Penasaran Dengan OC Kaligis? Cek di sini Gan!

Penasaran Dengan OC Kaligis? Cek di sini Gan! - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penasaran Dengan OC Kaligis? Cek di sini Gan!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Melek Hukum, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Penasaran Dengan OC Kaligis? Cek di sini Gan!
link : Penasaran Dengan OC Kaligis? Cek di sini Gan!

Baca juga


Penasaran Dengan OC Kaligis? Cek di sini Gan!

Siapa yang tak kenal dengan sosok Otto Kornelis Kaligis? Pengacara beken yang dikenal degan OC Kaligis atau OCK ini memang menjadi salah satu pentolan pengacara yang namanya santer didengar oleh penduduk Indonesia. Tak cuma karena kemampuannya sebagai seorang pengacara, tapi juga karena ia rajin untuk tampil di media, menangani kasus-kasus kontroversial, dan juga nekat untuk berbeda dengan publik pada umumnya. Ingat ketika dia secara lantang melawan KPK di era kasus Cicak-Buaya periode Bibit-Chandra.

Nah, beberapa minggu lalu, OCK ini kembali menghiasi pemberitaan di berbagai media. Kali ini bukan karena peranan dia sebagai pengacara, tetapi karena dia dicokok KPK. Kasusnya? Dia disangkakan melakukan penyuapan hakim tata usaha negara di Medan. Meski tidak tertangkap basah, rentetan penyidikan KPK akhirnya menyeret OCK hingga merasakan dinginnya tahanan di KPK. Sejak saat itu, seluruh prosesnya menjadi perhatian publik.

Hukumonline.com sendiri memiliki beberapa cerita dan catatan mengenai sosok pengacara senior nan kontroversial ini. Silakan dicekidot ya gan.

1. Lika-Liku Karir OCK di Dunia Hukum
Spoiler for Karir OCK:

Lika-Liku Karier OC Kaligis di Dunia Hukum

Siapa sih yang gak kenal advokat senior OC Kaligis (“OCK”)? Ia mengegerkan jagat hukum nasional dengan penetapannya sebagai tersangka. Ironis, di hari tuanya, OCK justru kesandung masalah hukum yang cukup berat. Begitu beratnya, OCK bahkan sempat berucap bahwa “kariernya telah hancur” dan berniat untuk menutup Kantor Hukum yang sudah ‘mendidik’ puluhan atau bahkan ratusan lawyers itu.

Hukumonline mencoba merangkum lika-liku karier OCK berikut ini:
1. Mendirikan Kantor OC Kaligis & Associates
Advokat Denny Kailimang dan OC Kaligis pada 1977 membuka kantor OC Kaligis & Associates di kawasan Glodok Plaza. Kantor itu kemudian berkembang pesat hingga akhirnya OC Kaligis & Associates mempunyai gedung/kantor sendiri.

2. Menangani Berbagai Kasus
Sepanjang kariernya, OCK telah menangani banyak kasus. Mulai dari perkara dua mantan Presiden Republik Indonesia, yakni Soeharto dan BJ Habibie, artis hingga perkara-perkara buruh.

3. Melawan Mafia Peradilan
Pada 1989, OCK disebut pernah berseteru dengan jaksa dari Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta berinisial EER. OCK menyebut bahwa jaksa itu sebagai “Mafia Penuntutan” dalam perkara yang menimpa kliennya. Menurut OCK, Jaksa EER telah menerima uang sebesar Rp50 juta untuk menyelamatkan saksi penting dalam kasus itu. Kejaksaan Agung akhirnya membantah tuduhan tersebut.

4. Jadi Terdakwa
Apabila OCK menyebut “kariernya hancur” pasca ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, sesungguhnya Kaligis pernah dalam posisi yang sama. Pada 1992, OCK pernah menjadi terdakwa terkait sengketa Hotel Chitra. Dalam perkara ini, OCK beserta anak buahnya dituduh telah memukul petugas hotel, merusak kunci kamar dan mengobrak-abrak lemari file.

