[WORLD OZONE DAY] HARI INI TANGGAL 16 SEPTEMBER ADALAH HARI OZON SEDUNIA GAN!

[WORLD OZONE DAY] HARI INI TANGGAL 16 SEPTEMBER ADALAH HARI OZON SEDUNIA GAN! - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul [WORLD OZONE DAY] HARI INI TANGGAL 16 SEPTEMBER ADALAH HARI OZON SEDUNIA GAN!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel The Lounge, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : [WORLD OZONE DAY] HARI INI TANGGAL 16 SEPTEMBER ADALAH HARI OZON SEDUNIA GAN!
link : [WORLD OZONE DAY] HARI INI TANGGAL 16 SEPTEMBER ADALAH HARI OZON SEDUNIA GAN!

Baca juga


[WORLD OZONE DAY] HARI INI TANGGAL 16 SEPTEMBER ADALAH HARI OZON SEDUNIA GAN!

Quote:Quote:selamat pagi gan
welcome to my thread my adventure
ketemu lagi sama jeanyhebat
kali ini ane mau bagi info ttg hari ozon sedunia gan
kayaknya masih banyak yg belum tau nih ttg info ini
daripada bingung langsung kita simak bersama aja infonya
cekidooot gan




Quote:Quote:PERINGATAN 30 TAHUN HARI OZON SEDUNIA


#WorldOzoneDay





selamat hari ozon sedunia gan!

tapi tunggu bentar....

emangnya ozon apaan sih?



Spoiler for :

Ozon adalah gas yang secara alami terdapat di atmosfer yang merupakan hasil dari reaksi oksigen dengan sinar ultraviolet dari matahari.

Ozon tersusun oleh tiga molekul oksigen atau biasa dilambangkan O3.



Ozon terdapat di dua wilayah atmosfer yaitu di stratosfer dan troposfer.

Di troposfer (sekitar 10-16 km dari permukaan bumi) terkandung 10% lapisan ini. Sisanya yang 90% terdapat di lapisan stratosfer (50 km dari troposfer).




jadi lapisan ozon yang ada di bumi ini berguna banget ya?



Spoiler for :

Pada dasarnya ozon yang berada di lapisan permukaan Bumi yang disebut troposfer merupakan polutan udara. Ini karena ozon berbahaya bila kita hirup.



Tetapi berbeda dengan yang ada di lapisan troposfer, ozon yang berada di lapisan stratosfer sebaliknya sangat berguna untuk melindungi bumi dari sengatan berbahaya sinar ultraviolet matahari.

Yang berarti secara alami, ozon yang selama ini kita kenal berguna itu adalah ozon yang berada di lapisan stratosfer gan!



Sebanyak 99% radiasi sinar ultraviolet matahari ditahan oleh lapisan ozon loh gan dan hanya 1% sisanya radiasi yang berhasil sampai ke bumi. Hal ini membuat radiasi tersebut tidak berbahaya bagi makhluk hidup di bumi.




terus kalo ada yg bilang lapisan ozon bolong itu beneran apa ga?



Spoiler for :

Sebenarnya sudah lama sekali lapisan pelindung radiasi ultraviolet ini berada dalam masa - masa penipisan. Dampak lanjutnya bisa sampai pada kerusakan lapisan gan alias ozonnya jadi bolong!



Hasil pengamatan di tahun 1980-1991 mendapati lubang pada lapisan ozon yang membesar hingga hampir seluas benua Australia. Penelitian pada 2011 menunjukkan hasil yang mulai membaik. Lubang tersebut masih tersisa di atas kutub utara, Rusia, dan Australia.



Lapisan ozon mulai rusak akibat tindakan manusia sendiri.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa satu atom klorin dapat merusak 100.000 molekul ozon. Dari penelitian yang menggunakan satelit, mereka mengatakan bahwa pengurangan lapisan ozon masih terus terjadi di seluruh dunia. Pengurangan itu paling banyak terjadi di daerah kutub.



Ozone hole over the South Pole, 21 September 2000

Pengurangan lapisan ozon di stratosfer menambah jumlah radiasi ultraviolet yang mencapai Bumi. Radiasi ultraviolet itu menyebabkan semakin banyaknya kasus kanker kulit, katarak, dan kerusakan sistem kekebalan tubuh. Ultraviolet juga dapat merusak pertanian, terutama tanaman kacang kedelai.

Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa fitoplankton yang berada di laut yang memegang peran terpenting dalam rantai makanan di laut saat ini sudah mengalami kerusakan akibat radiasi ultraviolet.



Beware Of Signs And Symptoms Of Cancer!



emangnya apa sih yg menyebabkan rusaknya lapisan ozon?



Spoiler for :

Ternyata kerusakan itu semua akibat tindakan manusia sendiri gan!

Menipisnya lapisan ozon ini dipicu oleh meningkatnya penggunaan Bahan Perusak Ozon (BPO).




CFC ( CHLOROFLUORCARBONS )

Spoiler for :

Bahan ini diantaranya adalah kloroflorokarbon (CFC) dan hidroklorofluorokarbon (HCFC). Keduanya kerap digunakan sebagai pendingin (refrigeran) pada lemari es dan AC, bahan dorong (aerosol) untuk kaleng semprot pengharum ruangan, peralatan kosmetik, cat semprot, semprot nyamuk, dll.



CFC merupakan zat-zat yang tidak mudah terbakar dan tidak terlalu toksik. Satu buah molekul CFC memiliki masa hidup 50 hingga 100 tahun dalam atmosfer sebelum dihapuskan.



Sehingga bisa dipastikan misalnya dalam waktu kira-kira 5 tahun, CFC akan bergerak naik dengan perlahan ke dalam stratosfer (10 – 50 km). Lalu molekul CFC terurai setelah bercampur dengan sinar UV, dan membebaskan atom klorin.Yang terjadi selanjutnya atom klorin ini berupaya masuk ke dalam ozon dan memusnahkan ozon sehingga hal itulah yang menyebabkan timbulnya lubang pada ozon.




PENIGKATAN KARBON MONOKSIDA

Spoiler for :

Penipisan lapisan ozon juga disebabkan oleh meningkatnya karbon monoksida yang dihasilkan kendaraan bermotor dan pabrik loh gan!



Banyaknya volume kendaraan yang ada di bumi sangat berakibat negatif pada lapisan ozon. Karbon monoksida yang dihasilkan oleh kendaraan dan asap pabrik dapat merusak lapisan ozon.

Asap yang dihasilkan oleh pabrik amat sangat berpengaruh dalam memperparah kerusakan lapisan ozon. Sama hal nya seperti asap kendaraan. Gas yang dikeluarkan dapat merusak lapisan ozon, amat mencemari udara, belum lagi limbah cair dan limbah padat yang dihasilkan pabrik, dapat merusak lingkungan.









Begitu juga dengan asap kendaraan, semakin lama volume kendaraan semakin banyak, semakin banyak pula gas karbon monoksida yang di keluarkan, bisa dibayangkan keadaan lapisan ozon beberapa tahun kedepan bila volume kendaraan semakin hari semakin bertambah.












PENGGUNDULAN HUTAN

Spoiler for :

Penggundulan hutan secara besar - besaran sangat berakibat buruk pada kualitas udara yang ada di bumi. Gas - gas karbon yang merusak lapisan ozon tidak lagi diserap oleh tumbuhan.











Sehingga siapa lagi yang dapat diandalkan untuk menyerap gas - gas tersebut untuk membantu mengurangi kerusakan ozon dan tentunya menghasilkan oksigen bagi makhluk hidup?



KEBAKARAN HUTAN
Spoiler for :

Kebakaran hutan juga ternyata berpengaruh pada penipisan lapisan ozon loh gan!

Kebakaran hutan khususnya di Indonesia adalah peristiwa dimana hutan yang digologkan sebagai ekologi alamiah mengalami perubahan bentuk yang disebabkan oleh aktfitas pembakaran secara besar-besaran. Pada dasarnya, peristiwa ini memberi dampak negatif maupun positif. Namun, jika dicermati, dampak negatif kebakaran hutan jauh lebih mendominasi ketimbang dampak positifnya.





Di dalam Kamus Kehutanan yang diterbitkan oleh Kementrian Kehutanan RI, disebutkan bahwa kebakaran hutan disebabkan oleh alam dan manusia. Konteks alam mencakup musim kemarau yang berkepanjanganjuga sambaran petir. Sementara faktor manusia antara lain kelalaian membuang punting rokok, membakar hutan dalam rangka pembukaan lahan, api unggun yang lupa dimatikan dan masih banyak lagi lainnya.







