Mengenal Sejarah E-Sports, Olahraga Elektronik yang Makin Berkembang

Mengenal Sejarah E-Sports, Olahraga Elektronik yang Makin Berkembang - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Sejarah E-Sports, Olahraga Elektronik yang Makin Berkembang, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Best Article, Artikel Electronic, Artikel entertainment, Artikel Game, Artikel History, Artikel Knowledge, Artikel Lifestyle, Artikel sport, Artikel Technology, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal Sejarah E-Sports, Olahraga Elektronik yang Makin Berkembang
link : Mengenal Sejarah E-Sports, Olahraga Elektronik yang Makin Berkembang

Baca juga


Mengenal Sejarah E-Sports, Olahraga Elektronik yang Makin Berkembang

Mengenal Sejarah E-SportsSejarah Singkat E-Sports, Salah Satu Olahraga Yang Kini Makin Berkembang
agamsf-6205580
Banner

Intro
Quote:Quote:E-Sports
Tahukah agan kalo sekarang main games bukan sekedar mencari kesenangan atau hobi, namun bisa menjadi salah satu pekerjaan yang menghasilkan uang pula. Yap, kini bermain games dikategorikan sebagai E-Sports atau singkatan dari Electronic Sports atau Olahraga Rekreasi Masyarakat. Dengan adanya E-Sports, kini para pemuda dari seluruh dunia dapat menyalurkat bakat dan minatnya melalui cabang olahraga ini. Bahkan di Indonesia sendiri pun sudah didirikan IeSPA atau Indonesia E-Sports Association dibawah naungan Kemenpora. Sebelum berkembangnya seperti saat ini, E-Sports memiliki sejarah panjang seperti halnya cabang olahraga lainnya. Berikut Sejarah Singkat E-Sports

TKP
Quote:Quote:1. Before The Internet (1972–1989)
Spoiler for 1:
Before The Internet

Meski rata-rata game generasi pertama merupakan game multiplayer, di era awal kompetisi gaming ini, aspek kompetitif ditentukan dengan metode High Score. Para gamer berlomba-lomba mencetak skor tertinggi untuk menjadi sang juara. Turnamen gaming pertama yang tercatat dalam sejarah adalah turnamen lokal di universitas Stanford, 19 Oktober 1972, untuk game Spacewars dan hadiah turnamen ini ‘hanya’lah berlangganan gratis majalah Rolling Stone selama satu tahun. Sedangkan untuk turnamen berskala besar yang pertama kali dipegang oleh game Space Invaders yang diselenggarakan oleh Atari dengan jumlah peserta kurang lebih 10.000 pemain di Amerika Serikat.

Pada tahun 1981, Walter Day mendirikan Twin Galaxy yang mencetak skor tertinggi untuk berbagai game dan berafiliasi dengan Guiness Book of World Records. Twin Galaxy masih bertahan sampai hari ini dan Anda bisa melihatnya mengikuti perkembangan jaman dengan mencatat skor untuk game-game mobile. Dari 1970 – 1980, media-media mainstream juga mulai meliput kegiatan-kegiatan kompetisi gaming meski masih sangat minim.

LineQuote:Quote:2. After Internet (1990–1999)
Spoiler for 2:
After Internet

Meski protokol TCP/IP pertama kali dikenalkan untuk ARPANET (sistem cikal bakal internet) di tahun 1982, baru di tahun 90an lah, internet dapat dinikmati secara masif. Namun demikian, tercatat ada sebuah game berjudul Netrek yang menjadi ‘the first internet team game’ yang dirilis di tahun 1988. Tahun 90an adalah tahunnya FPS, karena memang FPS sendiri merupakan salah satu genre game tertua yang ada di PC. Red Annihilation yang merupakan turnamen untuk Quake dianggap banyak kalangan sebagai turnamen e-sports yang pertama kali dengan 2000 peserta. Pemenang kompetisi ini mendapatkan hadiah sebuah mobil Ferrari bekas milik John Carmack, sang lead developer untuk Quake.