Agan-Aganwati tahu gak dia pernah dinilai melanggar kode etik profesi advokat, pernah berseteru juga dengan KPK, bahkan pernah mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan KPK. Selengkapnya silakan cekidot di sini, Gan:
Lika-Liku Karier OC Kaligis di Dunia Hukum


2. OCK Versus KPK
Spoiler for OCK vs. KPK:

Merangkum jejak OC Kaligis beracara di pengadilan tipikor, ternyata doi cukup sering jadi pembela tersangka KPK sebelum dirinya sendiri yang dinyatakan sebagai tersangka KPK, gan!

1. Muhammad Nazaruddin
OCK dan tim sempat mendampingi Muhammad Nazaruddin dalam perkara tindak pidana korupsi proyek pembangunan wisma atlet yang terletak di daerah Hambalang, Sentul, Jawa Barat. Ia mendampingi Nazaruddin sejak awal hingga mantan Bendahara Partai Demokrat itu ditangkap di Kolombia.

2. Anggodo Widjojo
Dalam perkara ini, OCK mendampingi Anggodo Widjojo tidak sendirian. Dalam formasi tim penasihat hukum terdapat nama kakak beradik, Bonaran dan Tomson Situmeang. Anggodo didakwa oleh tim penuntut umum KPK melakukan tindakan menghalangi penyidikan tindak pidana korupsi dan berupaya menggagalkan proses hukum terhadap sang kakak, Anggoro Widjojo. Yang ramai dari kasus ini, OCK pernah walk out dari sidang, gan!

3. Adner Sirait dan DL Sitorus
Untuk perkara ini, OCK mendamping pengusaha DL Sitorus dan sang pengacara, Adner Sirait. Keduanya didakwa menyuap hakim Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara DKI Jakarta.

4. Artalyta Suryani
Perkara ini menyita perhatian publik karena selain pengusaha Artalyta Suryani alias Ayin, seorang jaksa bernama Urip Tri Gunawan juga dianggap terlibat. Selain itu, perkara ini juga terkait dengan salah satu buronan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia, Sjamsul Nursalim.

5. Aulia Pohan
OCK dipercaya menjadi penasihat hukum mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aulia Pohan. Besan dari Presiden RI saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono, didakwa melakukan korupsi terkait dana Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia.

6. Agus Supriadi (Mantan Bupati Garut)

7. Hendy Boedoro (Mantan Bupati Kendal)

Sumber: Ini Rekam Jejak Perkara OC Kaligis vs KPK


3. Sosok Tenar Yang Pernah Bekerja di Kantor OCK
Spoiler for Tokoh di Kantor OCK:

Karier Otto Cornelis Kaligis (OCK) sebagai advokat mungkin sedang terancam pasca berstatus tersangka dan ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, “jasanya” bagi sebagian orang tentu tak bisa dilupakan, terutama bagi mereka yang pernah merajut karier hukum di Kantor Hukum OC Kaligis & Associates.

Berkarier di dunia advokat selama 50 tahun, OCK telah mendidik banyak lulusan sarjana hukum yang bercita-cita menjadi pengacara seperti dirinya. Setidaknya melalui kantor Otto C Kaligis & Associates yang ia dirikan sejak tahun 1977 tersebut, banyak nama yang kini menjadi pesohor di negeri ini.

Berikut nama-nama mereka:

1. Amir Syamsuddin
Jauh sebelum terpilih sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Kabinet Indonesia Bersatu jilid II, Amir Syamsuddin yang berlatar belakang profesi pengacara memulai kariernya dengan menjadi staf magang di kantor OCK pada tahun 1979. Sambil menjalankan studi di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Amir banyak menimba ilmu dari senior-seniornya saat menjalani masa magang di kantor tersebut.

