Kurangi kecanduan smartphone dengan metode yang satu ini

Kurangi kecanduan smartphone dengan metode yang satu ini - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kurangi kecanduan smartphone dengan metode yang satu ini, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel The Lounge, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kurangi kecanduan smartphone dengan metode yang satu ini
link : Kurangi kecanduan smartphone dengan metode yang satu ini

Baca juga


Kurangi kecanduan smartphone dengan metode yang satu ini

Selamat datang para Agan - agan yang ganteng serta Aganwati - aganwati yang cantik

Spoiler for Greeting:

Kurangi kecanduan smartphone dengan metode yang satu ini


Mari nangkring di thread 'ngaco ane' gan ... sambil kita membahas solusi tentang masalah yang satu ini nih ... cekodot!
Spoiler for Problemnya nih Gan:

Kurangi kecanduan smartphone dengan metode yang satu ini

Spoiler for Permasalahan yang ane temukan sehari - hari:

Smartphone everywhere! Smartphone invasion! atau apalah istilahnya ane juga gak tau banyak tentang istilah - istilah seperti itu. Tapi yang pasti ane mulai merasakan sebuah 'serangan' yang lebih mengerikan dari serangan Alien atau semacamnya. Gimana gak 'ngeri' gan, ane mulai merasakan ketidaknyamanan akan perilaku masyarakat yang kecanduan smartphone (lebih tepatnya stupidphone buat ane).

Awalnya ane juga cuek sih Gan akan fenomena ini, ane anggap semua ini wajar - wajar aja sampai pada 2 atau 3 tahun belakangan ini ada 2 kejadian yang bikin ane 'mak jleb' karena ini terjadi di kalangan keluarga ane sendiri. To the point aja begini kejadiannya :

Spoiler for Kejadian 1 : Kejadian 'ngaco' di nikahan adik kandung ane:

Kejadian ini terjadi akhir tahun 2013 tepatnya bulan November 2013 di Bali, pada waktu itu adik kandung ane menikah dan semua keluarga dan kerabat dari ortu gue diundang ... bisa dibilang pestanya sangat meriah Gan. Ane yang dateng waktu itu juga menyempatkan diri untuk silaturahmi sambil kumpul - kumpul bareng sepupu - sepupu ane yang (dulunya) ane sering ajak 'ngaco' bareng. Awalnya ane ngerasa happy aja Gan, gak ada bayangan kalo ane bakal ngerasain kekecewaan yang bener - bener 'mak jleb' pada saat itu.

Ceritanya dimulai saat acara makan - makan sama keluarga, jadi semua keluarga dekat dari kedua ortu gue, gue ajak buat ngumpul di satu meja yang emang sengaja gue siapin buat mereka semua ... ya maklumlah gue pengen merasakan kebersamaan saat waktu masih kecil sampai sebelum lulus SMA sama mereka (pendek kata, pengen bernostalgila hehehe..) tapi apa yang terjadi saat mereka berkumpul? ilustrasinya kurang lebih kaya gini lah gan (hmmmmb sebenernya lebih parah sih menurut ane)
Spoiler for Ilustrasi:

Seketika ane jadi 'Mak Jleb' ... keluarga yang sedekat ini aja perilakunya bisa berubah, mereka lebih mementingkan stupidphone-nya ketimbang kualitas sosial dalam menjalin komunikasi. Ane cuma bisa bengong dan ngerasa gak nyangka aja sebegitu 'hebat'nya stupidphone sialan ini bisa mengubah rasa persaudaraan jadi mengarah ke sikap 'cuek' akan kondisi di sekitarnya. Sekilas ane kebayang masa - masa belasan tahun yang lalu saat kita semua belum mengenal yang namanya stupidphone. paling lux waktu itu kita pake legendary phone nokia 3310 ... itupun jarang dipake gara - gara pulsa mahal. Klo pulsa habis ya udah tinggal nongkrong aja, dan gak pernah ada istilah galau kehabisan pulsa jaman itu. Tapi saat ini begitu kuota habis serasa 'end of days'



