Waspada! Antisipasi Modus Pencurian Kartu ATM Bagi Pengguna ATM

Waspada! Antisipasi Modus Pencurian Kartu ATM Bagi Pengguna ATM - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Waspada! Antisipasi Modus Pencurian Kartu ATM Bagi Pengguna ATM, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Activity, Artikel Crime, Artikel Electronic, Artikel Inspiring, Artikel Law, Artikel Lifestyle, Artikel My Story, Artikel Technology, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Waspada! Antisipasi Modus Pencurian Kartu ATM Bagi Pengguna ATM
link : Waspada! Antisipasi Modus Pencurian Kartu ATM Bagi Pengguna ATM

Baca juga


Waspada! Antisipasi Modus Pencurian Kartu ATM Bagi Pengguna ATM

Modus Kartu ATMHati-Hati Bagi Agan Yang Sering Ambil Uang di Mesin ATM Plus Tips Antisipasinya
riadyawan-1315929
Kaskus
Selamat siang mimin, momod, agan-agan dan agan wati kaskuser semua, ane ijin buat share pengalaman pas ane mo ambil uang di mesin ATM semalem.

Singkatnya gini, ane semalem sekitar jam 11 malem rencana mo ambil gaji sama THR ane Emoticons di mesin ATM terdekat di bank ******* di kota ane. Ane pake mesin ATM yang nominal kelipatan 100 ribu, seperti biasa ane masukin kartu ane, setelah itu ane masukkin PIN, so far masih normal, nah ane ga' langsung ambil uang tunai, ane nyoba liat Informasi Saldo dulu walau sebenernya ane dah tau sebelumnya cz dah ane cek via mobile banking. Nah seketika itu juga layar di mesin ATM tertulis,"Kartu Anda Ditahan" nah ane bingung kan, ane coba pencet-pencet mesin ATM-nya ga' ada respon.

Kebetulan ruang samping lampu masih nyala, ane liat-liat ternyata masih ada satu security aka satpam disitu. Berharap ane bisa melanjutnya transaksi, ane lapor aja ke satpam itu,

Quote:a : ane gan Emoticons
s : si satpam gan Emoticons

a : Permisi Pak, boleh saya minta bantuan?
s : Kenapa mas? Emoticons
a : Gini Pak, saya tadi mau ambil uang tapi kok ada notifikasi "Kartu Anda Ditahan", itu gimana ya? Emoticons
*ngacir ke mesin ATM Emoticons
s : Tadi masnya kelamaan dibiarin kali kartunya jadi ketelan. Emoticons
a : Yah ga' kok Pak, tadi saya baru aja masukin kartu sama PIN-nya, baru aja mo cek Info Saldo langsung kek gitu. Emoticons
s : Itu ketelan mas, besok masnya langsung ke CS aja lapor.
a : Emoticons

Pas itu ane ga' naruh curiga, cuman emang ane sempet mo rekam video tu satpam pake XNeo ane pas ngaduin ke CS besoknya cuman ane keburu jadi ane maen ngacir aja. Emoticons

Ane pulang ke rumah, bilang sama kakak ane ceritanya, spontan kakak ane nanya, ane pake internet banking atau kaga', ane bilang ane ada mobile banking, dan seketika itu pula kakak ane minta ane buat ngosongin uang ane pindah ke rekening kakak ane. Spontan juga ane langsung nurut, ane pindahin nominal maksimal dari rekening ane ke rekening kakak ane, habis itu kakak ane baru cerita. Mendekati lebaran gini banyak orang (red:maling) yang cari celah, entah itu curanmor atau modus-modus lainnya termasuk cari celah di mesin ATM, tak terkecuali satpam yang jaga mesin ATM atau oknum lain entah kerjasama atau ga' sama pihak satpamnya, itu mesin ATM bisa direkayasa seolah-olah kartu dari nasabah tertelan tapi pas nasabah dah pergi tu oknum langsung memulai aksinya. Emoticons

Duh ane kok ga' kepikiran sampe situ ya, ane lega banget, bersyukur banget ane dah biasa pake mobile banking. Ane mikir kalau ane ada diposisi orang lain yang ga' ngerti mobile banking sama internet banking gimana? Kalau ternyata emang tu mesin ATM direkayasa sama oknum tertentu gimana? Apa yang bisa dilakukan, satpam cuma bilang besok lapor CS, lah kalau nunggu ga' sampe besok tu dana yang ada di rekening ya pasti sudah dikuras sama malingnya. Paling banter kek yang kakak ane bilang, telpon pihak bank buat blokir kartu rekeningnya. Emoticons

Disitu ane pikirannya makin meluas, tapi ane coba buat nenangin diri, parah-parahnya tu maling cuma bakal mrongos liat isi rekening ane cuma sisa uang yang ga' bisa ane ambil gara-gara batas minimum pengambilan. Emoticons

Hari berikutnya (hari ini, pas trit ini ane bikin) ane coba lapor ke Customer Service bank ******* di kota ane. Setelah ngisi formulir dan mengantri cukup lama ane ngasih laporan ke mba' CS-nya.

