Tips Rekaman Sendiri dengan Modal Minimal Tapi Kualitas Sebening Studio

Tips Rekaman Sendiri dengan Modal Minimal Tapi Kualitas Sebening Studio - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Rekaman Sendiri dengan Modal Minimal Tapi Kualitas Sebening Studio, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Activity, Artikel Electronic, Artikel entertainment, Artikel Inspiring, Artikel music, Artikel Technology, Artikel Tips Trick, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Rekaman Sendiri dengan Modal Minimal Tapi Kualitas Sebening Studio
link : Tips Rekaman Sendiri dengan Modal Minimal Tapi Kualitas Sebening Studio

Baca juga


Tips Rekaman Sendiri dengan Modal Minimal Tapi Kualitas Sebening Studio

Tips Rekaman SendiriDengan Modal Minimal, Buat Rekaman agan '"SEBENING" Studio ! #mudahmurahmeriah
Entertainment - Music - Technology - Electronic - Activity - Inspiring
kodols
UserID: 1514514
Lets Start To Sing!

Mukadimah
Quote:Agan-agan punya hobi nyanyi? Pengen ngerekam suara agan buat diupload di soundcloud/youtube, tapi masih bingung gimana buat kualitas rekaman yang memuaskan layaknya rekaman penyanyi pro yang handal ? Oke TS punya tips buat agan,agan gak bisa maenin alamat musik dengan mahir? Gak masalah karena tips ini begitu sederhana dan bisa dipahami dengan mudah oleh siapapun, gak perlu alat mahal-mahal, gak perlu soundcard berjuta-berjuta, ataupun studio rekaman yang canggih agan hanya perlu menyiapkan :
Perkara
Quote:Quote:Yang Perlu Disiapkan
Quote:Quote:Mic USB Codenser
Mic
Quote:Salah satu alat paling vital dalam proses rekaman, media penerima suara yang bakal agan input, bisa berupa vocal maupun instrumen seperti gitar, saxophone, harmonica dll.Harganya relatif murah, dan sudah banyak beredar dipasaran, baik yang masih baru maupun bekas, ane merekomendasikan usb Mic Behr*nger c1u, dan S**on

Quote:Quote:Laptop/PC
Laptop
Quote:Di zaman Sekarang hampir mustahil menemukan kegiatan yang tidak bergantung pada kinerja komputer, termasuk recording. Komputer adalah wadah untuk mengelola semua komponen rekaman agan Dari mulai pengelolaan suara sampai penggunaan aplikasi. Dan untungnya untuk mengelola sebuah rekaman . tidak diperlukan komputer berspesifikasi tinggi, cukup laptop/ pc yang agan gunakan dan miliki saat ini.

Quote:Quote:Headset/Headphone
Headphone
Quote:Tanpa headphone/headset hampir mustahil agan bisa nyelesain sebuah lagu rekaman dengan memuaskan. Simpelnya: misalnya agan udah punya musiknya terus pengen ngerekam suara agan. Nah untuk ngerekam suara itu tentu agan perlu mendengarkan musiknya kan? Itulah fungsi headset/ headphone. Ts sendiri cuma menggunakan headset murah yang dijual di pinggir jalan pasar malam Emoticons

Quote:Quote:Aplikasi Recording
Recording
Quote:Nah ini yang menentukan bagus/tidaknya rekaman yang dihasilkan , dituntut kreativitas serta kepekaan agan untuk mendapatkan kualitas terbaik. Berbagai fitur dan kemudahan ditawarkan, salah satunya virtual Instrument, like i said before, agan gak perlu bisa maenin alat musik untuk ngebuat lagu, karena telah diakomidir oleh aplikasi, dengan banyak pilihan instrument yang memiliki kualitas memuaskan. Dan satu lagi, aplikasi rekaman sangat mudah di dapatkan, Banyak aplikasi yang tersedia GRATIS dan legal yang disediakan secara resmi oleh perusahaan penyedia aplikasi tersebut
untuk pemula ane merekomendasikan Auda**ity kalo udah nguasain bisa lanjut ke aplikasi ryang lebih lengkap.