Salah satu dampak buruk yang terjadi akibat kebakaran hutan ialah menyebarnya sejumlah emisi gas karbon ke wilayah atmosfer yang turut berperan dalam fenomena penipisan lapisan ozon di dunia ini.



Selain berpengaruh terhadap ozon, asap dari hutan yang (sengaja dibuat) terbakar akan membuat masyarakat terganggu dan terserang penyakit yang berhubungan dengan pernapasan.









#IndonesiaDaruratKabutAsap



emangnya dampak buruk penipisan lapisan ozon apa aja?



Spoiler for :

Penipisan lapisan ozon akan menyebabkan lebih banyak sinar radiasi ultraviolet memasuki bumi. Radiasi ultraviolet ini dapat membuat efek pada kesehatan manusia, memusnahkan kehidupan laut, ekosistem, mengurangi hasil pertanian dan hutan.



I see you there


DAMPAK PADA MANUSIA

Spoiler for :

Efek utama pada manusia adalah peningkatan penyakit kanker kulit.

Radiasi sinar UV yang terpapar langsung pada kulit kita dapat merusak DNA dengan memutus ikatan gen-gen yang terkena radiasi itu sehingga dapat mengaktifkan bahan kimia dalam tubuh yang dapat memicu timbulnya kanker kulit.

Di Indonesia, penderita kanker kulit terbilang sangat sedikit dibandingkan negara - negara di Eropa. Namun kanker kulit juga perlu dipahami, karena selain menyebabkan kecacatan (merusak penampilan) juga pada stadium lanjut dapat berakibat fatal bagi penderita.





Selain itu dapat merusak mata sehingga dapat menyebabkan katarak dan juga mungkin akan melemahkan sistem imunisasi badan.








DAMPAK PADA BIDANG PERTANIAN

Spoiler for :


Pada bidang pertanian, penerimaan sinar ultra violet pada tanaman dapat memusnahkan hasil tanaman utama dunia.



Hasil penelitian menunjukkan hasil tanaman seperti 'barli' dan 'oat' menunjukkan penurunan karena penerimaan sinar radiasi yang semakin tinggi. Tanaman diperkirakan akan mengalami kelambatan pertumbuhan, bahkan akan cenderung kerdil, sehingga merusak hasil panen dan hutan-hutan yang ada.




DAMPAK PADA EKOSISTEM LAUT

Spoiler for :
Radiasi penuh ini juga dapat mematikan anak-anak ikan, kepiting dan udang di lautan, serta mengurangi jumlah plankton yang menjadi salah satu sumber makanan kebanyakan hewan-hewan laut.




trus apa yang bisa kita lakukan buat mengurangi penipisan lapisan ozon?



lanjut ke post #2 gan




trus apa yang bisa kita lakukan buat mengurangi penipisan lapisan ozon?



Spoiler for :

Salah satu cara dalam mengurangi penipisan lapisan ozon adalah dengan melakukan beberapa kegiatan ramah ozon (ozone friendly) seperti berikut ini gan



Melakukan upaya 4R (melakukan : reduce, reuse, recycle, replace/replant)



Go green adalah tindakan atau perbuatan yang ditujukan untuk menyamatkan bumi dari segala kerusakan akibat ulah manusia, dimana cara penyelamatannya dilakukan dengan program yang lebih menitik beratkan pada penghijauan lingkungan.

Konsep program go green adalah terdiri dari 4 R yakni reduce, reuse, recycle dan replace.

Spoiler for :

Reduce

Spoiler for :

Reduce berarti kita mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak lingkungan.

Reduce juga berarti mengurangi belanja barang-barang yang anda tidak “terlalu” butuhkan seperti baju baru, aksesoris tambahan atau apa pun yang intinya adalah pengurangan kebutuhan.

Contoh kegiatan reduce sehari-hari:

Memilih produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang.

Hindari memakai dan membeli produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar.

Menggunakan produk yang dapat diisi ulang (refill). Misalnya alat tulis yang bisa diisi ulang kembali)

Mengurangi penggunaan bahan sekali pakai.










Reuse

Spoiler for :

Reuse sendiri berarti pemakaian kembali seperti contohnya memberikan baju-baju bekas ke yatim piatu.

Tapi yang paling dekat adalah memberikan baju yang kekecilan pada adik atau saudara, selain itu baju-baju bayi yang hanya beberapa bulan dipakai masih bagus dan bisa diberikan pada saudara yang membutuhkan.

