Daging Ikan Sapu Sapu Diolah Menjadi Somay, Batagor, Mpek-Mpek dan Bakso Gan

Daging Ikan Sapu Sapu Diolah Menjadi Somay, Batagor, Mpek-Mpek dan Bakso Gan - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Daging Ikan Sapu Sapu Diolah Menjadi Somay, Batagor, Mpek-Mpek dan Bakso Gan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel The Lounge, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Daging Ikan Sapu Sapu Diolah Menjadi Somay, Batagor, Mpek-Mpek dan Bakso Gan
link : Daging Ikan Sapu Sapu Diolah Menjadi Somay, Batagor, Mpek-Mpek dan Bakso Gan

Baca juga


Daging Ikan Sapu Sapu Diolah Menjadi Somay, Batagor, Mpek-Mpek dan Bakso Gan


Quote:Alhamdulilah HT , tak lupa ane ucapin terima kasih buat om mimin/momod, agan/sista kaskus yang datang menyimak thread dan mendukung rate dan share dan juga yang mengirimkan ane cendol atau yang belum juga terima kasih banyak banyak semua yah




Quote:Video ini diperoleh langsung di kawasan Kanal Banjir Barat, Tanah Abang, Jakarta Barat. Pada Rabu (16/9/2015), Kami mendatangi kolong jembatan sungai dekat Stasiun Tanah Abang. Kami melihat dua orang sedang membersihkan ikan di tepian sungai. "Itu ikan apa, Pak?," tanya Kami. "Itu ikan sapu-sapu," kata seorang pencari ikan yang enggan menyebutkan nama.

Menurut penuturannya, ikan itu hanya diambil dagingnya saja. Sementara kulit dan kepalanya dibuang. Dia mengaku ikan itu akan diolah untuk membuat jajanan seperti somay, batagor, mpek-mpek, bakso. "Ya, itu nanti dimasak untuk somay, batagor, mpek-mpek, bakso," katanya. Dia menambahkan, perolehan ikan sapu-sapu itu semakin banyak bila musim kemarau tiba. "Kalau musim hujan, jadi berkurang," tambahnya.

Penggunaan ikan sapu-sapu untuk olahan jajanan itu juga diceritakan oleh mantan pencari ikan di kawasan Pasar Minggu. Sebut saja namanya Adi. Dia mengaku sering mencari ikan di Sungai Ciliwung lalu dijual ke pengepul. "Nanti dihitung dapatnya berapa kilo lalu sama pengepul dijual ke penjual jajanan somay, bakso, mpek-mpek, otak-otak," kata dia kepada kami.

Quote:Konsultan Makanan Sehat dari Food Combining Yogyakarta, Mufatul Faridah punya tanggapan soal ini. Hal tersebut dia sampaikan melalui pesan elektronik kepada Kami, Jumat (18/09/2015).

Menurut Mufa ikan Sapu-sapu yang berada di Sungai Ciliwung ataupun sungai kotor lainnya tidak layak untuk dikonsumsi. Hal ini lantaran ikan sapu-sapu tergolong pemakan sampah.

"Ikan sapu-sapu tergolong pemakan sampah.bahaya jika dikonsumsi atau dijadikan bahan baku siomay yang harusnya memakai ikan tenggiri," kata Mufa.

Namun ikan Sapu-sapu layak di konsumsi jika diternak sendiri. Sehingga bisa menjamin kualitas makanannya. "Ikan sapu-sapu layak dikonsumsi jika diternak sendiri.sehingga terjamin kualitas pakannya. kalau yang didapat dari sungai Ciliwung gitu,sudah ngeri," kata Mufa..

Menurut Mufa setiap jenis ikan mempunyai nilai gizi yang bermanfaat buat kesehatan. "Asal memenuhi syarat air tempat mereka hidup dan dengan makanan yang layak," kata dia.

Mufa mengatakan merkuri yang terdapat dalam tubuh ikan sapu-sapu berasal dari limbah pabrik yang dibuang ke sungai.

"Kehidupan manusia yang dipenuhi apa-apa serba praktis menjadikan pertumbuhan industri berkembang pesat. Limbah pabrik dari industri inilah yang rata-rata mengandung merkuri bermuaranya ke sungai dan laut," kata Mufa.

Kata dia penumpukan racun logam berat akan berdampak dalam jangka panjang. "Bahan makanan yang berkualitas aja ketika 3 hari dimakan berturut-turut tidak bagus,karena akan terjadi penumpukan zat-zat tertentu. Apalagi mengkonsumsi bahan makanan yang sudah mengandung merkuri," kata Mufa
.

Quote: Nah gan..setelah tahu akan hal ini atau melihat video ini, masih mau jajan sembarangan nggak?
Quote:Sampai jumpa di Thread ane selanjutnya Gan/Sista
. Terima kasih sudah mampir








Dari zaman gua SD ni rumor udah ada gan. Tapi ane cuek aja dulu uang jajan sedikit kebutuhan jajan banyak gak kepikiran dah buat milih mililh jajanan alhamdulillah masih sehat ampe sekarang . .
pernah masuk reportase investigasi nih
skrg hampir semua makanan berbahaya jd bingung mau makan apa klo ga bertani/beternak sendiri
jd klo ane slm ga liat bikinnya gpp makan yaa makan aja
Kalo kali nya bersih aman di makan ya gan
ikan kek gini nggak ada di ane
Y ampun sampe segitunya orang indo nyari duit
Kalo disini liat ikan sapu2 dibiarin aja gan, dulu kata waktu kecil kata emak ane ada racun nya
sudah lama ini gan
silakan pilih ini atau tikus
kalo ikan sapu nya hasil ternak ga masalah
lah ini ikan makan sampah
Gk cumn sapu" gan, ane juga ngeri kalo makan ikan lele. Ini ikan adaptasinya bagus. Mau di got, empang, sungai tercemar masih aja idup :ngeri
waduh baru tau ane, ikan sapu2 dibikin somay

nice info gan
berarti semua ikan yg berada di kali ciliwung ndak layak makan dong??
tpi koq somay enk yah gan
rasanya kayak gimana tuh ikan?
ternyata bukan ikan nya yg jadi masalah, tapi tempat ikan itu hidup
enak ga rasanya ? siomay ga bayangin kalo pake ikan sapu
Wiiih jorok amat dah
hmmm
tapi rasanya gimana tuh gan
udah dari dulu di jakarta banyak ini
udah lama dah gan
sebagai ganti daging sapi yang mahal
Via: Kaskus.co.id


Demikianlah Artikel Daging Ikan Sapu Sapu Diolah Menjadi Somay, Batagor, Mpek-Mpek dan Bakso Gan

Sekianlah artikel Daging Ikan Sapu Sapu Diolah Menjadi Somay, Batagor, Mpek-Mpek dan Bakso Gan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Daging Ikan Sapu Sapu Diolah Menjadi Somay, Batagor, Mpek-Mpek dan Bakso Gan dengan alamat link http://gakbosan.blogspot.com/2015/09/daging-ikan-sapu-sapu-diolah-menjadi.html

0 Response to "Daging Ikan Sapu Sapu Diolah Menjadi Somay, Batagor, Mpek-Mpek dan Bakso Gan"

Post a Comment

cari artikel disini