Judul : Mengenal Istilah-istilah Moto GP
link : Mengenal Istilah-istilah Moto GP
Mengenal Istilah-istilah Moto GP
Berawal dari nonton Moto GP, dengerin komentator sama review banyak istilah yang gak ngerti kemudian coba googling istilah apa saja yang ada di Moto GP. Berikut istilah-istilah yang berhasil dikumpulin :
APEX Titik paling rapat dari suatu tikungan yang mana biasanya pembalap melaluinya sebelum mulai keluar tikungan dan berakselerasi
Lintasan berbentuk huruf S. letak biasanya diantara straight atau trek lurus. Fungsinya untuk meredam kecepatan dan sekaligus ketangkasan. Di lintasan ini, pembalap diuji gerakan pinggulnya. Sehingga tidak terjadi kecepatan tinggi dan malah berubah seperti seni tari.
Tipe / jenis karet yang digunakan oleh ban
Biasa juga disebut dengan KERB, terdapat di tepian lintasan balap. Biasanya di daerah tikungan. Berbentuk gundukan gerigi dibari tanda cat warna-warni. Fungsi utamanya sebagai tepian akhir mendorong kendaraan kembali ke dalam racing line. Itu jika motor terlalu out akibat kecepatan. Kerb selalu lebih ngegrip daripada aspal. Akan Manahan kendaraan keluar lintasan.
Kapasitas CC dari mesin motor, contohnya, 1000 cc, 600 cc
Balapan yang dimana permukaan track dianggap kering oleh Race Direction, kebalikan dari Wet Race. Dalam keadaan kering, pembalap menggunakan ban slick pada motornya.
organisasi penyelenggara balapan MotoGP. Dorna bertanggung jawab terhadap kualitas event dan juga mengurusi sponsor event.
Trik dalam mengerem motor secara mendadak sampai bagian belakang motor terangkat
Bagian badan terluar dari motor yang melindungi motor dan pembalap dari debu dan hembusan angin. Fairing didekorasi dengan warna tim, logo sponsor, dan nomor balap.
sebuah organisasi internasional di bidang balap sepeda motor
Event Balapan, Moto GP, Moto 2 dan Moto 3
Tanda starting point start/ finish di lintasan balap
Disebut juga tikungan tusuk konde. Karena bentuknya seperti konde ibu-ibu pejabat. Di balap Tanah Air disebut tikungan balik badan. Tikungan mati yang memaksa pembalap mengerem habis. Bahkan, tidak jarang harus menurunkan kaki. Sering ditemui sirkuit dadakan. Di sirkuit internasional, tikungan ini tetap ada, tapi radiusnya lebih besar. Sesuai besarnya sirkuit.
Kecelakaan dimana ban belakang motor tergelincir dan kemudian mendapatkan cengkeraman kembali sehingga membuat bagian belakang motor terlempar ke atas setelah mendapatkan grip.
Memimpin balapan pada tikungan pertama
Kecelakaan yang mana salah satu atau kedua ban motor kehilangan daya cengkeram dan tidak bisa kembali mendapatkan traksi yang mengakibatkan motor tergelincir dari bawah pembalap.
Kemiringan motor dan pembalap pada saat tikungan, kadang kala lutut pembalap menyentuh lintasa
kamera yang terpasang pada motor
Area pada pit lane yang didesain sebagai tempat parkir pembalap yang naik podium pada setiap kategori dan diwawancarai oleh kru televisi sesaat setelah setiap balapan.
Tempat yang paling steril di balapan. Disinilah semua pelaku balap berada. Mulai pembalap, manager tim, mekanik hingga motor balapnya. Menjadi tempat paling steril karena di sinilah mereka merancang strategi hingga ubahan setingan pada motor. Pada tim papan atas, paddock dibagi menjadi beberapa petak yang terdiri tempat motor, tempat pembalap istirahat dan tempat terima sponsor dan wartawan.
Jalanan yang dilalui pembalap sesaat meninggalkan paddock untuk menuju lintasan balapan. Di sini disediakan dua pintu. Pit in, sebagai jalan pembalap untuk memasuki paddock selepas balapan dan pit out digunakan pembalap untuk memasuki lintasan balap. Pit area ini juga digunakan sebagai tempat untuk menservis motor balap yang bermasalah di tengah balapan terakhir, mekanik boleh membetulkan motor di area ini.
Selain Pit Area,ada juga Pit Lane.Letaknya segaris dengan Pit Area.Di Sentul besar,bisa dilihat dengan garis kuning.Di garis ini,para marshall pengibar bendera berdiri .Tugas mereka mengawasi dan mengamankan motor pembalap lalu lalang di depan Pit Area.
Menandakan urutan pembalap yang berhak menempati urutan paling depan/pertama dengan menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi
Tempat pimpinan lomba berada. Di balap nasional dikenal sebagai kamar hitung. Di sinilah seluruh balapan dipantau. Mulai catatan waktu, urutan pembalap, hingga gambar yang terhubung dengan kamera jump start dan gerak-gerik pembalap.