*the following conversation has been shortened to save space and time Emoticons

Quote:a : ane gan Emoticons
c : mba' CS ca'em Emoticons

c : Silahkan duduk, ada yang bisa kami bantu? Emoticons
a : Gini mba', semalem saya mau ambil uang di mesin ATM, tapi tiba-tiba ada notifikasi "Kartu Anda Ditahan" gitu mba'? Emoticons
*sambil ngasih form laporannya
c : Wah kartu mas tertelan, semalem ambilnya di ATM mana ya? Boleh saya pinjam KTP-nya? Emoticons
a : Mesin ATM di depan situ mba'. *sambil nunjuk mesin ATM yg ada didepan bank lanjut ngasih KTP ane ke mba' CS-nya. Emoticons
c : Di mesin yang sebelah mana?
a : Sebelah kanan mba', yang nominal 100 ribu.
c : Baik, masnya ngisi pernyataan ini dulu, ditunggu sebentar ya. Badruuunn!! *manggil temennya (bukan nama sebenernya), ini semalem ada kartu yang tertelan, coba tolong ambilkan di mesin ATM yang itu.
a : ...................................................... *lagi ngisi form pernyataan kartu tertelan...
*selang beberapa menit (waktu terasa cepat kalau ane nyoba ngajak ngobrol mba'2 CS-nya. Emoticons)
c : Duh, maaf mas, ini tadi sudah dicek di mesin ATM-nya tapi tidak ada satu kartu pun. Masnya bawa buku tabungannya?
a : (Dalam hati ane, nah loh bener kan, semalem satpamnya ga' beres) Mmm, bukunya saya ga' bawa mba'. Ini saya lanjut ngisi formnya atau gimana?
c : Oh formnya sudah tidak perlu diisi soalnya ini sudah beda, bukan pengambilan kartu yang tertelan tapi penggantian kartu, jadi untuk penggantian kartu masnya harus bawa buku tabungannya. *sambil nyobek form yang tadi
a : OK, untuk ******* tutupnya jam berapa ya mba'?
c : Hari ini tutup jam 3 mas.
a : Haduh padahal sekarang sudah jam setengah tiga ya, besok ******* juga libur.
c : Kalau begitu Senin juga bisa kok soalnya Senin Selasa kami masih buka. Untuk sementara kartunya kami blokir saja gimana?
a : OK, blokir saja mba'. Kalau begitu saya kesini besok Senin aja mba', makasih banyak.
c : Terima kasih, ini kartunya sudah kami blokir.
*langsung Emoticons dah ane

Nah, ane bersyukur banget kakak ane semalem nyaranin ane buat mindahin semua isi rekening ane, bersyukur juga ane ada mobile banking jadi tertolong kalau ada situasi seperti ini.

