Kenapa bahasa di Dunia beragam? Ga 1 aja? *Dinjelaskan dengan Animasi*

Kenapa bahasa di Dunia beragam? Ga 1 aja? *Dinjelaskan dengan Animasi* - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kenapa bahasa di Dunia beragam? Ga 1 aja? *Dinjelaskan dengan Animasi*, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel The Lounge, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kenapa bahasa di Dunia beragam? Ga 1 aja? *Dinjelaskan dengan Animasi*
link : Kenapa bahasa di Dunia beragam? Ga 1 aja? *Dinjelaskan dengan Animasi*

Baca juga


Kenapa bahasa di Dunia beragam? Ga 1 aja? *Dinjelaskan dengan Animasi*




Kenapa bahasa di Dunia beragam? Ga 1 aja?


bingung ya, bahasa di dunia kok banyak banget gan gausah jauh-jauh gan. bahasa daerah aja ada banyak juga. Tapi asal mulanya gimana ya gan bisa terbentuk bahasa? kok jadi makin bingung? apa ini cuma akal-akalan pengusaha untuk buka les bahasa asing gan?
Nah, daripada agan bingung, yuk disimak tritnya




Quote:
Cekidot versi animasinya gan (lebih ngerti) :





Quote:
Berapa banyak bahasa di dunia gan?


banyak banget gan! kira-kira ada 7000 bahasa di dunia ini Mulai dari mandarin yang merupakan bahasa yang paling banyak digunakan, disusul oleh bahasa spanyol, dan Inggris.




Tapi, asal-usul bahasa darimana ya gan? Dan kenapa bahasa bisa beraneka ragam? Nyatanya memang banyak yang penasaran tentang asal muasal bahasa di dunia ini Kenapa bakso kita disebutnya bakso? Dan kenapa apel namanya apel? Dan kenapa seluruh hal di dunia ini bernama sesuai nama mereka?






Quote:
Ternyata udah dari jaman dahulu kala gan!


Menurut Om Noam Chomsky, bahasa muncul pada 60,000 hingga 100,000 tahun lalu di Afrika.


Sebelum itu, kita sebagai manusia hanya mampu berkomunikasi sebatasnya, yaitu melalui mulut kita dan gestur tubuh kita kemudian, otak kita berevolusi, sehingga lama kelamaan, kita dapat memahami hal yang lebih kompleks atau hal yang lebih ribet Kita mulai menamai,benda, makanan hingga situasi bahaya, menjadi suatu sebutan-sebutan yang lebih simpel.










Quote:
Nah, kok bisa jadi 1 kalimat gan?


nah gini gan, kita perlahan mulai dapat memikirkan dua benda dalam satu konstruksi. Seperti misalnya benda, Apel, dan Pohon. Yang kemudian dikombinasikan menjadi satu konstruksi yaitu, pohon apel Kombinasi kata-kata tersebut lah yang kemudian berkembang menjadi struktur, yang kemudian menjadi cikal bakal dari bahasa






Quote:
yang kepo bukan cuma kita gan


Ternyata ke-kepo-an kita tentang bahasa, sudah dimulai sejak dari jaman Raja Mesir Kuno,Psammetichus (bacanya sametikus) dengan teganya memerintahkan dua orang bayi untuk dikurung dalam dua kandang yang berbeda



Setelah dua tahun, kedua bayi anehnya mulai mengucapkan satu kata yang sama, yaitu “bekos”. Bukan, bekos itu artinya bukan kos-kosan (apalagi plesetan dari kata "Bego" gan)
itu adalah bahasa Phyrgian yang artinya adalah, roti. Alhasil, dari eksperimen itu mereka berkesimpulan bahasa Phyrgian, adalah asal muasal dari semua bahasa di dunia ini, karena dapat diucapkan oleh seorang bayi tanpa diajarin gan









Quote:
wah keren asal muasalnya gan, tapi kok bisa beda-beda ya?