2. Hamdan Zoelva
Pria yang pernah menjadi orang nomor satu di Mahkamah Konstitusi ini banyak mendapat sorotan media khususnya saat memeriksa dan mengadili sengketa Pilpres tahun lalu. Ternyata, ia pun adalah mantan “murid” OCK.
Hamdan bekerja di kantor OCK sejak tahun 1987 sampai 1990. Itu lah tempat pertamanya berpraktik selepas mendapat gelar sarjana hukum dari Universitas Hasanuddin, Makassar. Di sana, ia khusus menangani bidang-bidang non litigasi, pembuatan kontrak dan perjanjian-perjanjian dagang, juga perburuhan.

3. Prof. Hikmahanto Juwana
Guru Besar Hukum Internasional FHUI ini ternyata juga merupakan satu dari sekian banyak orang yang pernah bekerja di kantor milik OCK. Hikmahanto bercerita meski sudah mantap ingin menjadi dosen ia tetap merasa perlu mencicipi praktik hukum. Saat itu lah ia memutuskan untuk magang di kantor OCK.
Sekitar setahun bekerja di kantor pengacara, Hikmahanto mulai merasa litigasi bukanlah jalan hidupnya. Bahkan, OCK menilai ia tak cocok jadi litigator.

4. Palmer Situmorang
Palmer Situmorang merupakan pengacara pribadi dan keluarga mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dalam buku Terminal Hukum O. C. Kaligis yang ditulis oleh OCK, nama Palmer masuk dalam daftar nama lawyer yang pernah bekerja di kantor OCK. Namun, tak ada keterangan lebih lanjut mengenai masa kerja dan pengalamannya bersama OCK.

5. Denny Kailimang
Advokat senior yang juga merupakan salah satu orang yang membidani berdirinya Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) ini adalah rekan langsung OCK di kantor yang didirikan OCK.
Denny mengenal O.C. Kaligis di Bandung pada 1970 dan bertemu di Jakarta pada 1975 di kantor almarhum Rusdi Nurima. Pertemuan tersebut berlanjut pada 1977 saya bergabung dengan OCK.

6. Hotman Paris Hutapea
Memang tak jarang terdengar perseteruan antara Hotman Paris dan OCK di sejumlah forum, meski begitu nyatanya Hotman juga pernah menjadi bagian dari kantor OCK. Begitu lulus Hotman pernah merasakan beberapa bulan bekerja di kantor tersebut. Di kantor OCK lah Hotman merasakan pengalaman pertamanya beracara di pengadilan.

7. Elza Syarief
Berpindah dari kantor pengacara milik Palmer Situmorang, Elza Syarief sempat berkarier sebagai Direktur Pidana di kantor OCK mulai 1988 sebelum akhirnya memutuskan untuk membuka kantor sendiri pada tahun 1991.
Ironisnya, akibat perseteruan dengan Elza Syarief pula yang akhirnya membuat OC Kaligis diskorsing oleh Dewan Kehormatan PERADI selama 12 bulan.

8. Juniver Girsang
Juniver Girsang tercatat pernah bekerja di kantor OCK pada 1987-1990. Tak banyak kisah soal pengalaman Ketua Umum DPN PERADI ini di kantor OCK. Namun, bersama rekannya dari kantor OCK, Hamdan Zoelva, Juniver pernah mendirikan law firm bersama-sama, yaitu Law Firm SPJH (Sri Haryanti Akadijati, Poltak Hutajulu, Juniver Girsang, Hamdan Zoelva, dan Januardi S. Hariwibowo).

Cerita selengkapnya:
Nama-Nama Tenar di Bidang Hukum Ini Pernah Bekerja di Kantor OCK


4. OCK Sebagai Tersangka Penyuapan Hakim PTUN Medan
Spoiler for OCK Tersangka Penyuapan:

Mengaku ‘Diculik’ KPK dan Menuding Anak Buah sebagai Dalang

Senin 31 Agustus 2015 mungkin jadi hari yang nggak menyenangkan bagi OC Kaligis. Maklum gan, pengacara senior yang biasanya membela klien di persidangan, ternyata harus mencicipi duduk di kursi pesakitan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

Pada hari itu, jaksa penuntut umum KPK membacakan dakwaan kepada OC Kaligis. Intinya sih menceritakan kronologis dan peran OC Kaligis dalam menyuap hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan. Termasuk juga darimana uang suap itu diperoleh OC Kaligis, yaitu dari gubernur non aktif Gatot dan istri mudanya, Evy.