Contoh kegiatan reuse sehari-hari:

Memilih wadah, kantong atau benda yang dapat digunakan beberapa kali atau berulang-ulang. Misalnya, menggunakan sapu tangan dari pada menggunakan tisu.

Menggunakan alat-alat penyimpan elektronik yang dapat dihapus dan ditulis kembali.

Menggunakan sisi kertas yang masih kosong untuk menulis.




Recycle

Spoiler for :

Recycle adalah mendaur ulang barang. Paling mudah adalah mendaur ulang sampah organik di rumah masing - masing, menggunakan bekas botol plastik air minum atau apapun sebagai pot tanaman.

Daur ulang secara besar-besaran belum menjadi kebiasaan di Indonesia. Tempat sampah yang membedakan antara organik dan non-organik saja tidak jalan. Malah akhirnya lebih banyak gerilyawan lingkungan yang melakukan daur ulang secara kreatif dan menularkannya pada banyak orang dibandingkan pemerintah.

Contoh kegiatan recycle sehari-hari:

Memilih produk dan kemasan yang dapat didaur ulang dan mudah terurai.

Mengolah sampah kertas menjadi kertas atau karton kembali.

Melakukan pengolahan sampah organik menjadi kompos.

Lakukan pengolahan sampah non organik menjadi barang yang bermanfaat dan bahkan memiliki nilai jual.









Is Fashion Ready To Go Green?



Spoiler for :

















Replace

Spoiler for :

Replace merupakan upaya mengganti barang-barang yang bisa merusak lingkungan dengan barang-barang berfungsi sama namun lebih ramah lingkungan.





Mengurangi pemakaian barang - barang yang memiliki bahan CFC

Spoiler for :

Kurangi pemakaian barang-barang yang memiliki bahan CFC.



Misalnya seperti meminimalkan jumlah pemakaian Air Conditioner di rumah maupun di kantor.

Perlukah di setiap ruang harus terdapat AC hanya karena kita punya uang dan mampu membelinya? Pemborosan yang tidak perlu karena disamping itu semua kita juga harus menghemat energi.



Atau bisa juga menyesuaikan kapasitas AC dengan luas ruangan sehingga bisa lebih efektif tanpa harus menggunakan AC secara bersamaan di seluruh ruangan. Selain AC, meminimalisir penggunaan bahan - bahan CFC ini juga bisa dilakukan pada kulkas.

Solusi terhadap penggunaan kulkas sendiri yaitu juga dengan menyesuaikan kapasitas kulkas dengan kebutuhan sehingga lebih efektif dalam penggunaannya.

Bisa juga dengan mengganti produk - produk CFC tersebut dengan produk yang sama tetapi Non CFC (ramah lingkungan). Untuk bisa melihat apakah produk tersebut Non CFC, bisa dilihat dari adanya informasi gambar Non CFC atau tidak pada produk yang bersangkutan.





Non CFC pada kulkas






ternyata keberadaan ozon di atmosfer bumi ini mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan ya gan



mengingat hal tersebut maka keberadaan ozon di atmosfer harus selalu kita pantau dan jaga bersama agar dapat diupayakan tindakan-tindakan antisipasi yang diperlukan apabila kejadian penipisan lapisan ozon semakin parah nantinya



Dengan adanya Peringatan Hari Ozon Sedunia ini kiranya akan selalu mengingatkan kepedulian kita sebagai masyarakat internasional terhadap ozon, si lapisan perisai bumi tercinta.



Melindungi Planet Bumi dari kehancuran adalah kewajiban bersama. Masyarakat dapat berpartisipasi aktif memulihkan kerusakan lapisan ozon dengan tidak memakai peralatan yang menggunakan zat-zat penghancur lapisan ozon.

Memberikan penjelasan atau peringatan dini ke masyarakat bahwa lubang ozon saat ini berada di atas mereka tentu sudah terlambat. Masyarakat sulit dicegah agar tidak melakukan aktivitas di luar rumah untuk menghindari sinar Matahari. Mereka bisa saja beranggapan sinar Matahari hari ini sama dengan hari-hari sebelumnya atau tahun-tahun sebelumnya.



Bila penipisan lapisan ozon tetap berlanjut dengan laju seperti saat ini, suatu bentuk bencana global yang menghancurkan kehidupan di Bumi hanyalah tinggal menunggu waktu.

