Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !!

Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !! - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel The Lounge, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !!
link : Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !!

Baca juga


Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !!

Assalamu'alaikum
orang biasa kembali lagi bree

HT#2 ane ni gan terharu ane gan
thanks buat momod dan para kaskuser yang udah ngesahre dan ngerate ni trit
Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !!

Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !!

kali ini ane mau ngebahas tentang e-ktp, yap e-ktp merupakan salah satu program pemerintah untuk mendigitalisasi sistem pendataan penduduk kita

E-KTP sebenernya program yang bagus, tapi dalam pelaksanaannya yang 'kurang bagus', dari awal perencaannya pun udah banyak yang menentang program ini, karena masalah teknologi yang dipakai, databasenya ada di singapura lah, pita datanya gampang rusak kalo sering dipotokopi, dll.

Tapi menurut ane yang "PALING BURUK" pelaksanaan program ini, itu dalam pembuatan E-KTPnya, mulai dari sosialisasinya, yang kurang, sampai pegawai pemerintahnya yang "MENAMBANG EMAS" dari program ini.

Jujur aja menurut ane, sistem pendataan di Indonesia itu benar-benar buruk gan !! banyak data yang benar-benar diragukan tetapi masih dipakai oleh Kementrian Dalam Negeri.

Contohnya gini aje gan, Rata-rata penduduk didaerah ane mempunyai dokumen Kartu Keluarga yang datanya itu udah kurang valid gan, rata-rata Kartu Keluarga yang mereka buat itu tahun 2009. Tapi data ini masih dipakai oleh lembaga pemerintah di tempat ane, untuk berbagai program pemerintah pusat. Jadi wajar aja kalo banyak yang salah target penerimanya.

Mereka bukan males buat bikin dokumen kependudukan mereka bree, mereka males karena setiap bikin dokumen kependudukan mereka disuruh bayar.

FYI
Dalam pembuatan semua dokumen kependudukan (Kartu Keluarga, KTP-el, Akta Kelahiran, Akta Perkimpoian, Akta Kematian, Akta Perceraian, Akta Pengakuan Anak dll) itu GRATIS gak dipungut biaya. Semua biaya pembuatan dokumen pemerintahan itu ditanggung pemerintah.
Menurut Pasal 79A UU Nomor 24 Tahun 2013, yang berbunyi
Pasal 79A
Pengurusan dan penerbitan Dokumen Kependudukan tidak dipungut biaya.

dan menurut Pasal 95B, kalo ada yang memungut biaya dalam pembuatan dokumen kependudukan bisa di pidanakan, dan didenda loh gan!!

Pasal 95B

Setiap pejabat dan petugas pada desa/kelurahan, kecamatan, UPT Instansi Pelaksana dan Instansi Pelaksana yang memerintahkan dan/atau memfasilitasi dan/atau melakukan pungutan biaya kepada Penduduk dalam pengurusan dan penerbitan Dokumen Kependudukan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 79A dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp75.000.000,00 (tujuh puluh lima juta rupiah).

Sebenarnya pemerintah harus menjelaskan sejelas mungkin proses pelayanan mereka kepada masyarakat, dalam ini proses pembuatan Dokumen Kependudukan harus secara transparan, akuntabel, dan sesuai undang-undang. seperti yang disebutkan UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, pasal 30:

Pasal 30
ayat 1
Penyelenggara dapat menyediakan pelayanan berjenjang secara transparan, akuntabel, dan sesuai dengan standar pelayanan serta peraturan perundang-undangan.

dan mengenai Biaya dalam pembuatan dokumen kependudukan, jika pun benar penyelenggara (lembaga pemerintah) memang membutuhkan biaya untuk membuat dokumen tersebut,tapi tetap tidak boleh memungut biaya sepeserpun, adapun untuk pembiayaan pembuatan dokumen kependudukan itu, si penyelenggara (lembaga pemerintah) dapat meminta dana alokasi untuk membiayai proses pembuatan dokumen kependudukan itu, seperti yang tertera pada Pasal 31-Pasal 33 UU No.25 Tahun 2009, yang berbunyi :

Pasal 31
Ayat 2
Biaya/tarif pelayanan publik yang merupakan tanggung jawab negara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibebankan kepada negara apabila diwajibkan dalam peraturan perundang-undangan.

Pasal 32
Penyelenggara berhak mendapatkan alokasi anggaran sesuai dengan tingkat kebutuhan pelayanan.
Selain alokasi anggaran sebagaimana dimaksud pada ayat (I), penyelenggara dapat memperoleh anggaran dari pendapatan hasil pelayanan publik.

Pasal 33
Ayat 1

Dalam hal penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan oleh institusi penyelenggara negara dan lembaga independen yang dibentuk berdasarkan undang-undang, negara wajib mengalokasikan anggaran yang memadai melalui anggaran pendapatan dan belanja negara atau anggaran pendapatan dan belanja daerah.

Apalagi sekarang ditambah dana desa yang mencapai 1M lebih, masa si bikin KTP masih bayar?

Jadi kalo ente dipalak ama petugas kelurahan ama desa, ente tanyain aja "emang prosesnya gimana si pak?", "Uangnya buat apa pak?", "Boleh minta kwetansi pembayaran buat bikin E-KTPnya gak pak?"

