Tips membuat video perjalanan & Liburan.

Tips membuat video perjalanan & Liburan. - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips membuat video perjalanan & Liburan., kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Domestik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips membuat video perjalanan & Liburan.
link : Tips membuat video perjalanan & Liburan.

Baca juga


Tips membuat video perjalanan & Liburan.

Artikel oleh Barry Kusuma (Travel Photographer)

Salah satu momen terindah dalam hidup ini ketika kita mengabadikan perjalanan, ada banyak cara untuk mengabadikan momen liburan atau perjalanan. sebagian besar orang mengabadikan dengan kamera dan video, dan hasil dari perjalanan tersebut diunggah ke media sosial. ada juga yang sangat senang dengan traveling, sehingga dia selalu rutin melakukan perjalanan dan menuangkannya kedalam bentuk tulisan dan foto. profesi ini banyak kita kenal sebagai travel writer atau travel blogger.


Video Wonderful Natuna, great collaboration Video by Giri Prasetyo, Barry Kusuma, Budi Supriyanto & Mike Sjukrie.

Membuat Video bagi sebagian besar orang adalah susah dan njelimet, gausah jauh jauh bagi sayapun membuat video awalnya juga sangat susah. karena ya video adalah gambar bergerak, berbeda dari foto yang gambar diam. namun membuat video perjalanan itu tidaklah susah, karena video ini berisi tentang perjalanan kita. isinya bebas mau keseruan perjalanan kita, atau mengexplore destinasi yang kita kunjungi, atau bermain timelapse atau stok video footage.

ternyata membuat video perjalanan itu mudah, ada beberapa tips dan trik untuk membuat video.

Quote:1. Buatlah konsep video.


Video Kepulauan Banyak di Aceh Singkil, Video by Barry Kusuma.
Sama dengan membuat fotografi travel yang baik, membuat video perjalanan pun kita sudah harus memikirkan bagaimana sih konsepnya. pengertian konsep disini, mau seperti apa video yang kita buat. karena ada banyak macam dan ragam video perjalanan, seperti dokumentasi perjalanan, keseruan bareng teman teman, liputan destinasi yang seperti di televisi - televisi program jalan jalan yang biasa kita tonton, atau video timelapse atau stok video footage tentang keindahan destinasi wisata yang kita kunjungi. kalau punya teman yang jago ngedit, kesemua unsur yang saya sebutkan diatas kalau digabung bakal seru dan akan lengkap bercerita.


Quote:2. Kamera Video yang digunakan.


Festival Danau Sentani Papua, Video by Barry Kusuma.
Saya banyak menerima masukan dari teman teman yang belajar video, kalau video kendala utama adalah di alat. sama seperti foto juga, membuat foto yang baik itu bisa menggunakan apa saja. bisa menggunakan smartphone, dslr, mirrorless atau large format. semua disesuaikan kebutuhan. karena video ini temanya adalah traveling, umumnya penyebaran video hanya untuk kebutuhan sosial media. paling besar kegunaan televisi, jadi pakai kamera poketpun atau dslr yang entry level sudah sangat cukup. apalagi sekarang action camera seperti gopro sudah sangat banyak, dan kebutuhan memakai gopro sudah sangat cukup untuk membuat video perjalanan yang berkualitas.


Quote:3. Membawa Tripod atau Gorillapod.


Video Desa Tradisional Tololela di Bajawa Flores, Video by Barry Kusuma.

Nah ini yang PR banget sebagai videografer, kemana mana harus membawa tripod. apakah tripod penting, jawabnya ya penting. karena video yang goyang itu tidak sedap dipandang mata, dan membuat susah pada saat kita mengedit video nanti. jujur saya sih jarang membawa tripod, karena bawaan saya saat traveling aja sekarang sudah cukup berat. lalu apa yang saya bawa, adalah gorillapod yang ringan dan kecil. kelemahannya gorilla pod ini adalah tidak stabil kalau dipakai untuk membuat timelapse, dan harus cari tatakan untuk menaruh alat ini.


Quote:4. Memory Card yang banyak, dan jangan takut mengambil banyak video.


Video Keindahan Dieng, Video by Barry Kusuma & Mowsky.
Kesalahan para videografer pemula, bahkan saya yang pada awal awal belajar video. adalah sayang dengan memory, karena semakin sering kita shoot gambar akan memenuhi hardisk, apalagi file video kan besar besar. pada saat sampai dirumah dan butuh mengedit video ternyata banyak stok footage video yang kurang, dan akhirnya video perjalanan kita menjadi kurang gregetnya. jangan takut untuk mengambil banyak scene video, karena semakin banyak pilihan untuk mengedit banyak.


Quote:5. Batere cadangan minimal 2.


