Rumus-rumus Formula Pada Microsoft Excel Untuk Mengolah Dokumen

Rumus-rumus Formula Pada Microsoft Excel Untuk Mengolah Dokumen - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Rumus-rumus Formula Pada Microsoft Excel Untuk Mengolah Dokumen, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Computer, Artikel download, Artikel Engineering, Artikel Knowledge, Artikel Mathematics, Artikel Programming, Artikel Technology, Artikel Tips Trick, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Rumus-rumus Formula Pada Microsoft Excel Untuk Mengolah Dokumen
link : Rumus-rumus Formula Pada Microsoft Excel Untuk Mengolah Dokumen

Baca juga


Rumus-rumus Formula Pada Microsoft Excel Untuk Mengolah Dokumen

Rumus Microsoft ExcelRumus Formula Pada Microsoft Excel
Knowledge - Engineering - Mathematics - Technology - Computer - Programming - Download
romisatria
UserID: 2099198
Bismillahirrahmanirahim
Ok Langsung saja ya gan, oh ya sebelumnya Agan dan Aganwati udah tau kan apa itu Microsoft Excel ? Hehe kalau belum dibawah ini penampakannya :

Microsoft Excel
Quote:CEKIDOT GAN!

Quote:SUM
Rumus SUM ini paling sering di gunakan, fungsi utamanya adalah untuk penjumlahan/menjumlahkan. Misal :
=SUM(B12:B25) artinya menjumlahkan data di kolom B12 sampai B25 (klw ini mungkin udah pada tau ye) hehe

Quote:AVERAGE

AVERAGE

Fungsi untuk mengabil nilai rata-rata suatu variable, misal :
= AVERAGE(D7:E7) artinya menngambil nilai rata-rata dari D7 sampai E7.

Quote:AND

AND

Fungsi AND adalah Menghasilkan nilai TRUE jika semua argument yang di uji bernilai BENAR DAN FALSE jika semua atau salah satu argument bernilai SALAH.

Contoh kasus : Peserta ujian dinyatakan lulus jika nilai ujian teori dan praktik masing-masing harus di atas 7, jika kurang dari 7 maka dinyatakan gagal.

Quote:NOT

NOT

Fungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE jika kondisi yang di uji SALAH dan FALSE jika kondisi yang di uji BENAR

Quote:OR

OR

Fungsinya Menghasilkan TRUE jika beberapa argument bernilai BENAR dan FALSE jika semua argument SALAH

Quote:SINGLE IF
Fungsi Menguji kebenaran suatu kondisi, contoh kasus berikut :

SINGLE IF

Quote:MULTI IF
Fungsi hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari dua kondisi. contoh kasus berikut ini :

MULTI IF

Quote:AREAS
Fungsi Menampilkan jumlah area (range atau sel) dalam suatu referensi (alamat sel atau range yang di sebutkan). Contoh kasus berikut ini :

AREAS

Quote:CHOOSE

CHOOSE

Fungsinya Menampilkan hasil pilihan berdasarkan nomor indeks atau urutan pada suatu referensi (VALUE) yang berisi data teks, numeric, formula atau nama range..

Quote:HLOOKUP
Fungsinya Menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar. syarat penyusunan tabel ; data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. contoh kasus berikut ini :

HLOOKUP

Quote:VLOOKUP
Fungsi menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak atau vertikal. syarat penyusunan tabel data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. contoh kasus berikut ini :

VLOOKUP

Quote:MATCH
Fungsinya menampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan sebelumnya yang terdapat dalam sekelompok data. contoh kasus berikut ini :

MATCH

Quote:COUNTIF
Fungsinya untuk menghitng jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu. adapun rumus yang serng digunakan adalah =COUNTIF(range;kriteria).

Misal : menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian /remidi. =COUNTIF(D1Emoticons45;”remidi”) maka dari contoh tadi keterangan siswa berada di range D1 sampai D45 dimana keterangannya remidi. maka hasilnya adalah total siswa yang remidi.

Quote:Perhatian

Dalam beberapa kasus rumus yang menggunakan koma “,” tanpa petik atas ” tidak bisa di gunakan, jadi sobat ganti tanda koma”,” dengan tanda titik koma “;” tanpa tanda ” begitupun sebaliknya.

Referensi

Quote:TAMBAHAN

Quote:1. Fungsi VALUE
digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text, penulisannya :
=VALUE(text)

2. Fungsi FIND
digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya :
=FIND(cari text,pada text,mulai nomor)

3. Fungsi MID
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya :
=MID(text,posisi awal,jumlah karakter)

4. Fungsi REPLACE
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),, penulisan :
= REPLACE (…)

5. Fungsi CONCATENATE
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string, penulisannya =CONCATENATE(text1,text2,…)

6. Fungsi MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya :
=MAX(number1,number2,…)

7. Fungsi STEDEV
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =STEDEV(number1,number2,…)

8. Fungsi VAR
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =VAR(number1,number2,…)

9. Fungsi LEFT
Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan hasil beberapa huruf paling kiri. Text di sini merujuk kepada text yang akan diambil. Bisa berupa nilai sel ataupun langsung diketikkan textnya di situ, tapi dengan menambahkan tanda petik dua (") di awal dan di akhir text.
Rumusnya sangat simpel.
=LEFT(text)

10. Fungsi RIGHT
Fungsi ini adalah kebalikan dari fungsi LEFT, yaitu mengambil beberapa karakter yang dimulai dari kanan. Rumusnya mirip sekali dengan fungsi LEFT yaitu:
=RIGHT(text)

