7 Kedai Kopi Legendaris Indonesia

7 Kedai Kopi Legendaris Indonesia - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 7 Kedai Kopi Legendaris Indonesia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel The Lounge, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 7 Kedai Kopi Legendaris Indonesia
link : 7 Kedai Kopi Legendaris Indonesia

Baca juga


7 Kedai Kopi Legendaris Indonesia



Spoiler for HT #1:


Spoiler for sebelumnya:

Ngopi Dlu Ganss


Sejarah kopi di Indonesia berawal empat abad silam. Saat itu, India mengirim bibit kopi Yemen atau Arabica kepada Gubernur Belanda di Batavia pada 1696. Sayangnya bibit pertama gagal tumbuh karena banjir di Batavia.

Pengiriman kedua berjalan lancar. Benih kopi tumbuh di Indonesia. Pada 1711, biji-biji kopi dikirim ke Eropa. Dalam waktu 10 tahun, ekspor kopi meningkat sampai 60 ton per tahun. Indonesia menjadi daerah perkebunan kopi pertama di luar Arab dan Ethiopia.

Minum kopi kini sudah jadi tradisi di Indonesia. Menurut Bondan Winarno, pakar kuliner Indonesia dikutip Fimela, di Kalimantan, Riau, sisi Timur Sumatera rata-rata setiap pagi orang datang ke warung kopi tanpa terlebih dulu sarapan.

Beberapa kedai kopi asli Indonesia sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Berikut kedai kopi legendaris yang ada di Indonesia.


7. Warung Kopi Solong, 1974
Quote:
Rasanya ada yang kurang bila ke Aceh tidak mampir ke kedai kopi. Satu kedai yang wajib disambangi adalah Kedai Solong di kawasan Ulee Kareng, Banda Aceh.

Warung kopi ini punya slogan unik "Warkop Jasa Ayah." Warung kopi ini berdiri sejak 1974. Menurut Cek Nawi, penerus usaha ini, Solong hanyalah nama panggilan ayahnya ketika masih bekerja pada orang Tionghoa di Peunayong atau suatu kawasan pemukiman etnis Tionghoa di Banda Aceh.

Warung ini mulai dikenal luas oleh masyarakat luar Ulee Kareng sekitar 1990-an. Setelah menjadi maskot warung kopi Aceh, banyak tokoh yang datang. Cek Nawi terus menjaga kualitas kopi racikannya. Ia tetap memakai biji kopi dari Pidie dan Lamno, Aceh Jaya.






6. Warung Kopi Phoenam, 1946
Quote:
Bukan hanya Belitung yang punya tradisi minum kopi, di Makassar Anda juga bisa mudah mendapatkan warung kopi. Sulawasi Selatan juga terkenal dengan dua daerah penghasil kopi, Toraja dan Kalosi.

Salah satu yang terkenal adalah Phoenam. Warung kopi ini didirikan oleh Liong Thay Hiong pada 1946. Berawal dari kedai di Jalan Nusantara, Makassar di daerah pelabuhan.

Nama Phoenam diberikan oleh salah satu kerabat Liong, yaitu seorang profesor yang bersekolah di Amerika Serikat. Menurut salah satu putra Liong, Hendra Leo, Phoenam artinya tempat singgah di selatan.

Warung kopi Phoenam kini tidak hanya bisa ditemui di Makassar tapi juga kota lain termasuk di Jakarta.





5. Warung Kopi Purnama, 1930
Quote:
Warung kopi Purnama sudah ada sejak 1930, Tempatnya tidak menonjol. Berada di tengah-tengah ruas Jalan Alkateri, Bandung. Warung kopi ini diapit deretan toko yang mayoritas menjual tirai, seperti dilansir Kompasmuda.

Kursi dan meja sebagian besar sama dengan yang diduki tamu sejak 85 tahun lalu. Dan yang tidak berubah tentu saja: kopi susu dan roto srikaya.

Pendiri kedai ini adalah Yong A Thong. Dia berasal dari Medang yang hijrah ke Bandung. Semula warung ini bernama Chang Chong Se yang artinya silakan mencoba. Nama itu diganti menjadi Warung Kopi Purnama karena kebijakan pemerintah yang mengharuskan menggunakan pemakaian nama Indonesia pada 1966. Nama purnama dipilih karena mengandung positif, yakni terang dan bulat sempurna.

Selain kopi susu, kopi hitam juga andalan. Sepintas mirip kopitiam khas masyarakat keturunan Tionghoa di tanah Melayu. Sejumlah pesohor pernah mampir di warung ini, seperti Andien, Daan Aria, dan Capung "Java Jive."