Gini gan, Singkatnya, adalah karena isolasi. Bukan, bukan isolasi buat nempel poster melainkan isolasi kebudayaan. Pendeknya, nenek moyang kita bermigrasi ke seluruh dunia untuk mencari sumber makanan. Kemudian, nenek moyang kita terpisah satu sama lain dan membentuk bahasa baru yang disesuaikan dengan kondisi alam, makanan, dan makhluk hidup lain yang tinggal di sekitarnya. Isolasi ini lah yang menyebabkan, kenapa di tiap tempat, memiliki bahasa yang berbeda.



Apalagi di Indonesia, yang geografisnya kepulauan, sehingga orang makin terisolasi, menyebabkan makin uniknya bahasa yang ada.






Quote:
kok ada bahasa yang mirip-mirip ya gan?


begini gan. sekelompok nenek moyang kita bertemu dengan sekelompok nenek moyang lainnya. Bahasa mereka membaur dan menciptakan bahasa baru, yang teknisnya disebut sebagai “super-language”




Itu sebabnya kenapa faktor jarak, juga mempengaruhi bahasa yang ada. Seperti misalnya negara yang berdekatan, seringkali memiliki kata-kata yang mirip, karena mereka saling membaur. nah, jadi udah jelas gan kenapa bahasa spanyol dengan mandarin, yang ngga ada mirip-miripnya












Akhirnya kejawab gan!

kejawab sudah pertanyaan kita kenapa bahasa bisa begitu beragam. Tapi hal ini juga masih diperdebatkan lho gan. jadi selamat mengambil les bahasa asing untuk menambah pengetahuan dan tetaplah cinta bahasa pemersatu kita bersama, yakni Bahasa Indonesia



Jangan lupa cendolnya ya gan



Sumber




youtube.com/c/kokbisa
bit.ly/kokbisa
kokbisachannel
@kokbisachannel
instagram.com/kokbisa





Quote:Original Posted By youknowmyname
Nah banyak bahasa di Amerika yang ilang gan karena penjajahan dulu Padahal antara Indian amerika dan yang lain beda2 bahasanya..

berdasarkan sumber yang pernah ane baca, negara yang punya variasi bahasa terbanyak adalah papua new guinea, nomer duanya Indonesia


Quote:Original Posted By kamujahat21
Bahasa kalbu , bahasa palinhg miris didunia
Hati ane kok kemarau banget ye


Quote:Original Posted By darkrevenant
Nice share gan. Dulu jaman lama mungkin kita kalo komunikasi mirip dengan hewan, menggunakan suara ga jelas dan gestur tubuh, tetapi setelah itu karena kita manusia, kita punya otak, belajar untuk berkomunikasi satu sama lain gan


Quote:Original Posted By inob
kalo di cerita lain berkaitan dengan menara babel
.dahulu itu manusia mempunyai satu bahasa,....dan karena kecongkakannya manusia membangun menara babel yang sangat tinggi dan megah konon nyaris menyentuh langit (emang bisa disentuh??) dengan tujuan superiornya dan seakan akan menantang Tuhan.
dan Tuhanpun murka dihancurkanlah menara tersebut sampe berkeping keping,....dan karena runtuhannya itu manusia manusia panik dan saking kalutnya lahirlah berbagai bahasa waktu itu
cerita aselinya bisa di cari di gugel gan
referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Menara_Babel
https://en.wikipedia.org/wiki/Tower_of_Babel ( versi inggrisnya)


Quote:Original Posted By makanagin


Agak absurd n weird juga hipotesisnya Psammetichus.
Manusia orok ga AKAN BISA bicara satu kata pun kalo ia belum pernah denger 1 kata apapun. Apalagi 2 bayi itu dikurung dan cuma seorang penggembala yg ngurus mereka.
Selama mereka dikurung di bawah pengawasan gembala inilah pasti ada saat-saat 2 bayi ini pernah dengar kata Bekos.
Kemungkinan mereka denger percakapan si gembala ini dengan orang lain. Makanya si anak bisa ngomong kata Bekos. Dari sini mereka denger sbuah kosakata baru n pertama bagi mereka.
https://en.wikipedia.org/wiki/Psamtik_I

Logika aja, ente sendiri ga mungkin kan bisa tahu sesuatu tanpa mendengar/melihat "benda" itu??