Spoiler for Kejadian 2 :" Wihhhh belum genap setahun udah pinter main HP ya...":


Spoiler for Ilustrasi:

Kurangi kecanduan smartphone dengan metode yang satu ini

Kejadian ini terus terang baru - baru aja terjadi sekitar satu setengah bulan lalu dan masih 'fresh from the oven' ... (emang roti). kejadiannya itu dilakukan sama anak ane sendiri Gan ...
Ceritanya waktu itu hari sabtu dan ane pulang kantor lebih awal (sekitar jam 3 sore), sampai di rumah kira - kira jam setengah 4an sore lah Gan. Waktu itu ane kebagian 'tugas' buat ngajak anak ane jalan - jalan sambil nyuapin makan hehehehehe (ayah yang baik kan?). Waktu itu ane masih punya kebiasaan buruk yaitu suka bawa Tab ane kemana - mana. Tujuannya waktu itu sih biar ane gak loss target penjualan tapi ternyata tanpa ane sadari kebiasaan ane itu berpengaruh buruk sama anak ane yang waktu itu usianya belum genap 1 tahun.
Waktu itu selesai ane nyuapin anak ane makan ane kumpul - kumpul sama tetangga - tetangga ane yang kebetulan punya anak sebaya. Waktu kumpul - kumpul ini entah kenapa anak ane tiba - tiba rewel dan ane spontan aja ngasi Tab ane ke dia. Abis itu ane ngelanjutin ngobrol lagi sama tetangga ane dan tiba - tiba 'Mak Jleb' .... sebuah aplikasi android berisi lagu dan dongeng anak - anak tiba - tiba udah ke-play aja aja Gan.
Ane sontak kaget, Anak ane umurnya belum genap setaun waktu itu, dia belum mengenal angka, huruf dan pola (perasaan ane mulai gak enak disini) tapi kok bisa ni anak buka passkey? bisa tau shortcut aplikasi lagu anak - anak yang setiap hari dia dengerin? padahal ane gak pernah arahin anak ane untuk buka kaya begitu sama sekali. Tetangga ane malah muji anak ane kaya gini "Wihhhh belum genap setahun udah pinter main HP ya..." dalam hati ane "Pinter gigi lu.....". Disini ane merasakan kekhawatiran yang sangat terhadap 'invasi' si stupidphone / gadget ini. Ane sampai susah tidur beberapa hari ngebayangin kalo anak ane klo udah gede bakalan jadi 'gadget freak' atau apalah itu namanya. Beberapa hari kemudian istri ane juga cerita kalo HPnya juga sempet di buka sama Cherry (nama anak ane) padahal passwordnya pake pola. dalam hati ..." Edan !!! "
Sejenak ane terdiam, gak bisa ngomong apa - apa. dikepala ane udah kebayang kualitas sosial anak ane nantinya. Waktu itu pikiran ane udah kemana - mana ngebayangin mau jadi apa anak - anak Indonesia (termasuk anak ane didalamnya) kalau komunikasi sosialnya rendah? Apa solusi untuk (minimal) mengurangi efek 'invasi' stupidphone ini?


Yupppp ... berkaca dari dua kejadian tersebut serta mencoba mencari - cari referensi sebanyak - banyaknya tentang kecanduan smartphone ane mendapatkan banyak sekali 'pencerahan' terutama dari 2 artikel yang sangat berharga ini.... silahkan dibaca sendiri aja gan