4. Kedai Es Kopi Tak Kie, 1927
Quote:

Kedai ini terletak di kawasan Glodok, Jakarta Barat. Tepatnya di Jalan Pintu Besar Selatan III Nomor 4-6. Kedai kopi yang berdiri 1927 ini berada di gang sempit dengan kursi-kursi kayu dan kipas angin.

Kopi Es Tak Kie dirintis oleh perantau Tiongkok, Liong Kwie Tjong yang kemudian diteruskan oleh Liong Tjen. Kedai ini dikelola oleh generasi ketiga yakni Latif Yulus atau sering dipanggil Ayauw dan Liong Kwang Joe.

Ayauw meracik kopi yang didatangkan dari beberapa daerah untuk dihidangkan kepada pelanggan. "Saya racik sendiri, habis sangrai, lalu digiling," ujar Ayauw kepada Tempo.

Yang dikenal dari kedai ini adalah Es kopi Tak Kie. Kopi ini, seperti dilansir Kompas, merupakan campuran kopi dari jenis kopi Robusta maupun Arabika dari Lampung, Toraja sampai Sidikalang.

Ada pelanggan yang setiap pagi mendatangi kedai ini untuk menikmati kopi racikan Ayauw. Ada pula pelanggan puluhan tahun yang sudah ke Amerika, Singapura dan Australia selalu kembali untuk menikmati kopi di sini.






3. Kedai Kopi Massa Kok Tong, 1925
Quote:

Usaha kedai kopi mulai dirintis sejak 29 Juni 1925 oleh seorang perantau dari negeri Tiongkok bernama Lim Tee Kee. Saat itu, dia masih berumur 17 tahun. Kedai kopi pertama terletak di Jalan Cipto No. 109/115, Pematangsiantar, Sumatra Utara dengan nama Heng Seng.

Demi mempertahankan kualitas, Lim Tee Kee sendiri memilah biji kopi pilihan, meracik, dan menggonseng hingga tahap menyeduh. Alhasil, Citarasa Klasik!

Setali tiga uang, pemikiran ini juga di resapi oleh generasi kedua, Lim Kok Tong. Pada tahun 1978 kedai kopi mulai dikelola oleh Lim Kok Tong. Dengan bekal filosofi mutu, tidak heran kedai kopi kemudian mengalami perkembangan pesat.

Demi mengakomodasi antuasiasme pecinta kopi dari berbagai kalangan, kedai kopi mengalami renovasi beberapa kali hingga membuka cabang baru di kota Siantar. Tidak berhenti di situ saja, pabrik pengolahan kopi pun didirikan sehingga kualitas kopi semakin terjamin. Sejalan dengan itu, Lim Kok Tong memutuskan mengganti nama kedai kopi menjadi Massa Kok Tong.






2. Warung Kopi Ake, 1921
Quote:

Tradisi minum kopi di Belitung sudah lebih dari 100 tahun. Salah satu warung kopi yang bertahan adalah Warung Kopi Ake. Warung ini sudah buka sejak 1921, seperti dilansir Detik.

Warung Kopi Ake terletak di Jalan KV Senang 57, Tanjung Pandan, Belitung. "Waktu pertama dibuka di sini juga, tapi waktu itu masih pakai gerobak," kata Billy, generasi ke-4 pendiri Warung Kopi Ake.

Kopi susu dan teh susu adalah minuman favorit. Tak ada resep yang berubah sejak dulu. Dan uniknya lagi, ada dua teko air yang sama dengan yang digunakan kakek buyutnya dulu.






1. Warung Tinggi, 1878
Quote:Warung Tinggi berdiri 1878. Awalnya bernama Tek Sun Ho. Pendirinya Liaw Tek Soen. Kedai pertamanya berada di jalan Moolen Vliet Oost, Batavia atau Hayam Wuruk, Jakarta. Bila dihitung dari sejak berdiri, kedai ini sudah berusia 137 tahun dengan lima generasi yang mempertahankannya.

Swa melaporkan, Awal pendirian Warung Tinggi berbentuk toko kelontong dan warung nasi. Orang-orang datang berbelanja, duduk santai sambil menikmati kopi. Permintaan kopi terus meningkat. Akhirnya kopi dipilih menjadi menu utama.

Pada 1927, warung dibangun besar-besaran dan mulai terkenal dengan kopinya, dilansir Viva. Karena letaknya daerahnya yang agak tinggi, pelanggan yang kebanyakan petani menyebut warung ini menjadi Warung Tinggi.

