Tips Hemat Agar Bisa Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kos

Tips Hemat Agar Bisa Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kos - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Hemat Agar Bisa Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kos, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Activity, Artikel Culinary, Artikel funny, Artikel Health, Artikel Inspiring, Artikel Lifestyle, Artikel Tips Trick, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Hemat Agar Bisa Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kos
link : Tips Hemat Agar Bisa Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kos

Baca juga


Tips Hemat Agar Bisa Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kos

Tips Makan SehatTips Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kost.
Lifestyle - Health - Culinary - Activity - Inspiring - Funny
Saranghea
UserID: 3918389
Quote:Quote:Bismillah
Banner
Emoticon SEMOGA ANDA TERHIBUR DAN DAPAT MENGINSPIRASI Emoticon

Tips Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kost.

Warning: Sebelum mencoba tips ini, saya peringatkan bahwa saya tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi dengan diri anda dan apa yang anda alami. Tapi jika menurut anda bermanfaat silahkan di praktekan di kehidupan sehari-hari. Tips ini sangat berguna untuk anak-anak kosan yang mengalami kesulitan keuangan. Jika berkenan silahkan setidak nya memberi thread ini rate dan cendol Emoticons

Tingkatan Kelas Anak Kos

Hidup mandiri memang susah, semua harus dikerjakan sendiri. Apalagi anak perantauan dan hidup secara ngekos. Selagi kita memikirkan masa depan dan pelajaran, kita juga harus memikirkan keuangan. Kalo orang kaya sih enak, tidak perlu takut kehabisan. Tapi bagi orang yang keuangan nya pas-pasan bagaimana? Sebagai orang yang pernah menjadi salah satu anak kosan selama 4 tahun, gua bakal berbagi pengalaman hidup gua makan dengan uang yang pas-pasan di kosan kepada kalian semua. Di jamin sehat, mengenyangkan, dan MURAH. Cekibrot.

Quote:1. Jangan pernah makan apapun di kantin, kecuali di traktir.

Kantin
Tempat menguras uang anak kost terbesar. Abaikan cewek yg sedang makan.

Salah satu godaan terbesar kita adalah ikut-ikutan teman jajan di kantin sekolah atau kampus. Beli minuman soda, makanan ringan, atau pun makan lontong, nasi goreng, mie, dll. Gua dulu juga sering beli jajanan di kantin karena malu teman semua pada beli gua enggak, tapi gua sadar bahwa hal-hal demikian cuma hanya membuat kantong gua jebol, dan lu gag akan kenyang makan di sana. Solusi nya adalah jangan pernah bawa uang lebih. Sediakan uang pas-pasan untuk ongkos jalan. Jika bawa motor, maka bawa lah uang 10rb saja untuk isi minyak atau pun jaga-jaga ban kempes. Jika cuma jalan kaki, ya udah jangan bawa uang Emoticon

Dengan uang yang tipis, secara logika kita gag bakalan mau jajanin itu uang, soal nya kalo di jajanin lu gag bakal punya ongkos pulang. Atau yang gag bawa uang, ya gag mungkin lu bisa beli jajanan Emoticon . Atau boleh juga lu jangan pernah nongkrong di kantin. Dengan ini lu bisa mengepress seketat-ketat nya pengeluaran yang gag berguna di kantin hampir mendekati Rp 0,- Emoticon . Bahkan jika hoki, temen yang berduit bakalan mentraktir. Oh ya, kalo mau ke sekolah atau kampus, makan dulu di kosan biar lu gag pingsan dan bawa botol minum, jaga-jaga haus.

Quote:2. Anda harus punya penanak nasi sendiri dan minuman galon.

Penanak Nasi dan Galon
Alat tempur wajib di miliki.

Salah satu kesalahan anak kosan adalah mereka makan di luar atau beli nasi bungkus. Bisa di bilang itu adalah pemborosan. Maka punya penanak nasi sendiri adalah wajib hukum nya. Biasa nya pake penanak rice cooker ato magic (bukan di sulap ya Emoticon ). Boleh juga yang greget pake panci masak pake kayu bakar Emoticon . Dan jangan lupa galon, jika punya dispenser nya sekalian lebih bagus. Atau yang lagi-lagi berjiwa greget, boleh masak air pake kayu bakar Emoticon

Beli lah magic yang kecil, atau kalo udah terlanjur punya yang besar, masak lah beras nya setengah isi nya saja. Alasan nya jika kebanyakan, nanti kalo kelamaan nasi jadi bau, atau pun jika mati listrik nasi nya basi kan mubazir. Jika bisa, bawa lah beras dari rumah/ kampung halaman. Gag usah malu bawa beras 1 karung. Pengalaman gua, beras satu karung itu bisa untuk jatah 6 bulan alias satu semester. Dengan hal ini kita bisa menghemat pengeluaran untuk makan menjadi 50% saja. So para agan-sista, punya skill memasak nasi adalah harga mati.

Quote:3. Pintar-pintar memilih lauk makan.