Ane gak mau kecolongan lagi dan ane bertekad untuk membentuk kualitas diri melalui kualitas komunikasi sosial seperti di jaman ane dulu. Entah kenapa ane terpikir untuk membuat sesuatu yang sebenernya itu simple tapi seolah - olah terlupakan karena 'invasi' stupidphone tadi. Dalam pikiran ane, Manusia itu mahluk yang bisa 'survive' kok, apalagi cuma ngelawan benda mati. Betul gak Gan? Gladiator aja bisa survive waktu ngelawan singa, dimana notabenenya tenaga singa berpuluh kali lipat lebih besar dari tenaga manusia. Ini cuma kotak kecil seiprit, pake baterai lagi ... masa sih kita gak bisa 'control' penggunaanya? kita emang butuh komunikasi tapi bukan komunikasi yang 'lebay' kan?
Nah sebulan lalu ane putuskan untuk mengendalikan perilaku 'gadget freak' ane melalui metode pengendalian No Smartphone Time | No Smartphone Hour | No Smartphone Day ...
Metode simple yang ane terapkan selama 1 bulan ini dan really works buat ane.




Apa itu No Smartphone Time | No Smartphone Hour | No Smartphone Day ?
Spoiler for Penjelasan:

Spoiler for No Smartphone Time:

Kurangi kecanduan smartphone dengan metode yang satu ini
Pertama - tama ane mau jelasin dari rentang waktu yang paling pendek dulu yaitu No Smartphone Time, pendek kata asumsi ane kaya gini Gan. Dalam 1 hari ada 24 Jam, anggaplah Agan perlu waktu 6 - 8 jam sehari untuk tidur jadi sisa waktu agan ada sekitar 16 sampai 18 Jam. Dari 16 sampai 18 Jam Agan membutuhkan setidaknya 8 - 10 Jam untuk bekerja, jadi sisa waktu Agan sekarang ada sekitar 6 - 10 Jam untuk 'free' bayangkan apabila waktu yang Agan perlukan hanya 30 Menit setiap hari untuk meningkatkan kualitas komunikasi Agan dengan orang - orang disekitar Agan tanpa membawa Stupidphone. Gak usah jauh - jauh Gan, dari keluarga disekitar Agan aja dulu semisal orang tua, anak, istri atau mungkin pacar, gebetan atau siapa lah yang memang Agan anggap penting.
Awal ane menerapkan metode ini ane juga agak kesulitan karena yang pertama kali ane 'pegang' pasti si stupidphone ini entah itu liat order atau konsumen nanya - nanya bla bla bla. Tapi mulai sebulan lalu ane mulai praktek langsung tanpa mikir the stupid tab punya ane. Ane biasanya bangun sekitar Jam 5 Pagi sedangkan anak ane sekitar Jam setengah 6 atau Jam 6 Pagi. kalo dulu ane bangun pake alarm HP sekarang ane mengganti itu dengan jam weker konvensional yang ada 'bel ring tinjunya'... yupppp kaya jaman kita gak kenal HP sialan Gan
Hari itu ane melakukan aktifitas pagi yang sangat jarang ane lakukan sebelumnya yaitu masak air panas buat stock di termos sama streching alias olahraga ringan sekedar melemaskan otot - otot sama syaraf yang rada - rada 'beku'. Pas anak ane bangun ane lebih milih untuk ngajak anak ane buat jalan keliling - keliling lingkungan di deket rumah tanpa membawa HP. Ane baru menyadari betapa indahnya pemandangan pedesaan deket rumah ane. waktu itu, dalam hati ane cuma bisa ngedumel 'Ternyata selama ini gue goblok banget, impian gue untuk tinggal di lingkungan yang masih 'ndeso' dan udaranya masih fresh gak pernah gue syukuri. seakan - akan gue nggak ngeh kalo impian itu udah terwujud' ... (sebegitu parahnya ane Gan )
Beberapa hari ane melakukan ini mulai terlihat hasil yang bikin ane bisa sedikit tersenyum, karena anak ane yang selama kurang lebih setaun ini kurang bisa merasakan 'keberadaan' ane sekarang mulai semakin dekat dengan ane.
Tapi ane juga gak melakukan kegiatan yang monoton kaya gitu terus setiap harinya Gan, Terkadang ane manfaatkan waktu untuk kumpul pagi sekedar ngeteh atau ngopi bareng sama bini sambil main bareng sama anak ane. Yaaaa dari jam 6 pagi sampai Jam 8 pagi terasa lah 'Quality Time' - nya.
Tapi dicoba aja meluangkan waktu 30 Menit per Hari Gan. Buat ngeteh, ngobrol atau gosip - gosip kayanya cukup tuh, Kalo bisa maksimalkan waktu lah sampai 1 Jam atau lebih.

