SleepWalking. Mistis atau Ilmiah?

SleepWalking. Mistis atau Ilmiah? - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul SleepWalking. Mistis atau Ilmiah?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel The Lounge, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : SleepWalking. Mistis atau Ilmiah?
link : SleepWalking. Mistis atau Ilmiah?

Baca juga


SleepWalking. Mistis atau Ilmiah?

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Loha semua Warga Sipil a.k.a KASKUSER


Saya mau bahas topik yang sedikit anti mainstream di mari, unik, horor atau apalah namanya.

SLEEPWALKING


Quote:SleepWalking atau bahasa kitanya Tidur Berjalan. Secara harfiah kita udah tau lah maksudnya gimana?! Berarti kita jalan sambil tidur atau jalan pada saat kita masih dalam keadaan tidur. Atau juga kita jalan pakai gaya tiduran alias merayap. (Hahah gaklah, kidding).
Quote:Berawal dari pengalaman pribadi yang baru aja saya alamin tadi malam (Sabtu, 19 September 2015) saya tertarik googling tentang fenomena tidur ini.

Jadi, ceritanya malam itu saya rebahan tengkurap di atas lantai yang saya alasi pakai karpet ditemani satu unit guling, ngapain? ngerjai tugas men. Saya ngerjai tugas coding saya di dalam lapy. Astaga, ketauan jomblo malam minggu dating sama lapy. Hahah santai bro, saya gak jomblo. Coding is my first love. Hahah. Gak kerasa ternyata setengah malam udah lewat, jam udah 12an malam. Tapi saya belum ngantuk. Trus, karena saya kebentur dan stuck di logic saya, saya mikir dan cari-cari inspirasi algoritmanya dengan telentang menatap langit-langit sambil sesekali ngoret-ngoret kertas. Taunya ketidur.

Untuk sesi tidur saya malam itu, mimpi yang saya ingat adalah saya berjalan ke arah sofa bawa guling buat tidur di sofa, pakai pakaian yang sama dengan yang saya kenakan malam itu. Just it. ya cuma itu aja. Cetek amat mimpi gua hahaha.

Besok paginya saya bangun dan ternyata saya berada di atas sofa. Lah, ini kan mimpi saya malam tadi, persis sama dengan apa yang ada dalam mimpi, pakaian, posisi tidur, bantal guling juga ada dengan saya di atas sofa. Lapy, buku, earphone, pulpen juga masih ada di atas karpet. Malah playlist winamp juga masih main. Saya udah sering main lapy sampe ketidur gitu, tapi kalau saya emang niat mau tidur, biasanya lapy saya tutup.


Quote:Awalnya saya gak yakin ini mimpi atau gimana, akhirnya saya googling dan dapat artikel dengan kata kunci SleepWalking. Ternyata fenomena ini memang ada dalam dunia medis. Dokter menyebutnya sebagai Parasomnias, yaitu kejadian-kejadian yang tidak wajar saat manusia tidur. Artinya manusia (saya, kamu, kita semua) bisa melakukan apa aja saat tidur! Gila gak tu.

Quote:Menurut sumber yang saya baca, Orang yang mengidap Parasomnias ini tercatat pernah melakukan aktivitas seperti :

  • Berbicara saat tidur (Mengigau),
  • Mengompol,
  • Duduk,
  • Berdiri,
  • Berjalan,
  • Membuka pintu,
  • Memasak,
  • Makan
  • Melakukan aktivitas dengan ponsel nya (Menelepon/SMS/Chat seseorang)
  • Dan, Berkendara keluar rumah. (Waduh, bahaya bener.)


Untuk yang pertama sih sepertinya kita udah biasa denger yaitu mengigau atau wong jowo bilang ngelindur. Tapi beberapa sumber juga mengatakan kalau penderita tidak sekedar ngawur ngidul, malah mereka juga BERDIALOG! Layaknya seseorang yang sedang dalam pengaruh hipnotis yang sedang diajak berdialog, dengan tatapan kosong dan komunikasi tanpa ekspresi. Serem bener gan. Begitulah kira-kira. Kalau sempat ada Kaskuser ngigau sambil buka FJB di Kaskus, gimana transaksinya. Hahah yang beli Zombi.

