Tahukah Anda, Berapakah Gaji Seorang Pilot di Indonesia?

Tahukah Anda, Berapakah Gaji Seorang Pilot di Indonesia? - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tahukah Anda, Berapakah Gaji Seorang Pilot di Indonesia?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Fakta, Artikel ilmu pengetahuan, Artikel Indonesia, Artikel maskapai penerbangan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tahukah Anda, Berapakah Gaji Seorang Pilot di Indonesia?
link : Tahukah Anda, Berapakah Gaji Seorang Pilot di Indonesia?

Baca juga


Tahukah Anda, Berapakah Gaji Seorang Pilot di Indonesia?

Tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya pilot. Suatu profesi yang bertugas mengemudikan pesawat terbang. Pilot memegang penuh kendali si burung besi mulai dari take off (berangkat) hingga landing (mendarat) kembali. Dalam mengemban tugasnya, seorang pilot dibantu oleh co-pilot di dalam ruangan khusus yang dikenal dengan sebutan kokpit pesawat atau flight deck.
Image source: aviatorflight.com
Dalam penerbangan komersial, pilot yang didampingi oleh co-pilot mengemudikan pesawat terbang mempunyai tanggung jawab besar dimana di dalamnya terdapat penumpang yang jumlahnya sangat banyak. Karena mengemban tanggung jawab yang besar itu maka tak salah bila pilot merupakan salah satu profesi dengan gaji tertinggi.

Dikutip dari laman sekolah-pilot.com, terdapat tiga faktor yang menentukan gaji seorang pilot, yaitu :

1. Maskapai Penerbangan
2. Total Jam Terbang
3. Masa Kerja dan Jabatan

Dilihat dari segi tingkatan, yang memegang jabatan pilot tertinggi disebut dengan "Captain". Gaji pun juga berbanding lurus dengan jabatannya dimana ia mendapatkan gaji tertinggi pada tingkatan pilot.
Image source: commons.wikimedia.org
Berikut perkiraan gaji pilot di Indonesia berdasarkan jabatannya :

1. First Officer (FO)
Jabatan ini merupakan jenjang karir pertama lulusan sekolah pilot di dunia penerbangan. Gaji yang didapatkan berkisar sekitar 15-20 juta per bulan. Bila FO mengambil lisensi ATPL & ME dan memenuhi jumlah jam terbang tertentu, ia bisa naik jabatan.

2. Co-Pilot
Mungkin bisa dikatakan jabatan co-pilot ini merupakan wakil dari captain. Ia bertugas mendampingi serta menggantikan captain bilamana tidak bisa melanjutkan penerbangan. Kisaran gaji jabatan co-pilot yaitu 30-40 juta.

3. Captain
Captain yang merupakan jabatan pilot tertinggi ini mempunyai tanggung jawab penuh terhadap segala sesuatu selama masa penerbangan. Gajinya yang didapatkan seperti pada beberapa maskapai berikut, yakni di Lion Air rata-rata 45 juta per bulan. Tidak jauh berbeda, Garuda Indonesia sebesar 47,7 juta per bulan. Begitupun dengan Sriwijaya Air, AirAsia, Citilink, dan maskapai penerbangan top lainnya.

Setelah lama menduduki jabatan captain dan semakin bertambah jam terbang serta pengalamannya, maka gajinya pun demikian. Gaji bisa semakin tinggi mencapai 70 juta per bulan.

Lebih lanjut, tentu tidaklah mudah untuk menjadi seorang pilot. Perlu menekuni pendidikan di sekolah penerbangan. Biaya sekolah pilot penerbangan cukup mahal yakni sekitar IDR 500 - 800 juta.


Demikianlah Artikel Tahukah Anda, Berapakah Gaji Seorang Pilot di Indonesia?

Sekianlah artikel Tahukah Anda, Berapakah Gaji Seorang Pilot di Indonesia? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tahukah Anda, Berapakah Gaji Seorang Pilot di Indonesia? dengan alamat link http://gakbosan.blogspot.com/2015/01/tahukah-anda-berapakah-gaji-seorang.html

0 Response to "Tahukah Anda, Berapakah Gaji Seorang Pilot di Indonesia?"

Post a Comment

cari artikel disini