Pembalap baru/pendatang baru. isitilah ini dipakai disemua kelas
Kata lain dari podium
proses pemeriksaan teknis yang dilakukan secara detail, baik dilakukan sebelum dan/atau sesudah balapan
Keadaan dimana pembalap mengikuti pembalap lain dari belakang dan menunggu momentum untuk mendahuluinya
Tempat dimana rantai dan suspensi belakang dipasang
Kegiatan me-record yang tercepat dalam sesi latihan dan kualifikasi
tembok ban dibentuk sebagai barir ketika terjadi kecelakaan atau tabrakan.
Mengangkat roda depan sambil melaju
Pembalap nonkontrak yang mengikuti balapan pada saat tertentu saja, berlawanan dengan kompetitor tetap.
Spoiler for Apex:
APEX Titik paling rapat dari suatu tikungan yang mana biasanya pembalap melaluinya sebelum mulai keluar tikungan dan berakselerasi
Spoiler for Braking Marker:
Spoiler for Chicane:
Lintasan berbentuk huruf S. letak biasanya diantara straight atau trek lurus. Fungsinya untuk meredam kecepatan dan sekaligus ketangkasan. Di lintasan ini, pembalap diuji gerakan pinggulnya. Sehingga tidak terjadi kecepatan tinggi dan malah berubah seperti seni tari.
Spoiler for Compounds:
Tipe / jenis karet yang digunakan oleh ban
Spoiler for Curbstones:
Biasa juga disebut dengan KERB, terdapat di tepian lintasan balap. Biasanya di daerah tikungan. Berbentuk gundukan gerigi dibari tanda cat warna-warni. Fungsi utamanya sebagai tepian akhir mendorong kendaraan kembali ke dalam racing line. Itu jika motor terlalu out akibat kecepatan. Kerb selalu lebih ngegrip daripada aspal. Akan Manahan kendaraan keluar lintasan.
Spoiler for Displacement:
Kapasitas CC dari mesin motor, contohnya, 1000 cc, 600 cc
Spoiler for Dry Race:
Balapan yang dimana permukaan track dianggap kering oleh Race Direction, kebalikan dari Wet Race. Dalam keadaan kering, pembalap menggunakan ban slick pada motornya.
Spoiler for Dorna:
organisasi penyelenggara balapan MotoGP. Dorna bertanggung jawab terhadap kualitas event dan juga mengurusi sponsor event.
Spoiler for Endo:
Trik dalam mengerem motor secara mendadak sampai bagian belakang motor terangkat
Spoiler for Fairing:
Bagian badan terluar dari motor yang melindungi motor dan pembalap dari debu dan hembusan angin. Fairing didekorasi dengan warna tim, logo sponsor, dan nomor balap.
Spoiler for FIM:
sebuah organisasi internasional di bidang balap sepeda motor
Spoiler for GP (Grand Prix):
Event Balapan, Moto GP, Moto 2 dan Moto 3
Spoiler for Grid:
Tanda starting point start/ finish di lintasan balap
Spoiler for Hairpin:
Disebut juga tikungan tusuk konde. Karena bentuknya seperti konde ibu-ibu pejabat. Di balap Tanah Air disebut tikungan balik badan. Tikungan mati yang memaksa pembalap mengerem habis. Bahkan, tidak jarang harus menurunkan kaki. Sering ditemui sirkuit dadakan. Di sirkuit internasional, tikungan ini tetap ada, tapi radiusnya lebih besar. Sesuai besarnya sirkuit.
Spoiler for High Side:
Kecelakaan dimana ban belakang motor tergelincir dan kemudian mendapatkan cengkeraman kembali sehingga membuat bagian belakang motor terlempar ke atas setelah mendapatkan grip.
Spoiler for Hole-Shot:
Memimpin balapan pada tikungan pertama
Spoiler for Low Side:
Kecelakaan yang mana salah satu atau kedua ban motor kehilangan daya cengkeram dan tidak bisa kembali mendapatkan traksi yang mengakibatkan motor tergelincir dari bawah pembalap.
Spoiler for Lean Angle:
Kemiringan motor dan pembalap pada saat tikungan, kadang kala lutut pembalap menyentuh lintasa
Spoiler for OnBoard:
kamera yang terpasang pada motor
Spoiler for Parc Fermé:
Area pada pit lane yang didesain sebagai tempat parkir pembalap yang naik podium pada setiap kategori dan diwawancarai oleh kru televisi sesaat setelah setiap balapan.
Spoiler for Paddock:
Tempat yang paling steril di balapan. Disinilah semua pelaku balap berada. Mulai pembalap, manager tim, mekanik hingga motor balapnya. Menjadi tempat paling steril karena di sinilah mereka merancang strategi hingga ubahan setingan pada motor. Pada tim papan atas, paddock dibagi menjadi beberapa petak yang terdiri tempat motor, tempat pembalap istirahat dan tempat terima sponsor dan wartawan.