Pernah ada, kok kasus di Indonesia tentang orang tua/wali yg mengurung/mengikat anaknya di kandang atau bahkan ditaro di hutan. Pas ane liat liputannya di TV, ternyata anak itu bener2 ilang sifat manusianya. Jadi kayak hewan/monyet yg cuma bisa menlenguh "aaa ooo aa ooo" aja. Nih, bukti kalo manusia ga akan tahu hal baru tanpa melihat/mendegar referensi.

Ane yakin sejarahnya yg ditemukan masi belum lengkap n akan dikembangkan lagi. So, sementara dari cerita di atas menurut ane masi absurd banget.

--------------------------------

Lalu mengenai mengapa ada bahasa yg sama,
mnurut ane itu BUKAN karena nenek moyang 1 bertemu dengan nenek moyang lainnya, sehingga mereka menyatukan bahasa utk memudahkan komunikasi seperti yg agan TS jelaskan.

Kalo dari teori yg TS jelaskan, itu lebih tepat untuk abad 18-20. Alias ketika penjajahan.
Dimana bebrapa kata dari bahasa Belanda, Portugis, Jepang, dll. menjadi serapan utk bahasa Indonesia yg kita pakai sehari2 hingga sekarang.

Teori yg lebih KUAT adalah karena mereka bisa aja berasal dari 1 nenek moyang yg sama dengan 1 bahasa universal.
Terus muncul bahasa lain yg berbeda yaitu karena ketika ras itu udah banyak, maka bebrapa dari mereka merantau jauh/pindah daerah. Di tempat baru itu mereka mulai membentuk suku yg lebih kecil lagi daripada ras. Lama-kelamaan mereka membentuk bahasa sendiri, dengan catatan beberapa kata dari bahasa universal itu ada yg nggak berubah dan mereka pertahankan. Begitu menurut ane...

Dan hipotesis ane sendiri..
Sebenernya nggak ada yg namanya ras Melayu.
Adanya Mongoloid (China, Jepang, around) + Australoid (Papua, Papua Nugini, Oceania,around) = Melayu (Indo, Malay, around)

Makanya Melayu kulitnya coklat sawo matang, karena campuran kulit putih n hitam.

Kalo agan jelajah Indo-China (Tjg. Malaka - China selatan),
agan bisa ngeliat gradasi karakteristik ras campuran Mongol n Australoid itu.
Abu-abunya tentu di daerah Vietnam, Laos, sekitar..
Ane perhatiin cewek2 di sono punya kulit seperti mbak2 di Jawa, namun matanya sipit, dan breast-nya cenderung lebih gede. Tau sendiri kan kalo cewek2 China lebih banyak yg kecil n rata...

Spoiler for Makan Angin:




Quote:Original Posted By mochachip
bener gan, menurut ane juga faktor iklim, cuaca, geografis atau benda-benda di sekitar kita gan atau karena bingung mau nyebut benda itu apa, akhirnya dibuat persetujuan, ya udah ini kita namakan ini, tetapi ada yang ga setuju, akhirnya yang ga setuju bikin nama yang lain atau bahasa yang lain, kalo bisa komentar ane letakkan di thread agan donk


Quote:Original Posted By kendimjl
Klo yg di capcay bhsa apaan tu gan....puyeng ane bacanya..

Nice trit gan....