Warung Tinggi mulai berkembang dan tahun 1938 mulai menambah jenis kopi lainnya yang diracik oleh Liauw Thian Djie, generasi ketiga. Kopi pertama yang diracik adalah kopi luwak kemudian bertambah yaitu Torabica (sekarang dikenal Rajabika.

Pada 1978, generasi keempat Liauw Hiong Yan atau Rudy Widjaja menambah jenis racikan yakni Kopi Jantan dan Kopi Betina. Kopi Jantan disukai pria karena rasa yang sangat keras dan meningkatkan vitalitas. Sedangkan Kopi Betina lebih banyak disukai anak muda.

Warung Tinggi sekarang tidak hanya ada di Hayam Wuruk, tapi juga di mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Namanya ditambah menjadi Koffie Warung Tinggi.


Dulu


Sekarang



sumber

Quote:Lapak Verified Seller
Kopi Massa Kok Tong 500 gram
Kopi Massa Kok Tong 1 Kg


Spoiler for referensi-referensi lain dari kaskuser:

Quote:Original Posted By .FrHn
Ane tambahin gan, kedai kopi kim teng di pekanbaru jg ga kalah legendaris nya tuh




Sumber: http://foodspotting.wijanarko.net/20...-kopi-kim.html




Quote:Original Posted By nopan.rs
di ambon ada kopi jos gan
legenda juga itu


Quote:Original Posted By f3ryphs
nice info gan...

di Pematang Siantar ada juga kedai kopi yang enak menurut saya, namanya Kedai Kopi Sedap dekat dengan Toko Roti Ganda


Quote:Original Posted By fransz23
Tiap kota kykny pny jagoan warkop sendiri2 deh termasuk gw di gresik , jgn bilang klo d sni gk ada warkop ny , Tapi nice inpo


Quote:Original Posted By PriNx
Agan belum ngopi di Aceh kalau belum ngopi di Cut Zen Beurawe gan.
Lazim disebut dengan Kupi Beurawe, Banda Aceh.
Hinggga terbentuk Forum Silaturahmi Kupi Beurawe (FORSILAKUBRA).


Quote:Original Posted By sadho


Ada di Ungaran bray... Kopi Klothok
Joss


Quote:Original Posted By chr15t
Kedai kopi gembira jg lumayan terkenal, pernah di datengin om bondan.. Letaknya di langoan manado.. Hehe..


Quote:Original Posted By Alonaboy
Gak ada yang ane tau.
Tapi semoga kedai kopi ane ikut jadi legendaris kedepannya. amin


Quote:Original Posted By ullyx
Tambahan gan, Warkop Dottoro di Makassar. Berdiri sejak tahun 60-70an.

Di utara kota Makassar, juga terdapat Warkop Dottoro yang dirintis H. Naba, sejak tahun 1960-an. Merek Dottoro diadaptasi dari asal kata Dokter, yang pelafalan Makassarnya dibaca Dottoro.



Kata Dottoro ini sendiri mempunyai maksud dapat menyembuhkan kaum pria yang merasa jenuh atau suntuk berdiam diri di rumahnya. Warkop Dottoro ini juga dapat dijumpai di beberapa jalan di Makassar, seperti di warkop induknya di Jalan Tinumbu, di Jalan Satando, Jalan Pattimura dan Jalan Veteran. Pengunjung Warkop Dottoro ini terdiri dari berbagai macam kelas, dari tingkatan jelata hingga dari kelompok juragan.

Warkop Dottoro ini tak pernah sekalipun sepi pengunjung. Pelayan-pelayan warkop tersebut setiap harinya sibuk melayani pengunjung. ciri khas yang paling menonjol dari Warkop Dottor ini adalah bau harum Kopinya serta cara menyajikannya yang begitu lezat. Kadang Kopi ini dinikmati dengan makanan-makanan tradisional yang tersedia di warkop dottoro itu, kadang juga di nikmati bersama telur setengah masak ataupun tanpa makanan atau telur.

Tambahan info ttg Warkop Dottoro:
info


Quote:Original Posted By warungbiru
warung kopi belandongan gan,, JOGJA punya tuhh...


Quote:Original Posted By a.khord
Di tempat ane yang legendaris yaitu Warung kopi Mbah Dingkol dan Warung kopi Mbok Darmi, beeuh sedep pokoke


Quote:Original Posted By blondho
Kalau di tempat ane (tulungagung) yang legend warkop mak tin dan warkop waris.