Spoiler for Pit Area:
Jalanan yang dilalui pembalap sesaat meninggalkan paddock untuk menuju lintasan balapan. Di sini disediakan dua pintu. Pit in, sebagai jalan pembalap untuk memasuki paddock selepas balapan dan pit out digunakan pembalap untuk memasuki lintasan balap. Pit area ini juga digunakan sebagai tempat untuk menservis motor balap yang bermasalah di tengah balapan terakhir, mekanik boleh membetulkan motor di area ini.
Spoiler for Pit Lane:
Selain Pit Area,ada juga Pit Lane.Letaknya segaris dengan Pit Area.Di Sentul besar,bisa dilihat dengan garis kuning.Di garis ini,para marshall pengibar bendera berdiri .Tugas mereka mengawasi dan mengamankan motor pembalap lalu lalang di depan Pit Area.
Spoiler for Pole position atau Pole:
Menandakan urutan pembalap yang berhak menempati urutan paling depan/pertama dengan menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi
Spoiler for Race Director Room:
Tempat pimpinan lomba berada. Di balap nasional dikenal sebagai kamar hitung. Di sinilah seluruh balapan dipantau. Mulai catatan waktu, urutan pembalap, hingga gambar yang terhubung dengan kamera jump start dan gerak-gerik pembalap.
Spoiler for Rookie:
Pembalap baru/pendatang baru. isitilah ini dipakai disemua kelas
Spoiler for Rostrum:
Kata lain dari podium
Spoiler for Scrutineering:
proses pemeriksaan teknis yang dilakukan secara detail, baik dilakukan sebelum dan/atau sesudah balapan
Spoiler for Slipstrema:
Keadaan dimana pembalap mengikuti pembalap lain dari belakang dan menunggu momentum untuk mendahuluinya
Spoiler for Swingarm:
Tempat dimana rantai dan suspensi belakang dipasang
Spoiler for Topping the timesheet:
Kegiatan me-record yang tercepat dalam sesi latihan dan kualifikasi
Spoiler for Tyre Wall:
tembok ban dibentuk sebagai barir ketika terjadi kecelakaan atau tabrakan.
Spoiler for wheele:
Mengangkat roda depan sambil melaju
Spoiler for Wild Card:
Pembalap nonkontrak yang mengikuti balapan pada saat tertentu saja, berlawanan dengan kompetitor tetap.
Spoiler for Sumur:
Amankan pertamax gan.,,. Kurang byak gan istilah istilahnya..,tambahin donk.... Umbrella girl... Marshall... Dll
info bagus buat pecinta motogp
banyak banget gan nama nama istilah nya
yang pertamax mupeng aja sukanya
kamera nya itu berputar yah gan di tv soal nya bisa liat depan belakang
nice infoh juragan
kurang banyak gan...tambahin...
Quote:Original Posted By kenny87andi ►
Amankan pertamax gan.,,. Kurang byak gan istilah istilahnya..,tambahin donk.... Umbrella girl... Marshall... Dll
pegel gan nyari bahannya
Amankan pertamax gan.,,. Kurang byak gan istilah istilahnya..,tambahin donk.... Umbrella girl... Marshall... Dll
pegel gan nyari bahannya
Quote:Original Posted By approve.cc ►
kamera nya itu berputar yah gan di tv soal nya bisa liat depan belakang
kamera yang di mountnya emang banyak gan
kamera nya itu berputar yah gan di tv soal nya bisa liat depan belakang
kamera yang di mountnya emang banyak gan
Quote:Original Posted By kalibaros ►
banyak banget gan nama nama istilah nya
masih banyak sebenernya gan, cuman pegel bikin threadnya
banyak banget gan nama nama istilah nya
masih banyak sebenernya gan, cuman pegel bikin threadnya
ane tau nya paddock girls aje
ada istilah diving?
nice shared gan , ane jadi tau arti arti GP
ane seneng nonton gp,tp ga dengerin komentatornya gan..
denger suara motornya+liat gambar aja..
denger suara motornya+liat gambar aja..
Keren gan... gak sabar moto GP ada di sentul
Sebagian besar sih udah tahu semua.
Good for fan rookie.
Good for fan rookie.
Motogp sentul katanya 2017 paling cepet gan...
FIM itu kayak FIFA gtu ya contohnya....
semegah apa sih sentul ntar
Via: Kaskus.co.id
Demikianlah Artikel Mengenal Istilah-istilah Moto GP
Sekianlah artikel Mengenal Istilah-istilah Moto GP kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Mengenal Istilah-istilah Moto GP dengan alamat link https://gakbosan.blogspot.com/2015/09/mengenal-istilah-istilah-moto-gp.html
0 Response to "Mengenal Istilah-istilah Moto GP"
Post a Comment