Untuk poin yang kedua, agak lucu juga. Hahah, Ngompol. Jujur ternyata setelah dingat-ingat TS pernah alami ini pas masi bocah. Jadi scene mimpinya adalah TS kebelet pipis, trus ke kamar kecil buat nyetor. Taunya kebangun karena kasur anget-anget banjir. Astaga!

Nah, untuk poin kelima, SleepWalking atau tidur sambil berjalan yang kerap dialami oleh parasomnia. Orang mengira bahwa tidur sambil berjalan adalah orang tersebut sedang mempraktikkan mimpi yang sedang dialaminya. Ternyata anggapan tersebut salah besar. SleepWalking adalah bentuk dari kelelahan yang amat sangat, imsonia, dan gelisah. Mereka tidak bisa menjelaskan mengapa mereka melakukan hal itu. Tak jarang mereka juga merasa bingung mengapa ketika bangun berada ditempat yang berbeda. Gangguan ini juga yang baru dialami TS.

Untuk poin berikutnya kamu bisa terjemahin sendiri deh. Hahah.

Quote:Penasaran dengan apa yang menyebabkan saya bisa pindah lokasi tidur, saya pun googling lebih lanjut dan nemu pembahasan tentang penyebab seseorang mengalami Parasomnia, khususnya SleepWalking. Ini dia beberapa faktor penyebabnya :

  • Kelehan
  • Stres
  • Gelisah
  • Sakit

Setelah saya ingat-ingat, menurut saya faktor pertama cukup berpengaruh besar terhadap fenomena tidur saya malam itu. Secara gan, saya hampir setengah malam coding terus. Ditambah malam-malam sebelumnya yang belum break total plus insomnia. Jadi, mungkin malam itu adalah puncak kelelahan saya.

Sebagian pendapat mengatakan fenomena ini ada kaitannya dengan aktivitas makhluk astral alias mistis, sama sekali tidak. Ini adalah fenomena alami manusia dan semuanya murni ilmiah. Jika agan sista ngotot bahwa ini adalah mistis dengan berdasarkan teori bahwa sesuatu yang tidak dapat diterima nalar dan akal manusia adalah mistis, maka bagaimana agan sista menjelaskan MIMPI itu sendiri? Apakah mimpi sesuatu yang alami? atau itu bagian dari teori mistis? Yang notabennya mimpi sering sekali berlangsung di luar nalar dan logika masusia?! Sekali lagi ini adalah ilmiah.

Quote:Ada gak kaitannya dengan DeJavu ?

Nah, ini yang menurut TS agak menarik. Lebih lanjut lagi TS akan kaitkan gangguan tidur ini dengan fenomena DeJavu. Walaupun pendapat TS ini gak ada bukti yang relevan dan terkesan ngawur, Hahah. TS cuma mau ngungkapin pendapat di mari. CMIIW

Selama kita tidur kita pasti akan mengalami mimpi. Apakah mimpi yang berkaitan langsung dengan hidup kita di dunia nyata atau tidak. Apakah scene mimpi itu ada di dunia nyata atau imajinasi terpendam kita. atau apakah kita tidak asing dengan stage mimpi itu padahal kita belum pernah melihatnya. Ya, itulah mimpi. Selalu unik dan tak pernah bisa akal logika manusia menjelaskan nikmat Allah SWT yang satu ini. Bahkan bayi juga memiliki mimpi. Layaknya media storage Harddisk, SDCard, atu apalah itu, pasti punya kapasitas. Otak manusia juga memiliki kapasitas penyimpanan. Tidak semua aktivitas dan ingatan kita dari mulai lahir sampai sekarang dapat disimpan dalam otak. Begitupun mimpi. Beberapa mimpi dapat kita ingat dengan jelas dan detil, beberapa lagi teringat samar-samar, dan sebagian lainnya bahkan tidak dapat diingat. Ingatan samar-samar ini didefenisikan sebagai DeJavu oleh para ilmuwan (Sesuatu yang pernah dilihat/dialami)

Jadi, menurut TS, secara tidak langsung fenomena ini berkaitan dengan DeJavu.


