SEBAGAI WARGA NEGARA YANG BAIK ANDA HARUS TAHU : Inilah Rahasia di Balik Kode Angka dalam NIK E-KTP Anda

SEBAGAI WARGA NEGARA YANG BAIK ANDA HARUS TAHU : Inilah Rahasia di Balik Kode Angka dalam NIK E-KTP Anda - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul SEBAGAI WARGA NEGARA YANG BAIK ANDA HARUS TAHU : Inilah Rahasia di Balik Kode Angka dalam NIK E-KTP Anda , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Lifestyle, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : SEBAGAI WARGA NEGARA YANG BAIK ANDA HARUS TAHU : Inilah Rahasia di Balik Kode Angka dalam NIK E-KTP Anda
link : SEBAGAI WARGA NEGARA YANG BAIK ANDA HARUS TAHU : Inilah Rahasia di Balik Kode Angka dalam NIK E-KTP Anda

Baca juga


SEBAGAI WARGA NEGARA YANG BAIK ANDA HARUS TAHU : Inilah Rahasia di Balik Kode Angka dalam NIK E-KTP Anda




No. Induk Kependudukan atau NIK yakni nomer identitas Warga yg berbentuk unik atau khas, tunggal & menempel terhadap satu orang yg tertulis sbg Warga Indonesia.

NIK berlaku seumur hidup & selamanya, yg didapatkan oleh Pemerintah juga diterbitkan oleh Lembaga Pelaksana kepada setiap Warga setelah dikerjakan pencatatan biodata. NIK ketika mula-mula kalinya diperkenalkan oleh Direktorat Jenderal Administrasi Kependudukan diwaktu Institusi Pemerintah ini menerapkan sistem KTP nasional yg terkomputerisasi.



NIK terbagi dalam 16 digit. Kode penyusun NIK terbagi dalam 2 digit awal yakni kode provinsi, 2 digit sesudahnya ialah kode kota/kabupaten, 2 digit seterusnya kode kecamatan, 6 digit selanjutnya yaitu tanggal lahir dalam format hhbbtt (utk perempuan tanggal ditambah 40), setelah itu 4 digit paling akhir merupakan nomor urut yg dimulai dari 0001.

Yang Merupakan sampel, misalkan seorang perempuan lahir di Kota Bandung tanggal 17 Agustus 1990 menjadi NIK-nya yaitu : 10 50 24 570890 0001. Jikalau ada orang lain (wanita) bersama domisili pun tanggal lahir yg sama mendaftar, sehingga NIK-nya merupakan 10 50 24 570890 0002. Seandainya ada orang lain (cowok) bersama domisili pula tanggal lahir yg sama mendaftar, sehingga NIK-nya merupakan 10 50 24 170890 0001.

NIK dicantumkan dalam setiap Dokumen Kependudukan pun dijadikan basic penerbitan KTP, paspor, surat izin mengemudi, nomer pokok mesti pajak, polis asuransi, sertifikat hak atas tanah, pun penerbitan dokumen identitas yang lain.

Kala sedang membeli karcis kereta api pasti kamu dapat diminta menyebut 16 digit angka No. Induk Kependudukan (NIK) dalam E-KTP. Tetapi tahukah kamu 16 digit angka itu bukan sembarang angka? Ada kode rahasia yg membuatnya tidak sama dgn E-KTP orang lain.

Utk lebih detilnya, kamu bisa cermati sbg sample dari gambar di atas, 31-02-01-44-03-91-0312, langkah mengetahui artinya merupakan seperti berikut :

Gambar : Brilio

31 : Mengacu kepada kode provinsi. Menurut Permendagri No 39 thn. 2015, sekarang ini ada 34 provinsi yg tertulis dalam RI.

02 : Kode kota/kabupaten, kamu sanggup saksikan kode kota kamu dalam page ini http : // www. Kementerian Dalam Negeri. go. id/pages/data-wilayah

01 : Kode kecamatan, setiap kecamatan mempunyai kode yg berlainan. Sehingga dari itu kala kamu menciptakan E-KTP selalu disarankan buat datang serta-merta ke kantor kecamatan masing-masing.

44 : Tanggal lahir. Nah, disini ada ketidaksamaan kepada kode lelaki & perempuan. Kode buat lelaki yakni tanggal lahir 01-31. sedang buat perempuan tak sama lagi, tanggal lahir ditambah 40, jadinya merupakan 41-71. Menjadi jika kamu seseorang perempuan yg lahir tanggal 12 sehingga kodenya yakni 40 + 12 adalah 52.

03 : Merujuk terhadap bln lagi, 01 buat Januari hingga setelah itu 12 utk Desember.

91 : Thn lahir, ditulis dua angka terakhir. Seperti apabila kamu lahir thn 1991 menjadi hanya ditulis 91 saja.

0312 : Nomer komputerisasi, ini No. random yg memanglah sudah ditata oleh pc agar tak kembar bersama lainnya. Tapi kebanyakan utk kepala keluarga bakal ditulis xx01, utk anak mula-mula xx02, demikian kemudian.


Gambar : Brilio

Nah, telah mengetahui kan bebrapa makna dibalik kode angka NIK kamu? Mulai Sejak waktu ini kamu mesti akan menghafalkan ke-16 digit angka itu ya, karenanya sanggup menjadi juga sebagai nomor pengenal kamu disaat dapat jalankan beraneka ragam pembayaran atau pemesanan.

Silakan sharing ke temanmu seandainya kamu rasa artikel ini berguna.



Demikianlah Artikel SEBAGAI WARGA NEGARA YANG BAIK ANDA HARUS TAHU : Inilah Rahasia di Balik Kode Angka dalam NIK E-KTP Anda

Sekianlah artikel SEBAGAI WARGA NEGARA YANG BAIK ANDA HARUS TAHU : Inilah Rahasia di Balik Kode Angka dalam NIK E-KTP Anda kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel SEBAGAI WARGA NEGARA YANG BAIK ANDA HARUS TAHU : Inilah Rahasia di Balik Kode Angka dalam NIK E-KTP Anda dengan alamat link http://gakbosan.blogspot.com/2016/06/sebagai-warga-negara-yang-baik-anda.html

0 Response to "SEBAGAI WARGA NEGARA YANG BAIK ANDA HARUS TAHU : Inilah Rahasia di Balik Kode Angka dalam NIK E-KTP Anda "

Post a Comment

cari artikel disini