Beberapa minggu setelah Red Annihilation, dibentuklah Cyberathlete Professional League dan di tahun yang sama, mereka mengadakan turnamen pertama mereka. Setelah CPL, organisasi e-sports lain mulai banyak bermunculan. Sayangnya, meski menjadi pionir e-sports, CPL sendiri tidak dapat bertahan sampai hari ini meski telah berganti kepemilikan beberapa kali.

Nintendo juga merajai kompetisi-kompetisi gaming di era ini dengan mengadakan sekian banyak tur di seluruh Amerika Serikat.

Meski begitu, kondisi esports di era ini juga masih tumbuh perlahan karena sistem monetisasi yang belum sekompleks saat ini. Belum ada kontrak sponsorship bagi para pemain, sehingga penghasilan yang didapatkan hanyalah dari hadiah turnamen. Itupun, tercatat banyak uang hadiah turnamen yang tersendat pencairannya.

Ditambah lagi, kondisi internet juga belum dapat menyentuh ke seluruh negara dengan rata. Sehingga, para gamer sebagai peserta turnamen biasanya hanya berasal dari Eropa ataupun Amerika Serikat. Baru di akhir-akhir masa ini (1997), Korea Selatan muncul sebagai salah satu negara di Asia dengan infrastruktur internet terbaik dan juga sekaligus meramaikan dunia esports di genre RTS di StarCraft.

StarCraft
StarCraft

Selain itu, Johnathan “Fatal1ty” Wendel yang merupakan salah satu gamer profesional generasi pertama legendaris yang sampai hari ini namanya masih diasosiasikan dengan pro-gamer juga baru memulai debut perdananya di Oktober 1999 untuk game Quake III Arena di CPL.

Jonathan Wendel
Jonathan 'Fatal1ty' Wendel

LineQuote:Quote:3. Global Tournaments Era (2000 – Sekarang)
Spoiler for 3:
Global Tournaments Era

Di era ini, kompetisi-kompetisi berkelas internasional mulai bermunculan dan menjadikan perkembangan e-sports tumbuh subur, seperti World Cyber Games, Electronic Sports World Cup, Intel Extreme Masters, Major League Gaming, dan kawan-kawannya.

Pergeseran genre FPS (atau mungkin lebih spesifik ke CS 1.6) sebagai arus mainstream esports ke MOBA juga terjadi di era ini, atau tepatnya di 2010, setelah kompetisi LoL ditonton oleh jutaan orang di seluruh dunia dan Valve mendapatkan trademark untuk DOTA2. Ditambah lagi, DOTA2 seolah menjadi ‘anak emas’ dan CS:GO menjadi ‘anak tiri’ Valve.

Namun yang paling menarik di era ini sebenarnya adalah peran media yang menjadi faktor utama pertumbuhan pesat e-sports. Tentu saja, kita tidak bicara soal media mainstream, seperti televisi, namun media modern yang juga melesat naik popularitasnya seperti Twitch, Pentakill, dan Youtube. Karena, faktanya, televisi tetap akan lebih memilih hiburan mainstream untuk kalangan mainstream seperti infotainment, sinetron, talent show, kuis berhadiah, berita politik, ketimbang pertandingan e-sports. Jangankan e-sports, bandingkan saja frekuensi jam tayang olahraga dengan program-program yang telah disebutkan tadi.

Twitch
Twitch, salah satu media eSports terkemuka

LineQuote:Quote:The ‘Why’ & The ‘How’
Spoiler for 4:
E-Sports

Setelah sejarah singkat tadi, ada beberapa aspek yang bisa kita pelajari bersama tentang faktor apa sajakah yang membuat E-Sports berkembang.

Di sini, ada 2 aspek yang terkait erat dalam menentukan perkembangan e-sports: aspek monetisasi dan informasi. Sebelum ada sponsorship yang masif seperti sekarang ini, tentu saja, kompetisi e-sports tidak akan berumur panjang karena, faktanya, semua kegiatan yang ada di dunia ini pasti membutuhkan dana. Namun di sisi lain, para sponsor juga tidak akan mengucurkan dana jika kegiatan tersebut tidak terekspos secara masif. Contohnya saja, Qatar Airways tidak akan mengucurkan dana sampai 35 juta Euro jika penonton yang menyaksikan pertandingan dan mengikuti perkembangan berita Barcelona hanya jutaan orang.