Quote:Lalu apa kaitannya dengan DeJavu?

TS belum dapat artikel yang membahas langsung kaitan antara gangguan tidur ini (khususnya SleepWalking) dengan DeJavu. Tapi TS akan coba jabarkan dan kaitkan berdasarkan teori-teori relevan yang udah ada.

Ilmuwan menggambarkan manusia memiliki dua sisi alam kesadaran, yaitu Alam Sadar dan Alam Bawah Sadar. Kondisi ini diilustrasikan seperti bongkahan es raksasa di tengah lautan seperti ini :



Sisi bagian atas
Adalah sisi Alam Sadar kita, yang berisi ingatan reguler kita seperti Nama kita, dimana Alamat kamu, kapan mulai sekolah, siapa mantan ketiga dia, berapa harga beras sekarang, dan yang lainnya.

Sisi bagian bawah
Adalah Alam Bawah Sadar, berisi tentang memori ireguler, ingatan-ingatan yang lama terlupakan, ingatan mimpi, ingatan yang kita tidak sadar telah mengingatnya, dan yang lainnya.

Hubungan dan Keterkaitan
Jadi mungkin secara tidak sengaja ataupun tak sadar, sebagian mimpi kita yang terlupakan bisa berpindah ke alam sadar kita gan atau malah sebaliknya. Dan suatu saat ingatan itu bisa muncul kapan saja. Saat ingatan Alam Sadar berpindah ke Alam Bawah Sadar, terjadilah DeJavu. Kita akan merasakan sensasi Sesuatu yang pernah dialami sebelumnya atau pernah terjadi di alam mimpi. Padahal sebenarnya, kejadian tersebut sedang berlangsung saat itu. Tapi otak malah menyimpan ingatan kejadian itu di Alam Bawah Sadar. Kebalikannya, saat ingatan Bawah Sadar muncul ke Permukaan Sadar, disitulah fenomena SleepWalking terjadi. Disini kita akan merasakan sensasi bahwa kita berpindah atau berjalan, semua nya serasa berlangsung di dalam mimpi. Padahal kejadian atau aktivitas itu benar terjadi. Loh, kok bisa?

Saya contohin dari kasus tidur saya:
Quote:Saat kondisi kelahan yang dialami TS malam itu, kegiatan SleepWalking diterjemahkan sebagai memori mimpi oleh otak. Karena otak terlalu lelah, dan oleh sebab itulah otak membuat malfungsi ini. Inilah mungkin yang dianggap otak sebagai memori yang harus ditempatkan di Alam Bawah Sadar, bahwasanya TS yang benar-benar sadar, bangun, berdiri, dan berjalan berpindah lokasi tempat tidur, dianggap sebagai bagian dari episode mimpi dikarenakan otak tidak sanggup atau terlalu lelah untuk menerjemahkan itu sebagai kejadian nyata yang seharusnya ada pada memori Reguler (Alam Sadar). Begitulah kira-kira gan.


Quote:Terus, Gangguan ini bahaya gak?

Gangguan ini sebenarnya bukan sebuah penyakit fisik atau malah penyakit jiwa. Nyatanya ini adalah fenomena normal manusia dalam tidur. Selama manusia masih memiliki mimpi, fenomena ini akan ada. Kondisi bahayanya juga dilihat dari beberap faktor gan. Salah satunya faktor situasi dan aktivitas apa yang dilakukan pengidap. Fenomena ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan apa yang terjadi pada orang yang sedang dihipnotis. Mereka dapat diajak dialog, mengobrol, tanya-jawab, dan melakukan aktivitas layaknya manusia sadar. Nah, kalau sampai kita tidur, berdiri, ambil kunci mobil trus nyetir kan bahaya. Jadi resiko tergantung situasi dan kondisi sekitar.