Dengan alat-alat tadi, agan gak perlu lagi pusing
mikirin alat recording yang buat jebol kantong , Hasilnya?
Silahkan dinilai sendiri dari coveran ane dan istri dibawah ini gan, check this out:

Spoiler for Hasil Recordingnya gan:
Quote:SOUNDCLOUD
Quote:DEWA- CINTAKAN MEMBAWAMU KEMBALI

Quote:IWAN FALS- YANG TERLUPAKAN

Quote:OASIS- WONDERWALL

Quote:SAY SOMETHING

Quote:WHEREVER YOU WILL GO

Quote:kalo gak bisa di play, silahkan Langsung ke TKP :
FERRY IRWANDI & MUTHIA N WARISMAN

Quote:Sekian dulu dari Ane, semoga bermanfaat, kalo agan-agan pengen tahu lebih jauh tentang teknis yang lebih detail, Nama Aplikasi yang ane rekomendasikan serta cara menggunakannya, pengen tahu merek perangkat keras yang ane pake seperti mic,laptop ,serta kisaran harganya atau mungkin butuh Instrument/ Minus-one untuk agan gunakan dalam rekaman yang akan agan buat, atau apapun silahkan :
1. Karena membludaknya permintaan PM, adanya limit inbox/outbox,dan interval,ane minta maaaf kalo pmnya lama nyampe, tapi ane usahain terus ngebalesin satu-satu, kalo belum nerima pmnya juga, silahkan agan komen aja langsung dithread , ntar ane respon, ane juga udah nyiapin FAQ buat ngebantu agan.
2. Mention/DM di twitter : @irwandiferry

Buat agan-agan yang udah nyoba buat recordingnya silahkan share dimari yak gan, bakal ane pajang di page one yang kavlingnya udah ane siapin buat agan Emoticons

Buat semua Lapisan masyarakat kaskus, mimin,momod, good guy, bad guy,junker, silence rider, pokoknya semua golongan makluk yang beredar disini, ane ucapkan terimakasih telah menyempatkan waktu mampir ke thread ane yang sederhana ini,teriring doa untuk agan semua semoga selalu diberi yang terbaik dalam hidup yang kadang gak selalu baik ini , itu aja dari TS sampai jumpa di thread #mudahmurahmeriah berikutnya! assalamualaikum wr wb


Spoiler for JAWABAN PERTANYAAN KASKUSER, CHECK DISINI GAN!:
1.mic ane pake behringer C1-u ( agan liat aja review penggunaannya di youtube) untuk vocal sama gitar, ane beli bekas harganya berkisar di 500 ribuan

2. headphone ane beli dipasar malam. 15.000rban Emoticons

3.gitar ditodong bisa ditodong gan (check youtube aja tutorialnya banyak tersedia dengan keyword "behringer C1u Guitar" Emoticons , bisa juga pake usb rig biar mulus, ingat gan untuk instrument kalo bisa ambil berkali-kali ya

4.Jadi rekaman itu itu ada 2 metode, 1. multi track 2. live. untuk rekaman yang bener2 pengen nonjolin kualitas suara kita gunain multitrack, yaitu ngambil suaranya satu-satu, baru di mixing, itu yang biasa ane pake

5. softwarenya untuk yang baru belajar ane recomendasiin audacity, kenapa? bisa dengan mudah di DL di google , user interfence nya enak, simpel,mudah dipahami. dari situ agan bakal belajar basic dari mixing dan mastering sebuah recording., tapi harus dimaklumi karena gratisan jadi fiturnya gak cukup banyak, tapi cukup banget buat ngehasilin rekaman yang bagus (sampe sekarang ane masih sering pake) kalo udah nguasain audacity untuk make software yang tingkat kesulitan nya lebih tinggi tapi lebih lengkap kyk nuedo, cubase abelton atau FL jadi mudah gan, untuk pemakaian audacity gampangnya agan, tapi biar lebih enak agan bisa cari di youtube dengan keyword "how to use audacity". mudah banget kok buat dipelajarin.
smga terbantu ya gan
jangan lupa RATE BINTANG 5 ya Emoticons

Spoiler for Video tutorialnya gan:
Quote:Nodong gitar pake mic behringer

Quote:Test Vocal pake mic

Quote:Tutorial Audacity

Quote:Quote:KOMENTAR KASKUSER
Spoiler for Komentar agan- aganwati:
Quote:Original Posted By BloodedKiller
waduh ane dengernya sedap ya gan,bisa dong dishare gimana caranya #pmgan Emoticons

Quote:Original Posted By gumachev
Wah boleh juga tuh gan suaranya bening, kalo boleh minta rincian harga n aplikasinya dong hehehe #pmgan Emoticons

Quote:Original Posted By r4d4y95
wahhh bening ya gan hasil rekamannya.. Emoticon Emoticon model kaya rekaman si studio" gtu gan.. Emoticon Emoticon boleh gan bagi" ilmu nya #pmgan kali aja nnty bsa ane coba klo udah punya pc/laptop Emoticon Emoticon