11. Fungsi LEN
Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah karakter yang ada di dalam sebuah text. Rumusnya adalah:
=LEN(text)

12. Fungsi UPPER
Fungsi ini akan membuat semua text yang ada di sel menjadi huruf besar semua. penulisannya:
= UPPER(text)

13. Fungsi LOWER
Fungsi ini kebalikan dari fungsi UPPER, yaitu menjadikan huruf kecil semua. penulisannya:
=LOWER(text)

14. Fungsi PROPER
Fungsi ini akan membuat teks menjadi huruf besar di karakter pertama di setiap kata. Penulisannya:
=PROPER(text)

15. Fungsi BAHTTEXT
Mengubah angka ke dalam bentuk teks. Namun hanya beberapa saja yang dapat di rubah.
Penulisan :
=TTEXT(…)

16. Fungsi FACT
Menyatakan faktorial dari suatu bilangan. Penulisan :
=FACT(…)

17. Fungsi GCD
Menyatakan pembagi umum terbesar. Penulisan :
=GCD(number1, number2,…)

18. Fungsi LN
Menyatakan logaritma natural dari suatu bilangan. Penulisan :
=LN(number)

19. Fungsi RAND
Menyatakan jumlah real secara acak merata lebih besar dari atau sama dengan 0 dan kurang dari 1. Sebuah bilangan real baru secara acak akan diperlihatkan setiap kali lembar kerja dihitung. Penulisan :
=RAND(…)

20. Fungsi CEILING
Menyatakan jumlah pembulatan, jauh dari nol, ke kelipatan terdekatnya. Penulisan :
=CEILING(…)

21. Fungsi SQRT
Untuk menghitung akar dari bilangan yang positif tidak boleh negatif. Penulisan :
=SQRT(…)

22. Fungsi INT (number)
Untuk pembulatan angka ke bawah dari suatu nilai integer / bulat. Penulisan :
=INT(number)

23. Fungsi CHAR
Untuk menyatakan karakter yang telah ditentukan menggunakan suatu kode angka. Penulisan :
Syntax
=CHAR(number)

24. Fungsi SUM :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)

25. Fungsi AVERAGE :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata, penulisannya :
=AVERAGE(number1,number2,…)

26. Fungsi MIN:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =MAX(number1,number2,…)

27. Fungsi HLOOKUP :
digunakan untuk membaca tabel / range secara horizontal, penulisannya :
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)

28. Fungsi VLOOKUP :
digunakan untuk membaca tabel / range secara vertikal (VLOOKUP), penulisanya :
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)

29. Fungsi / Function COUNTIF :
digunakan untuk menghitung jumlah cell dalam suatu range dengan ciri-ciri / kriteria tertentu. Penulisannya : =COUNTIF(range;kriteria).
Misal : menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian /remidi. =COUNTIF(D1Emoticons45;”remidi”) maka dari contoh tadi keterangan siswa berada di range D1 sampai D45 dimana keterangannya remidi. Jadi, hasilnya adalah total siswa yang remidi.

30. Fungsi AND :
Fungsi AND menghasilkan nilai TRUE jika semua argument yang di uji bernilai BENAR
dan akan bernilai FALSE jika semua atau salah satu argument bernilai SALAH. Penulisan pada gambar ini.
Misal : Peserta ujian dinyatakan lulus jika nilai ujian teori dan praktik masing-masing harus di atas 7, jika kurang dari 7 maka dinyatakan gagal.

31. Fungsi NOT :
Fungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE jika kondisi yang di uji SALAH dan FALSE jika kondisi yang di uji BENAR
Penulisan : =NOT(argument)

Quote:Original Posted By G.Ezr
Atau kalo mau kombinasi, bisa kayak gini, gan...

Spoiler for Nih:
Formula Excel

Itu kombinasi fungsi IF sama LEFT. Bisa pake MID, MAX, dll. Koma (,) bisa diganti titik koma (Emoticons sesuai setting-an komputer agan..
Satu lagi, tanda kutip itu untuk data yg sifatnya nonnumerik (karakter a-z, tanda baca, dll, misal F-12. Angka 12 di situ keitung bukan numerik karena udah kegabung sama huruf di satu cell). Tapi juga bisa buat numerik biar jadi data non numerik. Sedangkan data numerik (full angka, misal 23,000,000) itu gak perlu pake tanda kutip.

Quote:Buat yang mau Rumusnya yang udah di Excel silahkan Sedot dibawah ini Gan..
Spoiler for Download Rumus Excel:

Nah gimana gan dan aganwati? Udah pada tau kan ? Hargailah Usaha TS dengan Berbagi

Emoticon Emoticon Emoticon

Akhirukallam, Assalamua,alikum Wr.Wb
Rumus-rumus Formula Pada Microsoft Excel Untuk Mengolah Dokumen
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/529f1c03c1cb173b4e0002df/rumus-formula-pada-microsoft-excelCategory:
Tips Trick


Demikianlah Artikel Rumus-rumus Formula Pada Microsoft Excel Untuk Mengolah Dokumen

Sekianlah artikel Rumus-rumus Formula Pada Microsoft Excel Untuk Mengolah Dokumen kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Rumus-rumus Formula Pada Microsoft Excel Untuk Mengolah Dokumen dengan alamat link https://gakbosan.blogspot.com/2016/03/rumus-rumus-formula-pada-microsoft.html

0 Response to "Rumus-rumus Formula Pada Microsoft Excel Untuk Mengolah Dokumen"

Post a Comment

cari artikel disini