Remember! 30 Minutes Quality Time with Your Familiy without Stupidphone


Spoiler for No Smartphone Hour:

Kurangi kecanduan smartphone dengan metode yang satu ini
Sebenarnya (cerita) yang ane jelaskan di No Smartphone Time lebih mengarah ke No Smartphone Hour karena di hari pertama pun ane udah melakukan aktifitas di rumah tanpa HP lebih dari satu jam, konsepnya hampir sama Gan kaya diatas tapi untuk yang satu ini rentang waktunya kalau bisa dibuat berjam - jam dari 6 - 10 Jam waktu free setiap hari, paling enggak ada 1 - 3 Jam waktu kita dihabiskan untuk memulai komunikasi secara verbal. Contoh aja nih, menurut Agan, lebih enak COD atau Transaksi Online (yang tanpa rekber tapi... ) ? Pasti rata - rata Agan akan condong ke COD, ketemuan dimana gitu atau ke toko yang berjualan langsung ... ada plus ada minus-nya sih COD itu cuma pernah gak Agan kepikiran sesuatu 'seribet' COD memberikan kepuasan tersendiri dalam batin? Barang bisa dilihat, di test ditempat dan bisa tawar - tawaran sama penjualnya. Prinsipnya sama dengan COD, coba agan bayangkan kalo Agan lagi nongkrong sambil ngobrol - ngobrol asyik sama temen - temen Agan, Rasanya pasti akan beda kalo ngumpulnya di Grup BBM, WA, Line atau apalah masih banyak lagi dan yang pasti banyak moment - moment yang gak akan agan lupakan saat ngumpul bareng tanpa harus liat HP atau sejenisnya. Coba deh Agan perhatiin anak muda jaman sekarang, kalo interaksi lewat sosmed kaya akrab banget, tapi begitu ketemuan bisa diem berjam -jam kaya patung. Apa itu namanya komunikasi yang berkualitas?

Menurut ane pribadi, dalam 24 Jam, ada jam - jam tertentu dimana ane bisa maksimalkan waktu komunikasi ane dengan orang - orang disekitar ane. Senin - Jum'at ane umumnya pulang jam 7 malam, plus perjalanan kira - kira sampai di rumah jam setengah 8 malam. masih ada waktu sekitar satu setengah jam ke depan untuk ngabisin waktu sama anak dan selebihnya ane pake ngobrol - ngobrol sama istri kalau di total per hari ada sekitar 3 - 4 jam yang ane luangkan untuk anak - bini (pagi sekitar 2 jam + malam sekitar 2 jam). Bagaimana dengan Agan sekalian? Apa waktu Agan masih kurang atau sudah cukup?


Remember! 1 - 3 Hours Quality Time with Your Familiy without Stupidphone


Spoiler for No Smartphone Day:

Kurangi kecanduan smartphone dengan metode yang satu ini
Mustahil? Gak juga ... buktinya ane bisa menerapkan sistem ini ane juga sempet komeng di thread beberapa menit lalu ini buktinya
Spoiler for Bukti Komeng:

Quote:Original Posted By z3tri
sabtu jam 12 teng sampe ketemu minggu jam 12 siang ane nerapin one day with no internet,

hahah ane baru berani tahap segitu gan, masalah nya ane musti keep report pekerjaa setiap saat, dan ane pikir, okeh lah ambilnopsi gitu, toh nomor yg bisa dihibungi masih aktiv

untuk hp pribadi apalagi, sehari, dua hari ane mah biasa ninggalin hp, nah kalo hp kerjaan kalo bisa sih naek selevel "one day with no cellphone"

eñak banget kayak nya dah


Kalo one day without cellphone ane terapin di setiap hari minggu Gan... serius, ane gak bakal terima telpon, sms, BBM, WA, Line dan social media lainnya 1 hari itu
Untungnya keluarga ane yang lain pake aplikasi BBM sama WA dan beberapa jenis sosmed lainnya Gan, jadi ane sering tulis di status sosmed satu hari sebelum hari minggu yaitu 'Tommorow, No Smartphone Day. Bagi yang berkepentingan silahkan hubungi gue di hari senin' .... yaaaa mau gak mau harus tegas sih Gan ... Apalagi peraturan ini kan yang buat ane, jadi harus disiplin dari diri sendiri dulu
Telp rumah tetep stand - by buat jaga - jaga siapa tau ada yang sangat penting terutama dari keluarga, tapi klo gak penting - penting amat biasanya gak bakal ada yang nelpon ke rumah sih Gan hehehehehehe..




Terkadang hal seperti ini datang dari diri pribadi, pertanyaannya Apa yang akan Agan lakukan untuk memaksimalkan waktu Agan dengan orang tersayang? setiap keputusan pasti ada resikonya Gan dan itu yang menjadi keputusan terberat melakukan metode No Smartphone Day... Ane gak jarang loss order, dimaki - maki karena slow respons bla bla bla ... Cuma ane punya prinsip yang gak bisa diganggu gugat 'Persetan dengan kesenangan orang lain kalo keluarga sendiri (anak ~ dalam perspektif ane) gak menyadari 'keberadaan' kita, Persetan dengan semua kesenangan materi kalo gak bisa bahagiakan orang - orang tersayang' ... itu prinsip 'sadis' yang ane terapin buat diri ane sendiri. mau gak mau, suka gak suka apapun resikonya ane harus hadapi meski keesokan harinya ane harus dimaki - maki. Tapi paling enggak buat ane bisa ngelihat orang tersayang didekat ane bisa bahagia dan tersenyum akan 'keberadaan' ane disamping mereka. Ane cuma mau saranin semisal dalam satu hari nih Agan sekalian gak sibuk atau gak berutinitas seperti hari - hari biasanya lebih baik jangan tidur (kecuali kalo Agan - agan yang Jones silahkan hehehehehehe....) sempatkanlah buat malas - malasan sama keluarga atau mungkin refreshing ke tempat - tempat umum seperti Taman Kota atau sejenisnya yang bisa menjadi sarana rekreasi dan membuka 'celah' komunikasi antar anggota keluarga atau mungkin sesama temen nongkrong. tapi tetep tanpa smartphone ya....

Kenapa harus 1 Hari Gan?
Ane terinspirasi dari saudara - saudara kita di Agama Hindu, Di Agama Hindu ada perayaan hari raya nyepi, dirayakan setahun sekali dimana ada 4 peraturan wajib yang gak boleh dilanggar. peraturan itu adalah Tidak menyalakan api atau sebangsanya yang menimbulkan cahaya (Amati Geni), Tidak berkegiatan seperti pada umumnya / bekerja (Amati Karya), Tidak menghibur diri dan berpesta - pesta (Amati Lelanguan) dan Tidak bepergian (Amati Lelungan) .... Nahhhhhh bermain smartphone, gadget dan sejenisnya juga di larang loh Gan ... karena tujuannya menghibur diri (coba browsing deh di sumur - sumur terpercaya Gan untuk lebih detailnya)
Saudara - saudara kita di Hindu aja bisa tuh melakukan itu selama 24 Jam masa kita enggak? Bukan bermaksud SARA loh ... C'mon ini cuma HP doang Gan ... 1 hari tanpa HP masa sih akhir dari segalanya? Enggak kan Gan? tapi perlu dicatat semua ada resikonya Gan ... Agan sudah siap dengan resikonya?