Kalo ente nyecer pegawai desanya pake pertanyaain itu semua, insyaAllah dah ente malah dimarahin

Quote:Walaupun sistem pemerintahan dan orang-orang pemerintahan negara ini masih jauh dari kata "kompeten/layak", kita jangan pesimis dan apatis gan, kita harus tetap awasi mereka, kita juga harus kritik mereka, tapi jangan kritik mulu harus kasih solusi juga lah.

Ayo gan marikita gerak, kita rubah bangsa ini, mulai dari diri kita masing-masing.

Sebarkan info ini ke lingkungan disekitar ente gan, biar pada tau.
Oke sekian wassalamu'alikum

SAYA BANGGA DAN CINTA JADI BANGSA INDONESIA




Spoiler for Komik Si Bedil:


Spoiler for Komik Otong dan Pak Pol:

Rock Bottom
Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !!
Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !!Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !!

Polisi tidur
Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !!

Nyukur bree
Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !!

Ban kurang angin
Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !!

yok bree digoyang
Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !!



pengalaman salah satu kaskuser
Quote:Original Posted By manutsu
gratis itu mitos gan

ane bikin KTP dimintain duit 50ribu.. ane tanya buat apa? kata petugasnya buat bensinlah,buat makanlah..

ane tanya sm temen ane yg kebetulan petugas dipuskesmas yg berjejer sm kantor kecamatan.. kata temen ane itu yg mintain duit adalah petugas PNS HONORER .


jd setiap warga yg bikin surat dukumen kependudukan,apapun itu dimintain duit "adminitrasi" .
hasil duit "adminitrasi"siluman td dikumpulin terus dibagi2.

hayoooooo.. petugas2 pns yg suka begitu semoga perutnya bocorrrrrrrrr. jangan mengelak yaaaa...
jangan bilang cuma "oknum" klo nyatanya bagi2



saran dari kaskuser
Quote:Original Posted By 9satutiga

Kebetulan ane kerja di disduk pencapil, E-KTP maupun administrasi kependudukan lainnya (KK, dan Akta) itu benar gratis, dan selalu diingatkan oleh petugas loket.
Kalau pun ada pungli itu ulah oknum kok, yang biasa 'mangkal' diluar kantor, dan beberapa ulah calo yang bisa kasih 'tiket vip', tapi kami sebagai manusia yang butuh makan juga ga nolak kalo dikasih 'recehan'

Intinya jgn pukul rata, setiap individu punya kepribadian masing2

Dan sedikit pesan yang bagi yang belum melakukan perekaman data untuk E-KTP, yaitu jangan bohong.
Beberapa kasus pernah terjadi perekaman ganda karena kurang jujurnya masyarakat, yang mengakibatkan terlambatnya proses pencetakan, jadi beberapa minggu-bulan kemudian mau diambil, masyarakat yang bersangkutan marah karena E-KTP nya belum selesai, jadi dari sini timbul stigma masyarakat kalau tidak ada uang, pelayanan tidak maksimal, salah satunya
tiada pertamax diantara kita
Emang gratis, yang bilang bayar siapa?
wah punya ane ini uda E apa belom yak ?
Ya berarti intinya jangan takut buat bertanya kalo pelayanan masyarakat tidak transparan (?)

Spoiler for favorit ane:
Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !!
Quote:Original Posted By mbewehkill666
wah punya ane ini uda E apa belom yak ?

Di daerah ente mungkin gratis gan
tapi di daerah lain pada kudu bayar

KTP ane mah ilang belum buat lagi.
Emang gan..
Quote:Original Posted By mhmmdfrh

Di daerah ente mungkin gratis gan
tapi di daerah lain pada kudu bayar



iye sih kemaren2 emang gk bayar gan
Quote:Original Posted By dollarnaiklagi
Seharusnya*

*S&K berlaku


jah tau aja ni ente bree
Ane malah fokus liat komiknya gan
Waktu bikin pertama gratis ane bree
Komiknya lucu brad....

sekarang sukro merambah dunia kontrasepsi....
Quote:Original Posted By missyoudie
Ane malah fokus liat komiknya gan
Waktu bikin pertama gratis ane bree


awal-awal si emang gratis gan, kesininya gan geblek dah masa harus bayar Rp.100.000/orang kan berat banget bagi yang gak mampu
ane bayar gocap bikin e-ktp gan
ane buat ke capil gratis, cuma bayar surat pengantar di kantor kecamatan 'seiklasnya'
ane bikin E-KTP itu di SMA gratis, tapi jadinya 9 bulan baru di anter kerumah ama pak RT
Quote:Original Posted By buruhtani19
ane bikin E-KTP itu di SMA gratis, tapi jadinya 9 bulan baru di anter kerumah ama pak RT


set dah itu bikin ktp apa bikin anak gan ?
Lah kan emang gratis,ane aja buat ektp gratis kok
Quote:Original Posted By mhmmdfrh


awal-awal si emang gratis gan, kesininya gan geblek dah masa harus bayar Rp.100.000/orang kan berat banget bagi yang gak mampu


Parah tuh para pelayan rakyat,oknum, dulu gratis karna serempak seluruh.indonesia bikin,sekarang cuma sebagian kecil yang bikin ktp,jadi ada lahan buat pungli
bukane emang geratis yah??
lupa saiya dah lama sih bikinnya.
Via: Kaskus.co.id


Demikianlah Artikel Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !!

Sekianlah artikel Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !! dengan alamat link https://gakbosan.blogspot.com/2016/03/seharusnya-bikin-e-ktp-itu-gratis-gan.html

0 Response to "Seharusnya bikin E-KTP Itu Gratis Gan !!"

Post a Comment

cari artikel disini