Karena kelelahan merupakan faktor utama, jadi saya saranin buat agan sista semua jaga kesehatan, kondisi, dan kualitas tidur untuk meminimalisir fenomena ini. Kurangi juga kegiatan yang bikin agan sista stres. Terlebih otaklah yang menanggung beban terberat saat agan sista stres.

Itulah kira-kira paparan dari teori abal-abal saya. Beberapa teori saya himpun dari berbagai sumber dan otak saya sendiri mohon maaf ga bisa saya include di mari, karena terlalu banyak.


Quote:SleepWalking VS SleepParalysis
Ada tambahan bagus dari agan ini. Thanks gan.

Quote:Original Posted By trollolo
sleep walking
pada saat tidur, otak tidak benar-benar tidur, justru aktifitas otak semakin menjadi saat tidur. Pada saat tidur, otak mengaktifkan mekanisme yang membuat hubungan antara otak dan anggota tubuh lainnya terputus. gw lupa caranya, entah dengan menggunakan hormon atau begimana gitu? jadi yang biasanya pada saat otak berpikir untuk menggerakkan tangan makan tangan akan bergerak, pada saat tidur walau otak sudah berpikir untuk menggerakkan badan tapi perintah itu tidak pernah sampai ke tangan. hasilnya tangan jadi tidak bergerak.
fenomena sleep walking disebabkan karena adanya kebocoran pada mekanisme ini, yang menyebabkan ada sinyal dari otak yang sampai ke anggota tubuh lainnya.

kebalikan dari sleep walking adalah sleep paralysis atau yang dikenal juga dengan fenomena 'ketindihan'. pada sleep paralysis, otak sudah benar-benar sadar, tapi anggora tubuh lainnya masih tertidur. kasusnya awalnya sama seperti sleep walking, otak memutuskan hubungan dengan anggota badan lainnya, namun pada saat sadar kembali otak kesulitan untuk menghubungkan dirinya ke anggota tubuh lainnya. jadi di otak kita sudah merasa menggerakkan tangan, padahal tangan tidak bereaksi apa-apa.


Pengalaman Kaskuser yang bisa di bilang Horor
Quote:Original Posted By deidarakun
ada faktor keturunan ga sih ini gan? ane sering ngalamin ini dan di saksiin sama beberapa orang rumah, aneh nya adek ane juga beberapa kali ketahuan sleep.. uhm sleep running malah, ane ga bohong waktu itu ane sekitar jam 1 an masih bangun dan denger dia tiba tiba ngomong pas tidur. tiba tiba dia bangun dan lari, ya lari kenceng banget ke dapur sambil teriak "tangkep tangkepp!" dan di situ gw percaya ini berkaitan sama mimpi. di situ layak nya sadar matanya kebuka, langsung di kasih minum terus di tuntun ke tempat tidur lagi. pas besok nya di tanya dia ga inget apa apa... cerita sleep walking ane agak horror gitu, jadi ane ngerjain tugas sampe jam 12 an, udah malem di lantai 2 tiba tiba ga enak perasaan ane pindah deh ane ke bawah terus tidur di sofa, masih ga enak juga yaudah ane putusin tidur bareng ade ane di kamar nya. pas baru tidur sadar nya di sofa lagi, dari jam 2 sampe jam 4 pagi keulang terus

page one gan


Quote:Original Posted By leonvicious
itu mah belom apa2. di tempat saya pernah ada orang ngalamin sleepwalking sampai2 itu orang ganti baju (petani di tempat saya kalo mau kerja ada baju husus buat kerja doang) plus bawa arit (hampir mirip clurit gunanya buat motong rumput dan dahang pohon) terus itu orang pergi ke ladang buat nyari rumput buat makan sapi/kambing (di tempat saya namanya ngarit) gan. padahal masih jam 3 pagi!