Sebagai penutup, berikut tips antisipasi dari ane agar agan dan aganwati semua ga' ngelamin yang ane alamin semalem :
  • Kalau agan pingin ngambil uang di mesin ATM usahakan gunakan mesin ATM yang ada di lokasi bank yang bersangkutan biar kalau ada apa-apa bisa langsung menghubungi pihak bank (yang bukan satpam kalau dirasa satpamnya kurang bisa dipercaya)
  • Kalau agan pingin ngambil uang di mesin ATM usahakan ngambil pas jam operasional kantor/bank biar kalau ada trouble masih bisa diurus langsung
  • Selain jaga kerahasiaan PIN masing-masing, pastikan pula di mesin ATM tidak ada benda asing yang mungkin bisa saja media dari si maling buat melancarkan aksinya
  • Kalau kartunya sudah terlanjur tertelan dan bank sudah tutup dan tidak ada karyawan lain selain satpam, coba minta bantuan ke satpam
  • Kalau satpamnya tidak bisa diandalkan segera hubungi nomor pelayanan bank terkait untuk request blokir, juga untuk lebih pastinya kalau ga' hapal nomor pelayanan cek langsung di web bank terkait karena kadang ada kertas yg isinya nomor pelayanan palsu yang biasa buat mengecoh korban yang ujung-ujungnya mengarahkan ke prosedur yang lebih merugikan korban
  • Bagi agan pengguna smartphone entah BB, iPhone, Android atau bahkan Symbian bisa memanfaatkan fasilitas mobile banking sesuai platform masing-masing dan sesuai bank masing-masing, selain bisa dapat banyak manfaat dan kemudahan bertransaksi juga bisa sangat bermanfaat ketika terjadi hal-hal seperti yang ane alami, kartu dah terlanjur musnah masih bisa backup dana ke rekening lain. Kalau agan pakai mobile banking sih ane saranin jangan pernah jual smartphone itu ke orang lain, mending pakai sampai rusak atau akai selamanya atau kalau mo pindah tangan kasih ke keluarga aja.
  • Kalau pakainya feature phone yang tidak support aplikasi mobile banking masih bisa antisipasi menggunakan sms banking, cuman pengalaman ane sms banking dikit-dikit ngurangin pulsa makanya ane prefer mobile banking
  • Kalau ga' pingin pake mobile maupun sms banking masih ada jalan lain yaitu via internet banking, cuman internet banking kelemahannya kalau ga' pakai token cuma bisa lihat log transaksi tapi ga' bisa buat transaksi misal transfer, as far as i know.
Yah sekian pengalaman ane, mohon maaf kalau ada salah kata, ane ga' bermaksud menjudge satpam dengan penilaian atau prasangka negatif, itu cuma satpam yang ane temuin semalem, dan semoga pengalaman ane ini bisa bermanfaat buat agan dan aganwati semuanya. Emoticons Emoticons


Quote:Emoticon Tambahan TIPS dan PENGALAMAN dari agan-agan semua :

Spoiler for Tambahan tips dan pengalaman dari agan-agan:
Quote:Original Posted By shojiseta
tips dari ane nih gan, mohon taro di pejwan kalau berkenan Emoticons

Jadi gini gan, kalau bisa habis kita transaksi di ATM, coba deh agan masukin lagi kartu ATM agan2, terus masukin pin asal2an aja. Itu tar kebuka menu utama terus pilih aja salah satu. Nah, setelah pilih salah satu, tuh kartu ATM kembali gan karena pin asal2an tadi. Pasti agan2 bingung kenapa masukin nya pake pin asal2an. JADI gini, hal ini dilakukan supaya bisa nge acak pin yang terbaaca sebelumnya di ATM (pin kita), jadi lebih aman untuk ke depannya

Quote:Original Posted By ipeipem
Sekedar buat tambahan gan, kali aja sedikit bermanfaat:
Kalo agan2 yg lain ngalamin kejadian kek diatas. (khususnya ATM yg ada satpamnya)
- Pastiin agan minta tolong satpam jaga saat itu juga buat ambil kartunya.
- kalo satpam mentok bilang harus nunggu besok, agan kasih no. yg bisa dihubungi dan alamat jelas agan (positif thingking dl sm si satpam)
Agan catat nama satpamnya, inget2 orangnya, syukur2 bisa minta nmr telpon yg bisa dihubungi (buat nanya gan, ngga buat kencan) Emoticon . Dan segera juga ambil tindakan seperti yg agan TS lakukan.
- Kalo tuh satpam ada niatan baik mdh2an bs segera hubungi agan begitu atmnya bs diambil.
- Kalo dia nggak ada kabar/niatan baik tuk hubungi agan, apalagi nyampe kelewat hari, siap2 tuk waspada aja. Ada yg tdk beres nih dengan satpamnya.
N siap2 aja ngintip tayangan di CCTV ATM Emoticons apa yg oknum satpam lakukan sesaat setelah agan ninggalin ATM.
Sebenarnya boleh ga sih lihat rekaman CCTV ATM kl ada kejadian kek begini, dengan ijin pihak bank yg berwenang? Emoticon

Info bagus gan, maaf blm bs ikutan nimpuk ijo2. Emoticon

Quote:Original Posted By cumijamban2011
agan ngambil di cabang? kecil kemungkinan klo satpam yg isenk modusin ATM karena tugas mereka menjaga mesin supaya ga rusak atau dirusak orang.

modus begini biasa pelaku mencari ATM dilokasi sepi, misal rumah sakit, mini market, SPBU dll yang ga ada security Bank bersangkutan.
caranya simpel tapi bikin gondok.

tips dr ane:
klo jam2 sepi mending agan ambil di ATM cabang karna kecil kemungkinan ATM dimodusin orang2 isenk karena dijaga ama security Bank tsb.
klo saat mau masukin kartu terasa susah dan ketahan, urungkan niat. kemungkinan sudah terjadi vandalisme (modus orang isenk)
sebelum transaksi liat sekeliling, waspada klo ada yang perhatiin agan.