Quote:Original Posted By mazbro91
satu lagi ilmu yg bisa ane pelajari
Makasih sensei
Emoticon

Quote:Original Posted By endra_85
Nah........ini dia tread yg gw tunggu2.mau donk ane #pmgan

Quote:Original Posted By cilegon.yahud
Pm udah sampe gans, sangat sangat membantu newbie kayak anee, tengkyu ya gaaan 😁

Quote:Original Posted By EricK.z
gilaa ane ampe login nih gan

bagus bgt hasilnya

#pmgan

ane ga punya twitter tapi

Quote:Original Posted By KWARTOKAS
itu Muthia N warisman anaknya neno warisman gan? atau ada hubungan keluarga? Emoticons

Btw, Covernya kereen gan, dari segi kualitas audio,musik sama vocalnya, yang lagu cintakan membawamu kembali apalagi, ane kira si raisa yang nyanyi,

say somethingnya bikin merinding juga

nice job

Kebetulan bini ane emang keponakan Bunda Neno Warisman gan.

Quote:Original Posted By deryorke
Hasil rekamannya bagus Emoticon nanti saya coba praktekin bray Emoticon

Oh ya bisikin aplikasinya #pmgan

Quote:Original Posted By idjonk
terimakasih banyak gan udah pm Emoticons
kalo ane ada masalah lagi ane pm yaa? wkwkwkwk Emoticons

Makasih agan-agan semua Emoticon

Spoiler for tips tambahan, karya, dan komen berkesan kaskuser:
Quote:Original Posted By daniel.atlas
Ikut share gan hasil recording dirumah hehe

Quote:Original Posted By amdalcase
Mantepp gan.. Membangkitkan jiwa musik saya nih wkwkwkkw.. Itu istrinya anaknya tante neno warisman ya?

Btw itu yg maen gitar agan y?

Quote:Original Posted By trevorphilips
Condenser kali gan bukan Codensor Emoticons
Audio interface menurut ane penting, kalo buat vokal doang 1 juta udah bisa dapet yang decent.
Perlu diketahui bahwa XLR mic lebih bagus kualitasnya dibanding USB, kalau USB cuman sebatas resolusi 16 bit, sedangkan 24 bit kalo XLR, dan gak cuma itu, benefitnya masih ada lagi dibanding USB.

Buat yang tight budget saran ane:
Focusrite Solo 1 juta-an atau 2i2 1.7 jutaan.
Audio Technica AT2020 1.3 juta-an atau AT2035 1.7 jt-an.


Untuk DAW (digital audio workstation), Reaper bagus untuk pemula dan filesize dibawah 10 MB, bisa demo juga 60 hari dan setelah itu masih bisa dipake juga meskipun sudah habis masa trialnya dan gak ada limitation cuman muncul warning aja kek WinRAR.

Soal hasil akhir, kondisi ruangan juga berpengaruh.
Gak cuma harus silent tapi juga tight, gak ada reverb.
Jadi usahain hasil rekamannya bulat gak airy terutama instrumen, soal reverb dan efek-efek lainnya nanti bisa diproses di DAW.
Walaupun semua tergantung entenya mau dapetin sound charaternya seperti apa. Emoticons

Satu lagi, monitoring meskipun ini sedikit oot Emoticons but, buat yang belum tau aja. Emoticons
Sangat critical, dan ini sebenernya butuh dana yang cukup besar, setidaknya butuh dana 3 juta buat monitor speaker yang lumayan kualitasnya. (IMO)

Fungsinya, untuk memonitor suara yang keluar, simplenya: apa yang ente dengar itu adalah apa yang orang lain dengar juga.
Soalnya gini, kalo pake multimedia speaker, nanti hasil yang ente dengerin di speaker ente itu bakal berbeda kalau orang lain dengerin dari device berbeda, maksudnya speaker multimedia atau segala sesuatu yang bukan studio grade itu sudah di tweak speakernya agar memiliki extra bass contohnya, jadi si frequency response gak flat alias sudah naik turun yang menyebabkan kalau ente lagi mixing karya ente dan speaker multimedia ente mentranslate kalau karya ente ini bassy sekali soundnya terus ente kasih hipass filter dan efeknya di ente pas sesuai selera tapi ketika di play di speaker yang proper, si lagu itu jadi kopong bassnya.