Quote:Original Posted By HasanudinHipHop
Masih bingung dan penasaran gan. Msh banyak pertanyaan dlm benak saya. Siapa sih yg memulai/menciptakan bahasa inggris, melayu, arab, cina, dll. Sedangkan manusia lahir dan bisa bicara karena adanya interaksi dan stimulasi suatu suara yg didengar sejak didalam kandungan hingga terlahir didunia dan sampelah manusia bisa berbicara. Karena banyak kasus, bayi yg terbuang dihutan tanpa ada interaksi dg manusia dan hanya berinteraksi dg hewan, dia besar dan berbicara bahasa hewan. Blm lagi kasus orang tuna rungu yg sejak lahir tdk bisa mendengarkan suara, sudah pasti mereka bisu karena tidak adanya stimulan suara dalam otak mereka. Jadi mengapa bahasa bisa tercipta dg beranekaragam dan diikutii oleh jutaan masyarakatnya?


Quote:Original Posted By aldirenaldy
kalo bahasa 4L@y gan? berasal dari mana tuh


Quote:Original Posted By WoHenShuai
harusnya kita punya penulisan secondary berbentuk symbol/gambar yang digunakan orang seluruh dunia , 1 gambar 1 arti seperti Hieroglyph nya orang mesir kuno atau hanzi/kanji nya orang china-jepang-korea namun yang lebih simple dan dapat diterima seluruh dunia.
jadi walaupun bahasa kita berbeda2 dan kita ga ngerti apa yang di omongin orang asing tapi kita tetap bisa berkomunikasi lewat tulisan/gambar tersebut.


Quote:Original Posted By ucilliano
bahasa yang paling susah di mengerti adalah bahasa mantan gan


Quote:Original Posted By 3rizky
Untung sudah ada bahasa. Yg bisa penyampaikan maksud dan tujuan dari percakapan.
Coba kalau belum ada yaaaaa
TS bikin trid sama komentatornya pake bahasa tubuh. Hahahahaaaa


ternyata bahasa di dunia banyak banget ya
kalo tulisan/huruf kenapa bisa beda-beda ya
Bagus deh kalau bisa kejawab gan. hehehhee
keren gan
Nah banyak bahasa di Amerika yang ilang gan karena penjajahan dulu Padahal antara Indian amerika dan yang lain beda2 bahasanya..

berdasarkan sumber yang pernah ane baca, negara yang punya variasi bahasa terbanyak adalah papua new guinea, nomer duanya Indonesia
pel pel hon hon
walaupun sangat singkat, yah lumayanlah bisa dimengerti
MEJENG DULU DI THREAD CALON HT


Sebagai orang indonesia kita seharusnya bisa berkata bahasa indonesia yang baik&benar
kasian gan bayi nya di jadiin eksperimen
Animasinya Keren Gan
pujaaaaa............nenek moyaaaang.........!!!!!!
keren abis animasina

Ane pengen les bahasa namec dimana yang buka ya gan?
Baru tau lebih banyak spanyol dari pada inggris

gitu ya gan, nice info dah, ane juga pensaran sih sempet bertanya2 kayak TS nya, ternyata begonoh
kalo bahasa alay apa itu juga dari nenek moyang gan
numpang menjeng di trit calon HT gan
numpang menjeng di trit calon HT gan

dopost
bahasa kalbu hanya aku dan tuhan yang tahu

ane kagum gan dari kalimat pel pel hon hon bisa berkembang menjadi kalimat yang berbeda-beda di setiap belahan dunia
pejwan dolop

edit:
hebat2 ya orang jaman baheula bisq nyiptain ragaman bahasa

btw pejwan ane gembok
Via: Kaskus.co.id


Demikianlah Artikel Kenapa bahasa di Dunia beragam? Ga 1 aja? *Dinjelaskan dengan Animasi*

Sekianlah artikel Kenapa bahasa di Dunia beragam? Ga 1 aja? *Dinjelaskan dengan Animasi* kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kenapa bahasa di Dunia beragam? Ga 1 aja? *Dinjelaskan dengan Animasi* dengan alamat link http://gakbosan.blogspot.com/2015/09/kenapa-bahasa-di-dunia-beragam-ga-1-aja.html

0 Response to "Kenapa bahasa di Dunia beragam? Ga 1 aja? *Dinjelaskan dengan Animasi*"

Post a Comment

cari artikel disini