Akses internet yang jauh lebih mudah sekarang ini membuka peluang e-sports terekspos secara masif di dunia maya. Di sisi monetisasi, bentuk sponsorship memang cukup ideal (paling tidak sampai saat ini) bagi kedua belah pihak, tim dan sponsor. Bagi tim gamer profesional, sponsorship memberikan akses untuk dapat terus berlatih mengasah skill tanpa harus pusing mencari nafkah. Bagi para sponsor, mereka dapat memasarkan produk lebih tepat sasaran karena memang para penonton dan fans e-sports jauh lebih spesifik ketimbang penonton infotainment dan sinetron.

Coba saja bayangkan iklan sponsor gaming di TV Indonesia. Iklannya tentu saja tidak akan efektif karena memang banyak sekali penonton yang bahkan tidak tahu apa itu equip gaming. Lagipula, bukankah lebih baik dananya diberikan untuk memberikan dukungan kepada tim gaming agar bisa terus berprestasi, ketimbang diberikan untuk para pemilik media televisi yang memang sudah kaya raya?

Lalu bagaimana dengan perkembangan dunia e-sports di Indonesia? Well, faktanya, paradigma gaming masih dianggap negatif oleh orang-orang awam Indonesia. Itu juga sebabnya kenapa sponsor-sponsor tim gaming di Indonesia bukanlah perusahaan lokal, namun justru perusahaan internasional. Selama paradigma itu masih belum berubah, kondisi e-sports kita akan berjalan lamban seperti siput karena ada begitu banyak perusahaan besar lokal yang tidak ingin brand-nya diasosiasikan dengan anak-anak muda yang kerjanya ‘hanya’ main game setiap hari.

So, apa yang bisa kita lakukan? Jika Anda merupakan salah satu penggemar e-sports dan hobi bermain game, kita bisa memulainya dengan membuktikan diri ke orang-orang awam tersebut bahwa bermain game itu tidak seburuk yang mereka kira. Kita bisa berprestasi, kita bisa berguna untuk orang-orang di sekitar kita, dan kita tidak menyerah setiap kali tantangan menghadang.

LineQuote:Beberapa Tim dan Kejuaraan E-Sports

Spoiler for Dota 2:
Tim Natus Vincere
Tim Natus Vincere, Juara The International 1 2011

Team Invictus Gaming
Team Invictus Gaming, Juara The International 2 2012

Team OG
Team OG, Juara Frankfurt Major 2015

Tim Evil Geniuses
Tim Evil Geniuses, Juara The International 5 2015

Team Secret
Team Secret, Juara Shanghai Major 2016

Spoiler for Counter Strike : Global Offensive:
Team Virtus Pro
Team Virtus Pro, Juara EMS One Katowice 2014

Team Ninjas in Pyjamas
Team Ninjas in Pyjamas, Juara ESL Cologne 2014

Team Fnatic
Team Fnatic, Juara ESL One Cologne 2015

Team EnvyUs
Team EnvyUs, Juara Dreamhack Cluj-Napoca 2015

Team Luminosity Gaming
Team Luminosity Gaming, Juara Major League Gaming Columbus 2016

Quote:Itulah Sejarah Singkat E-Sports. Meskipun di Indonesia sendiri belum terlalu populer, namun dengan banyaknya tim serta antusiasme penggemar E-Sports di Indoensia, lambat laun mulai mengalami perkembangan.
Sumber
Quote:Team nxl>

Dengan beberapa perubahan..

Banner
Source: http://kask.us/id4Oc


Demikianlah Artikel Mengenal Sejarah E-Sports, Olahraga Elektronik yang Makin Berkembang

Sekianlah artikel Mengenal Sejarah E-Sports, Olahraga Elektronik yang Makin Berkembang kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Sejarah E-Sports, Olahraga Elektronik yang Makin Berkembang dengan alamat link http://gakbosan.blogspot.com/2016/06/mengenal-sejarah-e-sports-olahraga.html

0 Response to "Mengenal Sejarah E-Sports, Olahraga Elektronik yang Makin Berkembang"

Post a Comment

cari artikel disini