Lauk makan pendamping nasi itu penting, kecuali ada yang memang doyan makan nasi nya doank tiap hari Emoticon . Menu yang paling hemat ada 2, yaitu telor dan mie. Tapi makan kedua menu ini terus-terusan tidak sehat. Saran gua beli lah sayur jadi. Beli antara 3rb sampai 5rb biasa nya udah banyak, apalagi daun ubi biasa nya murah. Nah sayur jadi ini bisa di dampingi dengan telor/ mie tadi. Tapi sesekali gag apalah beli sambal, tempe atau tahu (5rb udah cukup). Dan tiap hari tertentu beli ayam atau ikan (lumayan ini ayam sepotong 15rb an, ikan tergantung jenis nya, ikan nila sekisaran 18rb). Usahakan menu nya sayur dan di dampingi lauk lain. Sisain lauk nya, ukur-ukur untuk 3x makan. Dengan ini agan tetap sehat dan pengeluaran perminggu bisa di tekan sekitar di bawah 100rb untuk lauk.

Mie Omelet
Mie omelet, 1 bungkus mie + 1 telor bisa untuk makan 4x.

Sayur Daun Singkong
Sayur daun singkong, enak, sehat, dan MURAH!!!

Oh iya, agan sebaik nya punya kompor gas dan panci ya, bisa masak sendiri juga lebih hemat loh, dan juga bisa manasin lauk biar gag cepat basi.

Quote:4. Siap sedia baju batik, amplop kosong dan plastik 1kg.

Pasti udah pada tau nih kemana tujuan nya. Eng ing eng benar sekali, kondangan Emoticon . Pesta pernikahan, hajatan, dll, merupakan surga nya anak kos. Semua makanan bergizi ada di sana. Ajak temen senasib biar makin meyakinkan dan gag malu-malu amat. Pakai baju batik, biar terkesan dewasa. Masukin amplop kosong di kotak kondangan biasa nya ada, biar di sangka beneran tamu kondangan. Gag bakal ada yang nanya kalian kenal tuan rumah atau enggak, mereka hanya sibuk urusan masing-masing. Tapi lihat-lihat dulu ada pemeriksaan surat undangan gag, kalo ada jangan masuk ntar malu di usir Emoticon .

Menu Sehat
Menu sehat bergizi dan GRATIS!!!

Usahakan datang pada jam-jam ramai. Pada sesi ramah-tamah alias makan-makan, ambil banyak-banyak lauk yang gak cepat basi (sambal gitu atau gorengan-gorengan, jangan sayur atau berkuah). Nasi nya sedikit aja untuk syarat doank Emoticon . Nah baru deh saat duduk masukin lauk-pauk tadi ke kantong plastik. Kalo kurang kalian tinggal antri lagi. Kalo malu, minta temen tutupin saat lu masukin makanan nya ke kantong plastik. Atau suruh temen yang masukin nya. Ingat rasa malu bisa membunuh mu Emoticon . Dengan ini kalian bisa menghemat makan 1 hari bahkan 2 hari, ya lauk nya tinggal di panaskan Emoticon .

Tambahan: banyak yang gag setuju dengan cara ini. Gua cuma bilang aje, nikahan, hajatan dll., tujuan nya untuk berbagi kebahagiaan dengan orang luar. Dan lauk pauk mereka banyak, gag bakal mati orang 1 hajatan gara-gara ini, dan juga makanan sebanyak itu bakalan kebuang percuma. Dan kami (anak kost) cuma ngambil sedikit dari mereka.

Quote:5. Baiklah pada tetangga dan siapa pun.

Manusia itu makhluk sosial. Kita hidup juga membutuhkan orang lain. Pengalaman gua yang kuliah jurusan Manajemen Informatika, gua udah paham soal install dan oprek mengoprek alat-alat elektronik. Jadi gua senantiasa membantu tetangga-tetangga gua yang punya masalah-masalah di bidang itu. Gua juga suka bantu-bantu tetangga, kalau tetangga sebelah kosan gua lagi motong rumput, gua bantuin. Bakar sampah, gua bantuin. Apapun pokok nya gua bantuin. Bahkan di kampus, gua juga terkenal tukang install laptop Emoticon . Banyak temen-temen kadang yang gag gua kenal minta di benerin. Gua sih gag pernah minta bayaran, tapi ya nama nya manusia kadang ada yang gag tega gitu. Ya udah gua mintain aje bawa gorengan pas datang, jadi pas nunggu nginstall bisa makan gorengan bareng. Tapi ada juga yang gag punya hati minta install terus pergi gitu aje, tapi biar lah nama nya juga nyari kebaikan. Kadang ada yang gag mau jemput laptop ny berhari-hari, kosan gua yang sempit jadi tambah sempit.

Laptop
Laptop, Notebook, Tab temen yang di tinggalin aje lama di jemput. Abaikan gelas yang belum di cuci.

Pun begitu tetangga-tetangga (yang rumah sendiri bukan ngekos ya), sering beri lauk pauk lebih, kadang ngasih duren kalo lagi musim duren Emoticons . Bahkan ibu kos gua juga sering beri-beri makanan kalo lagi lebih. Inti nya baik lah pada siapapun. Jangan pamrih. Kebaikan kalian pasti di balas Emoticon minimal dengan makanan Emoticon nama nya juga anak kosan.