Usai pembacaan surat dakwaan, mantan pengacara Soeharto itu langsung mengajukan tangkisan atau eksepsi gan. Isinya membantah dakwaan jaksa. Bahkan Kaligis menuding bahwa Gary, anak buahnya, sebagai dalang utama kasus ini.

Bagaimana kelanjutan kasus OCK ini? Pantau terus beritanya di hukumonline.com gan.

Sumber:
http://www.hukumonline.com/berita/ba...kim-ptun-medan


5. Tim Pembela OCK
Spoiler for Pembela OCK:

Ketika OCK ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, seketika itu juga lusinan pengacara "berebut" menjadi pembelanya. Tak kurang dari 50 nama tercatat menjadi pembela OCK karena kasusnya ini. Beberapa nama tenar yang menjadi pembela OCK antara lain:

1. Amir Syamsuddin.
Kiprah terakhir Amir adalah Menteri Hukum dan HAM periode 2011-2014. Sebelum menjadi menteri, Amir malang melintang puluhan tahun menjadi advokat. Sepanjang karier advokatnya, Amir pernah menangani beberapa kasus besar dan menarik perhatian publik seperti kasus Zarima ‘Ratu Ekstasi’, kasus Akbar Tandjung, kasus Beddu Amang, kasus Tempo, dan beberapa kasus lainnya.

2. Humphrey Djemat.
Advokat senior dari Asosiasi Advokat Indonesia ini juga sudah malang melintang di dunia advokat. Chairman Gani Djemat and Partners ini adalah seorang arbiter pada Badan Arbitrase Nasional Indonesia dan Mediator Bersertifikat dan Direktur Eksekutif Jakarta Internasional Mediation Centre (JIMC). Dalam rekam jejak karier advokat, Humphrey memiliki perhatian khusus terhadap nasib Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Humphrey tercatat beberapa kali menjadi penasihat hukum TKI yang tersangkut kasus masalah hukum di negeri orang. Humphrey bahkan sempat dipercaya menjadi Juru Bicara Satgas Khusus Penanganan dan Perlindungan Kasus WNI/TKI di Luar Negeri.

3. Denny Kailimang.
Alumnus Fakultas Hukum Universitas Parahyangan ini menggeluti profesi advokat sejak 1978. Sepanjang kariernya, beberapa kasus besar yang pernah ditangani Denny antara lain kasus mantan Presiden Soeharto, kasus Bulog Gate, kasus AM Fatwa, dan kasus mantan Ketua KPK Antasari Azhar. Ikut membidani lahirnya Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), Denny terakhir dipercaya menjabat Ketua Komisi Pengawas Advokat PERADI. Denny juga sempat menjadi Ketua Umum DPP AAI periode 2000-2005.

4. Juniver Girsang.
Founding Partner Juniver Girsang and Partners ini menggeluti dunia advokat sejak 1987. Saat ini, Juniver adalah Ketua Umum DPN PERADI 2015-2020. Sebagai catatan, PERADI saat ini terbelah menjadi tiga kubu yakni kubu Juniver, kubu Fauzie Yusuf Hasibuan, dan kubu caretaker yang digawangi Luhut MP Pangaribuan. Sepanjang kariernya, Juniver kerap berpraktik di Pengadilan Tipikor mendampingi para terdakwa kasus tindak pidana korupsi. Beberapa kasus yang pernah ditangani Juniver antara lain kasus simulator SIM Djoko Susilo, kasus eks Direktur Utama Merpati Hotasi Nababan, dan kasus politisi PDIP Panda Nababan.