ane pernah liat pelaku modus ATM gan, dia berdua sama ceweknya, pakaiannya sih gaul kek anak2 orang kaya.selain kedua orang tsb, ada pelaku lain disekitar situ yang mantau gan (berperan sebagai operator call center)
jd modusnya, tuh orang abis ngakalin ATM, dia akan naro dompet atau barang lain diatas ATM. jd saat ada yg terperangkap, dia akan masuk pura2 mau ambil barang yg tertinggal.
nah saat korban panik, dia akan jd 'dewa" penolong. pura2 bantu, ujung2nya dia pura2 nelpon call center (padahal temennya) nah klo korban awam, dan kondisi panik (ga mikir) nah si pelaku buru2 minta PIN dengan alasan petugas nanya dan untuk blokir kartu ATM korban. setelah dapat kabar kartu terblokir,pasti nasabah akan pergi dr lokasi.
namun setelah sadar dan balik ke lokasi, walaaaa.... kartu udah diambil ama dia gan.

*ane petugas ATM gan, ini modus yg terekam via CCTV. menurut anak buah ane korban rata2 ibu2 yang mudah panik.

nasabah bisa aja melihat hasil rekaman cctv klo memang terjadi hal2 demikian. tapi tergantung kebijakan Bank bersangkutan ya ganEmoticons

ati2 aja gan.

Quote:Original Posted By teti.kutty
kebetulan tetangga ane atmnya dikuras habis sampe 19jt... modusnya sama, atmnya kayak ketelen gitu, tiba2 ada 2 orang yg pura2 kasian, trus nyuruh pergi ke bank ( kayak di hipnotis gitu) sambil ditanya no.pin nya.. tetangga ane nurut aja pergi ke bank (padahal banknya dah tutup) pas dia balik lg, kartunya udah diatas atm.. Emoticon harus lbh hati2

Quote:Original Posted By AyamSayur91
cerita agan sama persis kaya yg dialaamin cc ane. Dia kartunya BC* ketelen di mall Central par*, seketika juga langsung pindahin smua saldo yg ada + di block kartunya biar kaga ada yg bisa pake.

Quote:Original Posted By Padooka
Kalo ga ada mobile banking pun biasanya ada nomor khusus customer call buat blokir sih gan. Gw juga pernah ngeblokir lewat telpon.

Quote:Original Posted By mcvid
Ayah ane juga gitu gan, tapi bukan ketelen, kartunya ketinggalan di mesin atm lupa di ambil, akhirnya ayah ane pake e-banking di transfer deh uangnya, terus blokir lewat telefon, minggu depannya udah dapet kartu baru deh Emoticons

Quote:Original Posted By zukhorie
ane juga seminggu sebelum lebaran ketelen gan, di luar mesin atm nya tuh kaya ada orang yg merhatiin terus kaya nungguin gitu *bukan sih suudzon hehe
nah langsung aja tanpa pikir panjang ane langsung blokir, soalnya sebulan yg lalu kira2 pernah baca berita. ada modus seolah2 atm ketelen, mesin atmnya udah di setting gitu. jadi pas kita ninggalin tuh mesin, malingnya langsung beraksi neransferin uang yg ada direkening kita ke rekening pribadi dia.
udah mah pas nelpon cs buat ngeblokirnya susah, pulsa ane melayang 30rb soalnya gagal mulu Emoticon

tapi utung uang ane selamet gan, bisa dipake buat bagi2 ponakan pas lebaran Emoticons

Quote:Original Posted By thejoker911
ane pernah koq ngalaminmya gan, ane memang lama cabut tuh kartu waktu dah selesai transaksi dan sialnya kartu atm ane lansung tertelan gan. lansung dah ane telpon csnya minta di blokir, setelah ane ke bank ternyata kartu yang tertelan lansung d kepotong ampe ancur didalam tuh mesin gan, jadi kalau mau diambil udah gak bisa
ya harus buat kartu baru gan

Quote:Original Posted By per_gtng
Ane juga pernah alamin gan,kartu ATM ketelan padahal udah masukin pin,terus juga udah minta bantuan satpan,tapi ane Telat blokir tu taabungan,duit ane ilang 700rb gan.
Wat agan-agan sekalian kalo mau ambil uang lewat ATM usahakan ATM ny dekat bank ny.

Quote:Original Posted By bumbata
wah...bner gan...tmn ane juga pernah ngalamin kejadian itu.....wang nya ada yang narik klo gak salah 1jt....soalnya dia pkai sms banking....jadi ketauan...
Emoticon

kasian dia, padahal mau lebaran n gak bs mudik karena ada kerjaan malah ketiban musibah....

