Mengejutkan, Ternyata Jersey Baru Inggris Untuk PD 2014 Dibuat di Indonesia

Mengejutkan, Ternyata Jersey Baru Inggris Untuk PD 2014 Dibuat di Indonesia - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengejutkan, Ternyata Jersey Baru Inggris Untuk PD 2014 Dibuat di Indonesia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel Indonesia, Artikel inggris, Artikel Jersey baru, Artikel Kostum, Artikel Nike, Artikel Piala Dunia 2014, Artikel timnas, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengejutkan, Ternyata Jersey Baru Inggris Untuk PD 2014 Dibuat di Indonesia
link : Mengejutkan, Ternyata Jersey Baru Inggris Untuk PD 2014 Dibuat di Indonesia

Baca juga


Mengejutkan, Ternyata Jersey Baru Inggris Untuk PD 2014 Dibuat di Indonesia

Photo yang terpampang di Mirror.co.uk (Mirror)
Tak mau kalah dengan timnas negara lain, Inggris juga luncurkan jersey terbarunya untuk bertempur pada Piala Dunia 2014 di Brasil. The Three Lions tetap menggunakan warna putih untuk home dan merah untuk away. Bagi para fans publik jersey keluaran Nike itu dibanderol dengan harga £90 (Rp1,6 juta) per kostum. Harga tersebut dinilai terlalu mahal, sehingga menuai kritik dari berbagai pihak.  Bahkan, Perdana Menteri Inggris, David Cameron, ikut mengecam harga tinggi tersebut.

Dikutip dari Viva.co.id, mahalnya harga kostum Timnas Inggris itu ternyata ikut menyeret nama Indonesia. Buruh yang menjahit kostum Wayne Rooney cs dinilai dapat bayaran tidak sebanding dengan harga jersey Three Lions untuk ke Brasil nanti.

Meski Nike sudah berkilah bahwa kostum terbaru ini memiliki teknologi tinggi yang ramah lingkungan, tetap saja menjadi sorotan media-media Inggris. Terakhir, terungkapnya eksploitasi kostum Inggris di Indonesia.

Menurut Mirror, Nike membuat kostum-kostum Inggris itu di 40 pabrik asal Indonesia dan menyerap tenaga kerja mencapai 171.000 orang.

Alasan Nike membuatnya di Indonesia karena harga tenaga kerja yang amat murah. Menurut Ultra Petita, pembuatan di negara ketiga macam Indonesia hanya menelan biaya sebesar £4 (Rp75.000). Sedangkan kalau dibuat di Eropa bisa meroket sampai £17 (Rp320.000).

Harga £90 yang dipatok Nike tentu sangat tinggi dan hanya menguntungkan sang produsen saja, bahkan untuk ukuran pekerja di Inggris sekalipun.

Sangat ironis dengan kehidupan para buruh di Indonesia. Dengan Upah Minimum Kerja sebesar Rp2,2 juta per bulan, jika dirata-ratakan, setiap pekerja Indonesia yang menjahit kostum Inggris hanya mendapatkan Rp5.642 per jam.

"Saya menjahit kostum Nike tiap 30 detik, sekitar 120 buah per jam di pabrik. Saya dan teman kerja saya mendapat gaji di bawah standar untuk mendapat makanan, rumah, perawatan kesehatan, dan edukasi untuk keluarga yang memiliki anak," aku seorang buruh bernama Aida, kepada surat kabar Inggris, Mirror.

"Satu kostum yang terjual itu seharga 40 persen pendapatan saya per bulan. Nike membuat keuntungan besar pada pekerjaan kami, tapi gagal memastikan kenaikan gaji kami," lanjutnya.

Nike bukan memproduksi kostum Timnas Inggris saja. Tercatat, tuan rumah Piala Dunia 2014, Brasil, dan Cristiano Ronaldo bersama Portugal juga akan ikut memamerkan kostum terbaru dengan logo "Swoosh" khas Nike di Piala Dunia 2014 nanti.

Keuntungan yang diraih perusahaan asal Oregon, Amerika Serikat, itu sepanjang 2013 pun sangat luar biasa yaitu £1,5 miliar. "Tentu, sangat berbeda jauh dengan suasana pabrik Indonesia yang panas dan berdebu," tulis Mirror.

sumber: Viva


Demikianlah Artikel Mengejutkan, Ternyata Jersey Baru Inggris Untuk PD 2014 Dibuat di Indonesia

Sekianlah artikel Mengejutkan, Ternyata Jersey Baru Inggris Untuk PD 2014 Dibuat di Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengejutkan, Ternyata Jersey Baru Inggris Untuk PD 2014 Dibuat di Indonesia dengan alamat link http://gakbosan.blogspot.com/2014/04/mengejutkan-ternyata-jersey-baru.html

0 Response to "Mengejutkan, Ternyata Jersey Baru Inggris Untuk PD 2014 Dibuat di Indonesia"

Post a Comment

cari artikel disini