jangankan sambil tidur gan, sambil bangun aja tak jamin ga akan bisa karena jam 3 pagi jelas masih gelap gulita.

tapi itu orang bisa sampai ke ladang yang jaraknya sekitar 3KM dari rumah (gila ga tuh) , bawa arit, cari rumput, bawa rumputnya ke rumah, ganti baju lagi, plus tidur lagi dengan SELAMAT!!!

ajaib ga tuh?!!

itu orang pas bangun cuman ngerasa aneh kok badannya lelah banget kayak habis kerja berat. terus pas ke kandang sapi, liat ada rumput baru masih basah yang baru diambil dari ladang. tapi tidak ingat apa2.

kebetulan ada orang yang mungkin pulang dari masjid atau mau ke masjid buat sholat malem yang papasan dengan orang itu. jadi pas orang itu cerita, macem2 deh.. dari mulai liat tu orang bawa arit, pake baju kotor buat kerja, terus berangkat ke ladang pagi buta jam 3. baru deh misteri terpecahkan. kalo sebenarnya, rumput itu diambil ketika orang itu ngalamin sleepwalking!

Page one gan. cape ngetiknya.

Quote:Original Posted By aryanak
Tmn ane Gan ..
Jadi kita abis dapet tugas main gypsum ..
Dibuat jd kyk tembok tp harus keren gitu.. (Ank design)

Tgh malem jam 2an dia lg main HP di kasur tiba2 ketiduran ...
20menitan kemudian dia beridiri, ane tnya "knpa lu" dia diem, dia keluar pintu kamar..
Ane diem dikamar.. Ane Kira dia kebelet..

Pas balik lagi dia bawa piso , ane kaget +takut ..
Dia jalan ke kasur lg naro pisonya di bawah kasur..
Terus ketiduran lg

Kerjaan dia begadang mulu imsonia deh parahh


Quote:Original Posted By Ahsin02
dulu ane juga begini nih, sampe keluar rumah pulak, kadang kata mamak berdiri aja di depan tembok kayak kesurupan,

terus tetangga nyuruh pindah tempat tidur, jangan menghadap jendela , entah secara ilmiah bisa dibuktikan atau tidak yang jelas sejak saat itu ane sudah gak pernah kena gitu lagi

lucunya pas sma ane tidur ngadep jendela lagi, eh jalan lagi

menurut ane sih fenomena gini cuman sugesti bawah sadar doang, begitu ada stimulus yang kuat dari luar (tidur jangan menghadap jendela) jadinya alam bawah sadar terpengaruh juga


Quote:Original Posted By arifsz
ane pernah gan ngalamin, pas msh sd kan klo ramadhan sering tdr di mushola (depan rmh ane) smbil nungguin sahur toba..hla ane tdr tu klo gk slh jam 12 mlm, lha kok tiba" ane bgun tdr pagi" udh di kamar...trus ane tanyain sma budhe ane (yg bukain pintu katanya), ane ya kya sprti biasa, sahur balik ketuk pintu tp gk sahur, cuzzz mapan tidur...yg ane heranin tu ya beda atap gan kok bsa gk nyasar balik kerumah...mngkn mnrut ane sih itu kebiasaan kita di dunia nyata, trus pda saat hal tsb trjadi kita sngt lelah dan tdk bsa bgun, jd ya malaikat lah yg menuntun kita.hehe




Quote:Intisari
Tentunya saya sangat takjub dengan ciptaan Allah SWT. Bahkan manusia yang diciptakan dari saripati tanah memiliki otak yang fungsinya sangat luar biasa. Saya yakin hanya 30% dari rahasia otak kita yang dapat dieksplor. Masih banyak fenomena yang belum terjangkau ilmu manusia. Selebihnya, Hanya Allah lah yang tau.