Quote:Original Posted By aryo.rolex.rado
Di tempat ane ada jg gan.. Warkop mbah seger.. Warkop sederhana deket sma 1 Cepu. Konon warkop dah ada sejak tahun 1930an..


Quote:Original Posted By yudhi2001
Lebih enak kopi areng di Jogja gan, coba aja


Quote:Original Posted By semarelproe
Kopi Eva gan gaka jauh dari Caffe Banaran Magelang.
Konon dulu Kopi Eva adalah supplier utama semua instansi pemerintah di Jawa Tengah


Quote:Original Posted By dragoncula
ane taunya kopi yang ada di deket stasiun jatinegara gan,, enak2 tuh gan disitu


Quote:Original Posted By JusToMe
wah kalo dikota ane yaitu Tulungagung , ada warkop legendaris dengan kopi ijo andalannya gan . Namanya Warkop Waris , ane belum lahir udah ada gan maklum ane sma sekarang wkkw . Dan ga pwrnah absen dari namanya cethe , seni batik ampas kopi di rokok gan


Quote:Original Posted By dhadihadi
wah belum pernah kesana gan...
kalau agan ke Tulungagung jatim gan, disini yang terkenal itu Kopi Ijo dan Kopi Joss mas...


Quote:Original Posted By ayachibi
kopi sek gan biar ga salah paham

yang di surabaya ga ada ya? padahal ada kopi enak bgt sebelum pintu masuk tol suramadu, namanya warkop "kopi lanang joss" itu kopi lanangnya dewaaa!


Quote:Original Posted By wanzipper


Ane nyoba di WMG aka Warkop Masa Gitu gan


Quote:Original Posted By yesyoucan
Klo di Ambon, ada Kopi Tradisi Joas Gan,..


Quote:Original Posted By sonofmars
Andalan ane cuma satu gan warung kopi di pajak sambas Medan Sumatera Utara. Es kopi susunya beuh tapi apapun itu yang panting warung kopi! Majuin terus usaha2 kopi Indo


Quote:Original Posted By CalonPresiden
Ane demen nih ngupi di kedai2 kopi tradisional begini...

Kalau di Samarinda juga ada, kedai kopi semacam ini, depan pelabuhan, enak itu kopinya, dan bikin melek banget...


Quote:Original Posted By chua84
Dimakassar warkop dottoro dan Dg. Sija terkenal banget gan
Aku tau yang purnama doang gan
ngopinya segelas,,,,,
ngobrolnye seharian, ,,,,,
ane kayanya pernah liat itu yg purnama btw ane bukan pcinta kopi gan tapi suka baunya
Keren nih yang warung tinggi, musti kesana nih gw
Legend ya warkopnya..

enak banget kongkow kongkow ditemani secangkir kopi dan vaping
weh ane pernah ke kedai kopi di tempat ane. cuma ga sampe selama gitu bukanya
satupun gk ada yg ane tau gan
wih kyknya enak tuh kalo kesana
Favorit ane tetep Warkop pinggir jalan
Apalagi di musim hujan kayak sekarang sambil makan roti bakar/mie rebus/burjo
Lumayan buat referensi,
Thanks for sharing
kapan2 ane musti nyobain nih keknya
Nama2 warkopnya Indonesia banget. Populerkan kopi, populerkan Indonesia dimata dunia...

HORASSS
Harga nya pasti mencekam.....
Sekalian donk range harga nya...
Biar gk shyok pas nongol dsno....
Hehehe..
asyik tu kayaknya gam ngumpul2 di sono
Ah baca ini jadi pengin bikin kopi instan sendiri dirumah hehehe To*ra* Bi*k*a yang dah di mix coffe creamer n sugar. Bye dulu ah makasih inpohnya gan.
wah ane belom tau semua itu,ane gak suka kopi item
wah,, purnama termasul legend ya gan

thank infonya gan
Yg penting gak ada menu kopi sianida
nice share bray nambah refrensi nih

pejwan telah habis
habis kalian semua
Via: Kaskus.co.id


Demikianlah Artikel 7 Kedai Kopi Legendaris Indonesia

Sekianlah artikel 7 Kedai Kopi Legendaris Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 7 Kedai Kopi Legendaris Indonesia dengan alamat link https://gakbosan.blogspot.com/2016/02/7-kedai-kopi-legendaris-indonesia.html

0 Response to "7 Kedai Kopi Legendaris Indonesia"

Post a Comment

cari artikel disini