Jadi tujuannya untuk menyamakan sound hasil akhirnya, di speaker pc bagus, di laptop bagus, di mobil bagus di hp juga bagus.
Sama rata. Emoticons

Tapi kembali lagi ke kondisi ruangan, kalo ruangan ente soundnya jelek ya mau pake monitor sebagus apapun ya tetep jelek.
Gak akurat. Emoticons

Quote:Original Posted By jo10hu
Ane pengen tau agan make daw apa sama plugin apa aja Emoticons #pmgan

Covernya bagus bagus semua gan, keliatan cocok banget si agan jadi produser bininya Emoticons

Tapi sayangnya kurang bening menurut ane gan, di masteringnya mungkin, agan perlu invest ke headphone Sennheiser 201 untuk mastering, ane jamin itu headphone suaranya poll... ga bikin kantong jebol!!!

Quote:Original Posted By Fitr44
Ane juga punya gan, ini rekording sendiri bikin video klipnya dibikinin sama pacarnya vokalis ane Emoticon ga modal dah Emoticon

Spoiler for Buka:


Klo ini band temen ane, setelah denger hasil ane rekording mereka minta juga dibikinin, namanya temen ya udah dikerjain, modal nasi padang doank Emoticon , mereka yg bikin videonya klipnya

Spoiler for Buka:

Sebenernya masih banyak tapi lupa linknya ntah dimana

Taro pekiwan donk gan Emoticons

Quote:Original Posted By rickhammet12345
ane pernah iseng sama band ane bikin rekaman pake handphone di studio musik sewaan ane biasa main gan, trus pas dirumah ane edit lagi pake FL Studio via Android . yang ane bingung gini kenapa stiap handphone itu hasil rekamannya beda2 ya gan ? pernah sekali ngerekam pake Asus Zenfone hasilnya jernih banget rekaman full studio berekstensi wav dan cuma 50mb, tapi knapa disamsung duos gt 7562 itu kapasitasnya udah sampe 100mban high quality masih kalah jauh sama asus gan, kira2 apa ya yang ngebedain kualitas rekaman lewat Android/handphone ? sesama musisi nih kita bagi2 tips murahmeriahnya ya gan. ane bantu rate aja

Quote:Original Posted By ihsanblue
Wah rekaman kaki lima rasa Bintang Lima
Coba ah

Quote:Original Posted By khatmil
kalo cari mic, pc, sama headphonenya gampang gan. yg susah cari pasangan duet kaya TSnya gan Emoticon

Quote:Original Posted By WisnuMurti
Nih gan dibawah 3 jt modalnya, studio kamar..



bisa denger yg lainnya yg lebih jernih disini..
http://soundcloud.com/seraphim_band/

Quote:Original Posted By screpzio
#np cintakan membawamu kembali

Asli mantep bgt gan Emoticon
Ane jd pengen belajar maen gitar lagi dan bikin rekaman kayak hini Emoticons

Quote:Original Posted By duadikalidua
sopwer2 yahud juga banyak kracknya sih gan Emoticons . tutsnya tinggal blajar di blog org/yutup. tp kalo mau turun ke dunia pro, ya beli. untuk latihan2 doang, keknya pake krack aja Emoticons . soalnya kalo gagal, ente ga rugi beli sopwer mahal Emoticons . 3-4th yang lalu ane juga suka maen ginian. modal ane cuma kibot (emang kebetulan ane ngajar2 kibot & piano), mic, leptop yg dipake kerja shari2, kabel usb, sama headphone buat monitor (hrg speaker monitor mahal soalnya). kadang main elektro, kadang pure dari kibot doang. maen beginian 2 jam, kuping ane langsung panas (namanya juga pake headphone Emoticons ). tp u/ bikin demo2 musik yg diuber deadline, audacity adalah pilihan yg terbaik. krn mudah banget & gratis Emoticons . soalnya yg penting lirik, suara manusia, & skill maen musiknya (kalo ini suka diabaikan. yg penting bisa maenin kuncinya aja Emoticons ). demikian curcolan aneEmoticons

Quote:Original Posted By dionelf
Asieekk....itu bisa bagus gitu karena appnya atau skill mixing dan mastering nya...klo skill msih kurang ya gak bagus juga hasilnya...anyway thank u bgt bro udah luangin waktu..tenaga...effort untuk share2x sama kita...appreciate so much Emoticons

Quote:Original Posted By tokomy
ada bener nya TS
ane aja bikin sendiri kok pake di atas bermodal notebook Converter jak juga perlu
pakai aplikasi nuendo 4 neh ane bikin sekitar 4thn lalu
ngerjain sendiri yah Emoticons



baru demo aja seh Emoticons
info laen di http://soundcloud.com/jukens

Quote:Original Posted By rizabarkah
Gan ane rasa suara istri agan emang udah bagus jadi suaranya bening bangeeeet kereeeen Emoticon Emoticon Emoticon Emoticon Emoticon Emoticon
Oh ya gan kalau misalnya Mic seharga 200rban gimana??? Ane liat di Lazadut rata2 harga segitu tapi takut jelek Emoticons Emoticons