Terimakasih sudah mampir di mari gan. Semoga bermanfaat buat agan sista semua. Wassalam


Pertamax kah?
Gw sering nih,, dulu tapi,, waktu masih smp,, katanya sih nginggo sampe buka pintu wkkwkw
fakta kaya nya gan , ane sleep gak si extrim itu si paling kaya ngigo , atau tiba tiba di bawah kasur
Pernah sih ane sekali, waktu itu sore abis ashar ane tiduran dikamar, eh pas mau magrib dibangunin, tapi ane dah ditengah rumah.
ane tak pernah kek gitu gan
kalau temen ada
sampe beli makanan lalu dia pas bangun nanya nanya
ane paling pindah tempat tidur gan
ane blom pernah gan smoga ga pernah.
gua pernah tidur gan, bangun bangun titit gua berdiri
CLAREND elyuns
Kalau di film banyak sleep walking, tapi bukan ane gans
calon ht nih
Quote:Original Posted By mekaskusstalker
gua pernah tidur gan, bangun bangun titit gua berdiri


tidur nya sndiri bangun nya berdua ya gan
hmm perasaan sleepwalking ituh lagunya bring me the horizon dah
Ih kok kesannya serem ya? kayak orang kesurupan
kalo ane liat keluarga ane kayak gitu ane bakal langsung
serem klo tidur sama orang sleepwalking
Quote:Original Posted By fabianlukas
Pertamax kah?


Selamat gan! Pertamax berhasil diamankan.

Quote:Original Posted By nagibjeder
ijin nyimak dulu gan

Oke, with my pleasure.

Quote:Original Posted By approve.cc
fakta kaya nya gan , ane sleep gak si extrim itu si paling kaya ngigo , atau tiba tiba di bawah kasur


Agan SleepWalking atau jatoh?

Quote:Original Posted By lekdsater
ane tak pernah kek gitu gan
kalau temen ada
sampe beli makanan lalu dia pas bangun nanya nanya

Wah bahaya bener gan, jangan sampe temen agan beli snack, yang dimakan bungkusnya, snacknya dibuang. Hahah


Quote:Original Posted By bintangreawaruw
ane blom pernah gan smoga ga pernah.

Moga aja gan. Ane juga perdana


Quote:Original Posted By mekaskusstalker
gua pernah tidur gan, bangun bangun titit gua berdiri

Anjir gan.


Quote:Original Posted By ember.baru
CLAREND elyuns

Apaan gan?!

Quote:Original Posted By cristian4lf4
hmm perasaan sleepwalking ituh lagunya bring me the horizon dah

Hahah, iye gan. Browsing pertama juga yang keluar itu.

Quote:Original Posted By entropi
Ih kok kesannya serem ya? kayak orang kesurupan
kalo ane liat keluarga ane kayak gitu ane bakal langsung

Kalo kita di sisi yang ngeliat, emang jadi keliatan seram gan. Secara kita kaya ngeliat mayat hidup berjalan
ane mah gak pernah...

pernahnya ngompol doang...
Ts pinter juga ya,bisa bikin teori yang masuk akal
kalo ente bilang ilmiah, maka ane bilang mistis
kalo ente bilang mistis, maka ane bilang ilmiah

kenapa???


karena pengen beda pendapat aja ama ente.......
kita gelut yuk....sapa yg menang berarti dia yang bener
Via: Kaskus.co.id


Demikianlah Artikel SleepWalking. Mistis atau Ilmiah?

Sekianlah artikel SleepWalking. Mistis atau Ilmiah? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel SleepWalking. Mistis atau Ilmiah? dengan alamat link http://gakbosan.blogspot.com/2015/09/sleepwalking-mistis-atau-ilmiah.html

0 Response to "SleepWalking. Mistis atau Ilmiah?"

Post a Comment

cari artikel disini