Video alam & Budaya Cirebon, Video by Barry Kusuma, Randy & Mowsky.
Batere adalah kesalahan yang sebenarnya kecil tapi fatal juga, banyak videografer yang merasa cukup hanya mempunyai 1 batere kamera. karena ya itu untuk membeli batere cadangannya lumayan mahal, batere sangat penting. karena berbeda dengan foto, pembuatan video membutuhkan banyak batere dan energi konsumsi kamera yang cukup boros. punya batere cadangan minimal 1 itu sangat wajib, atau 2 batere cadangan lah biar aman.


Quote:6. Gunakan Software yang tepat.


Video Pagoda Lumbini, Pagoda termegah dan terbesar di Indonesia. Video by Barry Kusuma
ada banyak software dan aplikasi untuk mengedit video, susah dikatakan mana yang terbaik karena software untuk membuat dan mengedit video itu kembali ke masing masing orang. ada yang suka menggunakan aplikasi adobe premiere, atau imovie dari apple. atau software yang lainnya, software itu diciptakan untuk memudahkan para pengguna, jadi manfaatkan dan coba mana yang cocok. kalau saya lebih banyak menggunakan software Final Cut Pro, atau Adobe Premiere di windows. sekarang ini banyak kok aplikasi dan software2 yang sudah bagus.


Quote:7. Gunakan Teknologi.


Pesona Danau Sentani Papua, Video by Barry Kusuma.
Buatlah angle yang menarik, agar tercipta sudut pandang yang juga sangat berbeda dari lainnya. saat ini teknologi kamera video dan asesorisnya begitu memudahkan videografer untuk berkarya, seperti Reel atau Gimbal untuk menstabilkan video agar tidak goyang. saat ini juga banyak videografer memakai drone untuk kebutuhan pengambilan gambarnya yang bird eye dan berbeda. dahulu untuk mengambil aerial videografi kita harus menyewa helicopter yang harganya sangat mahal, tetapi sekarang dengan adanya teknologi drone. videografer bisa mengexplore angle dan sudut pandang yang tidak terbatas. gunakanlah secara maksimal kecanggihan teknologi, walaupun teknologi sudah canggih tetapi tetap. feel videografer sangat berpengaruh di pengambilan gambar, sama seperti fotografi. pernah dengar istilah "Man Behind the Gun" itu benar adanya.


Text dan Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network #IndonesiaOnly).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma
reserved for update...

Quote:Original Posted By 999999999
Jangan lupa bawa laptop, card reader (kalau di laptpy nya ga ada card readernya. Sekalian buat jaga" kalau kalau error), External HD (semakin gede semakin baik).

Tambahan lain paling kabel roll utk ngecas battery camera. Kadang di tempat umum colokan cuma 1 ngantri pula. Kalau kita bawa kabel rol kan enak

Tambahan lain, asisten lain buat jagain casan.

Yg lain lagi nih, model


Quote:Original Posted By lebah.ganteng
Ane biasanya bikin storyboard dulu sblm liburan jadi apa yg mau direkam dan difoto udah terencana...

Kalo ngedit untuk porsi ringan mending pake Pinnacle udh cukup, lain lg kalau porsi menengah ke atas lbh enak pake Premiere (kalo ane)



Quote:Original Posted By depokjauh
sama kaya yang saya bikin pas mudik kmaren :
nice share Gan!
Semoga semakin banyak muncul Vidiograper yg handal dalam menghasilkan karya yang berkualitas,baik untuk sekedar hoby maupun profesi
boleh diconba nihh
Info liburan nih gan http://fjb.m.kaskus.co.id##
Tips yang bagus bisa di coba nihh keren
tipsnya bagus ini
boleh dicoba buat next trip deh
Kereeeen gan! Prakrekin ahh, baru belajar pakai iMovie soalnya nih
mantep om tipsnya
lbh keren kl ada drone
Kalo punya duit gpp sih

Spoiler for "mantab":


Paket Olah-Raga DDR dan sebagainya:


Paket Vector dan sebagainya:


Paket Toko Online dan sebagainya:




Software Pertokoan Original:


Paket Unrated Movie 18+
gak punya alat pendukung nya utk mendokumentasikan momen liburan
nice sharing gann
ctrl d dlu deh.... mntp infox
terima kasih sarannya
nice share gan
gak punyaa drone gan
tapi bentuknya kok besar gitu ya sampe diletakin di koper,, but its cool..
Keren gan

Jadi pengen jalan-jalan
pake kamera hp tapi kamera hp ane gak banget gan, pengen go pro tp gak ada duit
Gelar tikar..

Harus wafer ya?
Via: Kaskus.co.id


Demikianlah Artikel Tips membuat video perjalanan & Liburan.

Sekianlah artikel Tips membuat video perjalanan & Liburan. kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips membuat video perjalanan & Liburan. dengan alamat link http://gakbosan.blogspot.com/2015/09/tips-membuat-video-perjalanan-liburan.html

0 Response to "Tips membuat video perjalanan & Liburan."

Post a Comment

cari artikel disini