Quote:Original Posted By pitttra
Dari dulu ngarep beli mic coden tapi ngga kesampaian terus, padahal ngga mahal2 amat.. Udah dari dulu ane berhasrat jadi utaiteEmoticon
Thanks gan, thread-nya bikin ngiri dan bikin semakin terpacu buat mewujudkan hasrat ane selama ini... cek kulkasEmoticons

Quote:Original Posted By tkurniawan
Asemmm keren ente gan

Quote:Original Posted By aldiwwe
Nice share gan. Modal ane recording juga hemat:

1. Laptop ASUS --> dulu di 2012 beli 5 juta (sebenernya untuk recording, laptop 3-jutaan juga cukup)
2. Mic Shure SM58 --> Rp900,000
3. Audio Interface Steinberg CI2+ --> Rp1,300,000
4. Headphone Noontec --> Rp400,000
5. Mic Stand --> Rp200,000

Total alat recording ane (tanpa laptop) Rp2,800,000. Mungkin sekilas mahal tapi jauh lebih murah dari yang dibayangkan (sebelumnya ane pikir buat recording itu perlu modal nyampe 10 juta).

++ untuk software ane pake FL Studio, Sony Acid Pro, sama Adobe Audition.

Nih, salahsatu hasil remix ane sama temen ane yang rekamannya pake alat recording di atas. Ane juga masih belajar Emoticons



Yang pernah ane pelajari dari para master adalah, kalau baru memulai, tidak perlu alat recording mahal, beli yang berkualitas untuk entry level dan fokus pada teknik recording.

Quote:Original Posted By 2666300
Coveranya keren gan Emoticons
Boleh dong tutor nya yang lebih men detail soal "Studio" music nya Emoticons
Soalnya saya dengerin bening bener nih lagunya

BTW coveran nya yang Cintakan Membawamu Kembali apik bener ,bikin galau juga Emoticons



Lanjutkan bro Emoticons ,BTW kenapa ga ikutan macem Xfactor/dll Emoticons

Buat agan yang nanya hubungan isteri ane sama bunda neno warisman, kebetulan memang ada hubungan keluarga, tapi bukan anak gan,melainkan keponakan, semoga mencerahkan Emoticons

Bagi agan yang butuh minus one ini ada hadiah dari idola ane omlay..thanks omlay Emoticons
Quote:Original Posted By theear85
ijin share lagi ya TS.. setelah agan-agan menyimak pengetahuan dari agan TS, ane punya beberapa track minus one akustik bagi agan2 yang mau praktek. hehe
cekidot gan

Spoiler for Rizky Febian - Kesempurnaan Cinta (Minus One):

Spoiler for Geisha - Sementara Sendiri (Minus One):

Spoiler for Isyana Sarasvati - Kau Adalah (Minus One):

Spoiler for Afgan & Raisa - Percayalah (Minus One):

Spoiler for Mytha Lestari - Aku Cuma Punya Hati (Minus One):

Atau untuk lebih lengkapnya mampir ke Channel Youtube ane Om Iyay
Jangan lupa subsribe juga yaa. hehe

untuk lagu-lagu barat mampir ke channel ane yang satunya Om Iyay #2

thanks gan..

Quote:Quote:PLEASE FIND ME ON
Social MediaQuote:Facebook
Twitter
Soundcloud
Youtube

Tips Rekaman Sendiri dengan Modal Minimal Tapi Kualitas Sebening Studio
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/56a0a38b507410a67a8b4570/dengan-modal-minimal-buat-rekaman-agan-quotsebeningquot-studio--mudahmurahmeriahCategory:
Tips Trick


Demikianlah Artikel Tips Rekaman Sendiri dengan Modal Minimal Tapi Kualitas Sebening Studio

Sekianlah artikel Tips Rekaman Sendiri dengan Modal Minimal Tapi Kualitas Sebening Studio kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Rekaman Sendiri dengan Modal Minimal Tapi Kualitas Sebening Studio dengan alamat link https://gakbosan.blogspot.com/2016/02/tips-rekaman-sendiri-dengan-modal.html

0 Response to " Tips Rekaman Sendiri dengan Modal Minimal Tapi Kualitas Sebening Studio"

Post a Comment

cari artikel disini