Selengkapnya, cek di sini gan:
Adnan Buyung Hingga eks Menkumham, Masuk Tim Pembela OC Kaligis


Itu dia sebagian cerita tentang OCK, si pengacara senior nan kontroversial. Kalau agan-aganwati di sini punya cerita menarik lain soal OCK, sila dibagikan di mari ya.

(hot)
waahhhhhhh om oc kaligis
karir nya cemerlang juga dipengacara
wah pernah membela tersangka2 suap dan korupsi negara neh pengacara
pengacara kondang skr jadi tersangka

sayang banget karirnya
Pengacara yg punya anak bening jadi tersangka
Dah tuwir ga pening apa ngurus permasalahan orang terus
dosen S2 ane nih, sejak dia ditahan pak OCK gak pernah ke kampus lagi
Semoga kasusnya cepet selesai gan
peribahasa besi menajamkan besi, manusia menajamkan manusia. di artikan secara a contrario menjadi, hukum dirusak oleh orang hukum sendiri. sedih.

btw, rekan TS apakah tahu perihal berita ini? berita tentang istri muda OC Kaligis
apakah berita tsb bisa di pertanggungjawabkan? maksudnya secara rekam jejak apakah benar, tanpa bermaksud menghakimi beristri banyak salah atau benar.
Quote:Original Posted By just.jo
peribahasa besi menajamkan besi, manusia menajamkan manusia. di artikan secara a contrario menjadi, hukum dirusak oleh orang hukum sendiri. sedih.

btw, rekan TS apakah tahu perihal berita ini? berita tentang istri muda OC Kaligis
apakah berita tsb bisa di pertanggungjawabkan? maksudnya secara rekam jejak apakah benar, tanpa bermaksud menghakimi beristri banyak salah atau benar.



iya gan..ane jg denger2 dr media katanya om OC istrinya banyak
Quote:Original Posted By just.jo
peribahasa besi menajamkan besi, manusia menajamkan manusia. di artikan secara a contrario menjadi, hukum dirusak oleh orang hukum sendiri. sedih.

btw, rekan TS apakah tahu perihal berita ini? berita tentang istri muda OC Kaligis
apakah berita tsb bisa di pertanggungjawabkan? maksudnya secara rekam jejak apakah benar, tanpa bermaksud menghakimi beristri banyak salah atau benar.


Pribahasanya keren, matkul filsafat hukum ya?
Quote:Original Posted By zers


Pribahasanya keren, matkul filsafat hukum ya?


nda.. cuma efek kebanyakan nonton tv one jadi gn gan..

Belum inkracht jadi belum bisa bilang OCK hancur dan semoga menghasilkan putusan yang berkeadilan
Judulnya ga cocok tuh kampret, orang mah pada penasaran sama tyas mirasih, ariel tatum. Masa penasaran sama aki aki
lucu yaaa.... "guru" pun dijatuhkan...
Pengacara yang tersangka, kapan engkau akan didakwa
Orang hukum bermain melawan hukum, akhirnya dihukum
wah trid ini jauh dari lengkap tanpa data dari : istri istrinya
Bodo amat semenjak kasus dia bela ariel ama luna gw udah gak respect lagi sama gaek beruban ini
keren ternyata
great power comes great responsibility
Yg ane tau anaknya cantek
Via: Kaskus.co.id


Demikianlah Artikel Penasaran Dengan OC Kaligis? Cek di sini Gan!

Sekianlah artikel Penasaran Dengan OC Kaligis? Cek di sini Gan! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Penasaran Dengan OC Kaligis? Cek di sini Gan! dengan alamat link http://gakbosan.blogspot.com/2015/09/penasaran-dengan-oc-kaligis-cek-di-sini.html

0 Response to "Penasaran Dengan OC Kaligis? Cek di sini Gan!"

Post a Comment

cari artikel disini