Quote:6. Punya pacar/ gebetan yang bukan anak kosan.

Jadi cowok enak loh, bisa nembak cewek. Jadi kita bisa pilih-pilih. Beda ama cewek yang harus kode-kodein cowok, iya kalo ngerti, kebanyakan cowok gagal paham Emoticon . Nah untuk anak kosan, terutama cowok nih. Kalo nyari pacar, cari lah yang rumah sendiri. Jangan sesama anak kosan, lu bisa tambah bangkrut. Kalo udah jadi pacar, lu harus sering ngapel ke rumah, jangan jadi cowok brengsek. Kenalan sama ortu nya. Jangan pemalu dengan ortu nya, ingat kata gua di atas, malu bisa membunuh mu.

Sakit
Kalo punya pacar/ gebetan, lu kalo lagi sakit ada yang ngurusin.

Jika kalian sudah deket sama ortu nya, niscaya hidup kalian akan bahagia Emoticon . Lu bisa makan tempat pacar lu, yang pasti bergizi. Kayak gua nih, bayangkan gua pacaran sama pacar gua dari semester 1, sebahagia apa hidup gua Emoticon . Tapi jangan terus-terusan juga makan di tempat pacar, seminggu sekali aje. Alhamdulillah gua tetap langgeng ama pacar gua sampe sekarang udah tamat kuliah 2 tahun Emoticons

Quote:7. Ikut kegiatan.

Kegiatan biasa nya bakal ada bagian konsumsi nya. Saran gua ikut kegiatan yang gag ada iuran nya. Boleh kegiatan kampus atau pun kegiatan-kegiatan lain di kecamatan tempat tinggal elu. Contoh nya gua nih, gua pernah jadi panitia penjaga kotak suara. Gua juga pernah magang di quick count kabupaten di kantor KPU. Lumayan selain gua dapat nasi bungkus, gua juga terima gaji Emoticon . Walaupun gag seberapa, tapi lumayan lah. Nama nya juga anak kos Emoticons . Kalo kegiatan kampus gua paling sering jadi panitia wisuda. Ya karena itu tadi, gag di pungut biaya, bisa dapet pengalaman, dan bisa makan di sana plus bisa bawa pulang nasi kotak dan snack yang lebih Emoticon

Nasi Kotak
Kegiatan yang menyehatkan.

Nah begitu lah agan-agan pengalaman hidup gua hidup kos-kosan dengan uang pas-pasan. Gua cuma di beri uang sama keluarga 500rb doank perbulan, karena ada tanggungan adik yang masih sekolah. Dan alhamdulillah itu selalu cukup, berlebih malah Emoticons . Terakhir buat agan-sista yang ngekos, jangan kecewain orang tua, jadi lah sukses dan tentu nya hidup sehat, Jangan pernah nahan lapar ya. Sekian dulu dari saya, semoga menginspirasi. Emoticon

Tambahan TS: gua bisa hemat seperti itu karena gua bukan perokok, bukan pembeli barang-barang bermerk (suer baju gua harga 30rb semua), bukan penggila game online (gua main game offline doank di laptop), atau penggila-penggila yang lain, dan gua badan nya emang kurus Emoticon

Update dari agan-sista
Quote:Hadir Acara Keagamaan.

Terinspirasi dari agan spidcom_2000 dan anto13666,, thanks masukan nya.

Quote:Original Posted By spidcom_2000
Sesuaikan gaya hidupmu dengan uangmu istilahnya gitu gan, ane dulu kalau pingin ngirit ya masak sendiri sama temen-temen, biayanya bisa patungan dan masaknya juga rame-rame. Perbanyak silahturahmi kerumah temen atau kerumah saudara pasti ntar dapet makanan apalagi berkunjungan waktunya jam makan. Pas bulan ramadhan seperti sebentar lagi rajin-rajin lah sholat magrib di masjid karena biasanya ada takjil dan menu buka puasa. Untuk cara ane ini jangan di coba gan, jika disekitar kos ada warung makan prasmanan yang ambil sendiri kalau ambil lauk yang sejenis jangan ambil satu tapi bisa dua atau tiga biasanya kasir akan nanyain pakai lauk apa ? tapi ndak pernah nanya ambil berapa ? Emoticon

Quote:Original Posted By anto13666
ikut yasinan tiap malem jumat. minimal kue kue lah dapet Emoticon

Sumber: pemikiran dan pengalaman TS, google image.

Tips Hemat Agar Bisa Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kos
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/5747c2bbe052275b368b4570/tips-makan-sehat-dan-murah-sehari-hari-ala-anak-kostCategory:
Tips Trick


Demikianlah Artikel Tips Hemat Agar Bisa Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kos

Sekianlah artikel Tips Hemat Agar Bisa Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kos kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Hemat Agar Bisa Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kos dengan alamat link http://gakbosan.blogspot.com/2016/06/tips-hemat-agar-bisa-makan-sehat-dan.html

0 Response to "Tips Hemat Agar Bisa Makan Sehat dan Murah Sehari-hari Ala Anak Kos"

Post a Comment

cari artikel disini