Dampak penipisan lapisan ozon secara global bahkan jauh mengerikan daripada badai Katrina. Juga jauh lebih dahsyat dari gempa dan tsunami di kawasan Asia akhir tahun lalu. Bencana lubang ozon tidak menghancurkan infrastruktur, tetapi dapat memusnahkan seluruh kehidupan di Planet Bumi.

Oleh karena itu, sudah saatnya manusia menyadari pentingnya melindungi lapisan ozon untuk menghindarkan kehidupan di Planet Bumi ini dari kehancuran.



Kiranya, dengan Peringatan Hari Ozon Sedunia 2015 ini, marilah kita bulatkan komitmen dari setiap negara, tingkatkan kesadaran setiap warga bumi untuk mengurangi konsumsi BPO (Bahan Perusak Ozon), sehingga pada tahun - tahun yang akan datang lapisan ozon yang menjadi pelindung manusia mampu pulih ke kondisi normal.



Quote:Quote:wah gimana gan penjelasan ttg ozonnya?
maap ya kalo kepanjanganan, ini semua ane buat krn memperingati Hari Ozon Sedunia
ya moga2 aja ozon kita yg sekarang ga makin bolong dan makin parah ya
dampak buruknya ternyata bahaya bgt buat kita semua, makhluk hidup di muka bumi ini
apalagi yg kanker kulit itu
kiranya info yg ane share kali ini berguna dan bermanfaat bagi semua
maap juga kalo misalnya ane repsol
jangan lupa share and komeng2 ya pendapat agan seputar ozon di kolom komengtar
Happy 30 th Anniversary World Ozone Day for every people in here



segala sumber artikel world ozone day berasal
dari sini, sini, sini dan sini gan





baru tau hari ozon sekarang jatuhnya
ozon selalu melindungi dari sinar uv
mejeng dulu di tret keren calon hate
Wow... Panjang sekali

Baru baca setengah nanti lanjutin lagi
ikut nyimak y juragan
ozon itu waketum dpr gan yang selfie kemarin
Quote:Original Posted By gin7
Wow... Panjang sekali

Baru baca setengah nanti lanjutin lagi


wkkwkwk gpp dah kalo malas baca gan
asal jangan malas nafkahin aku










pasti jd ht nih
Quote:Original Posted By chitzchatz94
ozon itu waketum dpr gan yang selfie kemarin


woy itu mah fadlizon gan
wwkwkkwkw
Quote:Original Posted By fuzhimputri
ikut nyimak y juragan


iya gan monggo
silahkan
Quote:Original Posted By lekdsater
baru tau hari ozon sekarang jatuhnya
ozon selalu melindungi dari sinar uv


ozon melindungi kita semua dari pancaran sinar matahari berlebihan yg bisa merusak kulit wajah ini
Wow nice trit
Ozon melindungi aku
Makasih ozon
Quote:Original Posted By basyirlingga
Wow nice trit

hehe thankyou gan


Ngeri tuh akibat dari ulah manusia sendiri...

Mari kita kurangi... Manusianya...
bagus gan thread nya...

dengan ngelakuin hal2 kecil n sederhana bisa nyelametin ozon bumi ya,biar ga makin tipis...semoga aja ane bisa slalu inget buat ngelakuin hal2 kecil yg bermanfaat buat ozon bumi
tread bakal HT nihh
Quote:Original Posted By cocacola
Ngeri tuh akibat dari ulah manusia sendiri...

Mari kita kurangi... Manusianya...


hiii ngeri gan kalo harus ngurangi manusianya



wkwkkw

Via: Kaskus.co.id


Demikianlah Artikel [WORLD OZONE DAY] HARI INI TANGGAL 16 SEPTEMBER ADALAH HARI OZON SEDUNIA GAN!

Sekianlah artikel [WORLD OZONE DAY] HARI INI TANGGAL 16 SEPTEMBER ADALAH HARI OZON SEDUNIA GAN! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel [WORLD OZONE DAY] HARI INI TANGGAL 16 SEPTEMBER ADALAH HARI OZON SEDUNIA GAN! dengan alamat link http://gakbosan.blogspot.com/2015/09/world-ozone-day-hari-ini-tanggal-16.html

0 Response to "[WORLD OZONE DAY] HARI INI TANGGAL 16 SEPTEMBER ADALAH HARI OZON SEDUNIA GAN!"

Post a Comment

cari artikel disini