Tapi semoga deh yang mau mencoba 1 hari tanpa stupidphone ini bisa merasakan indahnya hidup di tahun 90an - 2000an, dimana waktu itu komunikasi verbal dan visual masih sangat kuat. Anda yang lahir di era itu coba deh pikir lagi, Kok bisa sih dijaman itu dimana gak semaju seperti sekarang ini kita masih bisa survive tanpa HP?
Buat yang masih muda, coba pikir dan renungkan lagi sikap - sikap kalian yang 'disorientasi sosial', Apa udah bener kalian dalam berkomunikasi?


Remember! 1 Day Quality Time with Your Familiy without Stupidphone





Berikut ini adalah beberapa fenomena tentang smartphone yang terjadi saat ini, Cekidot!

Spoiler for Smartphone Addict:




Spoiler for Smartphone Addiction and It's Effects :




Spoiler for CNN : Riset smartphone untuk kesehatan :




Spoiler for Smartphone Addiction: The Epidemic Grows :




Spoiler for Smart Phone Addiction Documentary: Smart Foe :






MASIH UNDER CONSTRUCTION | TUNGGU UPDATE SELANJUTNYA...
Pertamax diamankan
dicoba deh
Ah gue gak terlalu kecanduan kok
Yahhhh gagal petromax di thread sendiri ...
Quote:Original Posted By pfapb
Ah gue gak terlalu kecanduan kok


Bos, gimana kabarnya ?
Quote:Original Posted By pfapb
Ah gue gak terlalu kecanduan kok

Bagus gan klo gak kecanduan ... sharing" metodenya!


jangan kecanduan gan entar efeknya bahaya
Quote:Original Posted By zukairochi
Pertamax diamankan

Malah ditikung Agan hahahahahahaha .....


Quote:Original Posted By apelcherry5150
Yahhhh gagal petromax di thread sendiri ...



Yg penting kelimax om..
Quote:Original Posted By apelcherry5150

Bagus gan klo gak kecanduan ... sharing" metodenya!




Alasan gak kecanduan
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Gak punya smartphone
Quote:Original Posted By andryx360


Bos, gimana kabarnya ?


Baik gan
Anaknya kasih mainan macem lego aja gan.. biar kreativitasnya nambah + ga mikirin gadget
Ane kalo udah merasa kecanduan, langsung letakkan nih hp gan










Ganti ke pc
Gak disekolah , nongkrong dan dimana aja temen temen ane ga bisa lepas dari smartphone gan

Imposibru gan lepas dari smartphone
di tunggu updatenya gan, btw anak ente canggih banget besarnya bisa jadi hacker tuh
Ane baca dulu ya gan
Makanya bray hp itu Nokia 1100 aja, yg penting bisa nelfon. Internet segala macem pake laptop biar bisa dikontrol
smartphone terlalu canggih ya gan, bisa bikin anak kecil ngerti cara programinnya
Behhh wkwkwk, Kirain threadnya dah siap
Ane tunggu gan tipsnya, ane juga mau hilangin kecanduan hp ane nih hm . Gara gara kecanduan main hape, ane sering jadi pusing, terus sensian Makanya ane mau nyari solusi biar gk salah jalan
Cek kulkas gan
Via: Kaskus.co.id


Demikianlah Artikel Kurangi kecanduan smartphone dengan metode yang satu ini

Sekianlah artikel Kurangi kecanduan smartphone dengan metode yang satu ini kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kurangi kecanduan smartphone dengan metode yang satu ini dengan alamat link http://gakbosan.blogspot.com/2016/04/kurangi-kecanduan-smartphone-dengan.html

0 Response to "Kurangi kecanduan smartphone dengan metode yang satu ini"

Post a Comment

cari artikel disini