Emoticon Secuil Tanya-Jawab yang ane kumpulkan di trit ini :

Spoiler for Agan Tanya Ane Jawab:
Quote:Original Posted By KutuStanding
Wah gan bisa begitu yah modusnya, gimn pelakunya bisa ngakalin itu mesin atm yak? Emoticon Oh iya gan, ane mau nanya kalo ane make mobile banking di hp melalui app nya lsg, apakah bakal lengket di hp nya terus? Terus kalo pengen ane jual hp nya gimn donk? (merujuk ke pernyataan agan soal mobile banking di hp) Uninstal app nya bakal ilang ga yah data" mobile banking nya? Emoticon


Quote:Original Posted By LeafOn
iya nih, tolong dijawab dong gan


Quote:Original Posted By KutuStanding
Aduhhh, TS nya ngilang ntah kemana nih. Emoticons Padahal ntar ada niat mau ganti hp.

maaph gan lama balesnya, maklum lagi lebaran, jauh dari inet, ada tp lemot... Emoticons

Modusnya macem2 sih gan, biasanya ada media semacem magnet, atau ada yg cuma modal tali, intinya buat ngakalin biar seolah-olah kartu tertelan tp masih bs diambil pake medium tersebut...

Masalah app-nya, pihak bank sudah ada beberapa lapis pengamanannya kq gan, dan berhubungan dengan ini langsung ane kutip dari halaman FAQ M*****i :

Mengapa kalau saya mengganti kartu SIM (dengan nomor yang berbeda) di telepon selular yang sudah diunduh layanan M*****i mobile tidak bisa digunakan?
Untuk keamanan nasabah, layanan M*****i mobile hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) nomor SIM Card (MSISDN) yang dengan 1 (satu) nomor perangkat telepon selular (IMEI) yang telah terdaftar pada saat mengunduh aplikasi M*****i mobile. Jika nasabah ingin melakukan penggantian kartu SIM, maka disarankan agar kartu SIM tersebut didaftarkan untuk layanan M*****i sms dan melakukan unduh ulang aplikasi M*****i mobile.

Mengapa kalau saya menggunakan kartu SIM yang sama namun mengganti telepon selular, layanan M*****i mobile tidak bisa digunakan?
Untuk keamanan nasabah, layanan M*****i mobile hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) SIM Card yang dengan 1 (satu) telepon selular yang telah terdaftar pada saat mengunduh aplikasi M*****i mobile. Jika nasabah ingin melakukan penggantian telepon selular, maka disarankan agar melakukan unduh ulang aplikasi tersebut sebelumnya.

semoga keterangan tersebut cukup jelas buat agan... Emoticons Emoticons

Quote:Original Posted By novigod
mobile banking itu kalo di pasang di smartphone knp lebih baik jgn dijual ke org lain gan? kan bisa aja aplikasinya dihapus. ya ga sih gan? :cmiiw

Quote:Original Posted By KutuStanding
Jadi intinya ga kenapa" kan ganti handset nya asalkan nomor yg didaftarin ga ilang. Emoticons

Thx gan penjelasannya. Emoticons

yap bener gan, emang sebenernya app-nya dihapus juga dah aman, lagian akunnya terikat sama nomor HP-nya juga, itu pas ane ngetik tips bagian itu pas ane masih panik dan ane belum baca halaman FAQ di website M****ri gan jadi ane ketik aja segala hal yang ane anggap sebagai langkah antisipasi... Emoticons

dari bank sudah ada sistem keamanannya sendiri, merujuk pada reply ane di page 7 atas pertanyaan salah satu kaskuser disini... Emoticons

Quote:Original Posted By anggaBET
ga pake "token" gan buat mindahin uang ke rek kakak nya?

Untuk segala jenis transaksi via Mobile Banking ga' perlu token kq gan, yang perlu token kalau kita pakainya Internet Banking, soalnya kalau IB tanpa token kan cuma bisa liat/cek saldo sama laporan aja... cwiiw... Emoticons
Source: http://kask.us/hgfQ2


Demikianlah Artikel Waspada! Antisipasi Modus Pencurian Kartu ATM Bagi Pengguna ATM

Sekianlah artikel Waspada! Antisipasi Modus Pencurian Kartu ATM Bagi Pengguna ATM kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Waspada! Antisipasi Modus Pencurian Kartu ATM Bagi Pengguna ATM dengan alamat link http://gakbosan.blogspot.com/2015/02/waspada-antisipasi-modus-pencurian.html

0 Response to "Waspada! Antisipasi Modus Pencurian Kartu ATM Bagi Pengguna ATM"

Post a Comment

cari artikel disini