yang nganut setir kanan di seluruh dunia,dikit amat ya
ripus nii kayaknya
dejavu ini mah
Baru tau jika ada udang di balik setir, eh
Terima kasih sudah berbagi info kisanak,
Saya sangat senang karena saya jadi tahu.. .

Sekian, salam damai
repost ini gan.. tapi ini ada tambahannya..
cobak cek sini gan
lah udah pernah baca
karena pedal gasnya ada disebelah kanan gan.
edit:
gembok pejwan.
yg lain silakan memburi.....
Via: Kaskus.co.id


Demikianlah Artikel [HOT] Mengapa Posisi Setir Indonesia Berada Di Kanan?

Sekianlah artikel [HOT] Mengapa Posisi Setir Indonesia Berada Di Kanan? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel [HOT] Mengapa Posisi Setir Indonesia Berada Di Kanan? dengan alamat link https://gakbosan.blogspot.com/2016/02/hot-mengapa-posisi-setir-indonesia.html

1 Response to "[HOT] Mengapa Posisi Setir Indonesia Berada Di Kanan?"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

cari artikel disini