Tahun 2013 lalu, jumlah orang meninggal di jalan lantaran kecelakaan mencapai angka 27 ribu. Jumlah ini diklaim lebih banyak dari pada korban penyakit mematikan seperti jantung dan TBC yang dikatakan sebagai pembunuh terbesar masyarakat Indonesia. Dari jumlah tersebut, didapatkan angka rata-rata sekitar 80 orang meninggal tiap harinya. Sangat mengerikan, bukan?
Dari jumlah kematian tersebut, dipastikan jika korban terbanyak adalah pemotor. Sebenarnya hal ini tak begitu mengherankan jika melihat potret para pengendara motor di Indonesia. Ya, tak taat aturan, ugal-ugalan, dan menganggap enteng tiap larangan adalah pemandangan yang sudah biasa ditemui di jalan. Sehingga mungkin kita bisa meraba-raba sendiri jika angka kecelakaan pemotor masih akan tinggi, mengingat kesadaran yang tak kunjung naik
Nah, berikut adalah fakta-fakta yang kerap dijumpai di jalan dan seringkali jadi biang dari kecelakaan sampai menghilangkan nyawa. Jika agan melakukan yang semacam ini, segera hentikan karena fatal akibatnya, terutama bagi diri sendiri
Quote: 7 Fakta Pemotor Indonesia yang Bikin Banyak Orang Meninggal di Jalan Quote:Quote:1. Lampu Belakang Berwarna Putih
Stoplampmemang harus yang kelihatan agar pengemudi lain bisa aware dan tidak terjadi kecelakaan. Namun demikian, bukan jadi alasan untuk memasang lampu belakang berwarna putih. Sekarang ini mulai banyak motor-motor dimodifikasi seperti ini. Padahal tingkat bahayanya luar biasa tinggi
Ketika siang hari terik, lampu belakang putih tidak akan terlalu kelihatan. Alhasil, ketika berhenti mendadak pengemudi belakang pun jadi kurang waspada. Akhirnya kecelakaan pun terjadi. Malam hari juga tak kurang bahayanya. Ketika malam lampu belakang yang berwarna putih ini akan menyilaukan pengendara yang ada di belakang. Kejadian kecelakaan lantaran hal ini juga masih sering terjadi. Hentikan hal semacam ini karena akan membahayakan. Alih-alih keren, lampu belakang berwarna putih akan jadi bumerang
Tabiat para pengendara kita memang begini. Ketika ada kesempatan untuk melintas padahal panel digital lampu merahnya sudah kuning, ya sudah terobos saja. Malas menunggu lampu merah dijadikan alasan melakukan aksi yang bisa bikin nyawa hilang seketika itu
Seringkali kecelakaan juga disebabkan karena hal ini. Yang dari arah berlawanan tancap gas terus, padahal di sisi yang lain sudah akan menyala lampu hijaunya. Tahu sendiri bagaimana kelakuan para pemotor ketika lampu hijau. Sudah mirip start-nya MotoGP. Tabrakan tak terhindarkan hanya gara-gara tak mau menunggu lampu merah yang bahkan tak sampai 2 menit
Quote:Quote:3. Peduli Dengan Smartphone, Tapi Tidak Dengan Nyawa
Namanya juga mengemudi, maka yang namanya fokus harus jadi prioritas. Alasannya agar kita bisa taktis ketika ada apa-apa di jalan. Sehingga selamat dari hal-hal yang membahayakan. Namun orang-orang sudah sok jago sekarang dengan menganggap fokus hanya untuk mereka yang baru belajar naik motor
Lalu kemudian malah makin menjadi dengan mainan smartphone. Alhasil, konsentrasi terbagi dan tidak bisa intuitif saat berkendara dan akhirnya kecelakaan. Perlu diketahui, angka kecelakaan tinggi penyebab spesifiknya adalah bermain alat komunikasi sewaktu berkendara. Yang bikin gregetan, sudah tahu membahayakan tapi ketika diperingatkan malah sok jagoan. Padahal ini juga untuk kebaikan dirinya
Quote:Quote:4. Memaksa Menyalip Tanpa Memperhitungkan Jarak
Alasan lain kenapa kita harus berkonsentrasi di jalan, adalah bisa melakukan manuver dengan enak dan presisi. Apalagi kita dihadapkan dengan mobil-mobil besar yang notabene butuh hitung-hitungan untuk menyalip dan sebagainya. Sayangnya, banyak yang asal geber motor tanpa melakukan hal ini terlebih dahulu. Kecelakaan mengerikan pun tak bisa dihindari
Memang kita harus bisa mengukur laju plus jarak kendaraan sehingga bisa terlewati dengan aman. Bila tidak ya sudah tunggu waktu yang tepat sampai ada kesempatan untuk menyalip. Memaksa bermanuver akan sangat membahayakan nyawa. Meskipun misalnya tak tertabrak kendaraan di depan, sangat mungkin kita oleng karena terlalu mepet dan akhirnya jatuh kemudian digilas kendaraan yang ada di belakang. Maka berhati-hatilah.
Hanya hal opsional saja memakai pelindung kaki dan lutut ketika berkendara. Namun untuk pelindung kepala alias helm, hukumnya wajib. Helm adalah satu-satunya pelindung kepala kita, tanpanya apa yang kita andalkan ketika terjadi kecelakaan? Sayangnya banyak pemotor yang masih saja tak paham pentingnya benda satu ini
Tidak memakai helm pun alasannya macam-macam. Biasanya yang paling sering adalah karena tempat yang dituju dekat. Sekarang, apa kita bisa memprediksi di jalan benar-benar aman? Sama sekali tidak. Yang makin miris lagi, anak-anak justru yang sering tak dipakaikan helm. Ya, meskipun dalihnya sama, yaitu jarak dekat, hal semacam ini juga jadi potret egoisme orangtua yang lebih mementingkan keselamatan dirinya sendiri
Quote:Quote:6. Motor Gede yang Pakai Jalan Seperti Sirkuit
Gengsi pemotor kita itu tinggi sekali, khususnya mereka yang motornya bagus dan mewah. Bukti nyatanya adalah kasus Pawai Harley yang diberhentikan seorang pesepeda beberapa waktu lalu. Lewat kejadian ini pula bisa disimpulkan jika mereka, para pemotor yang kelasnya tinggi, memanglah arogan. Tak hanya ketika pawai, saat berkendara solo di jalan hal tersebut juga seringkali ditunjukkan
Ya, aksi overtaking meliuk-liuk seringkali dilakukan oleh mereka yang punya motor gede atau sport. Padahal aksi semacam ini tentu saja membahayakan. Apalagi jalannya memanglah padat. Jika ditanya, alasannya karena motornya berat sehingga bawanya harus cepat. Ya, ini memang benar, namun harus diingat pula jika jalanan kita padat. Sangat egois sekali kalau mementingkan diri sendiri kemudian mengorbankan banyak orang
Setiap tahunnya jumlah motor baru yang turun ke jalan makin banyak. Itu artinya, banyak pula pemula yang baru naik motor. Sayangnya, para pemotor baru ini juga jadi alasan kenapa banyak kecelakaan di jalan. Dan seringkali korbannya adalah mereka sendiri
Banyak pemotor baru yang belum benar-benar bisa mengendalikan motornya dan maksa ke jalan. Sehingga mereka sering melakukan kesalahan-kesalahan yang kadang berakibat fatal. Entah berjalan ke tengah dan sangat pelan, tidak bisa menguasai kendaraan di jalanan tertentu dan sebagainya. Bekali diri dengan skill mengendara mumpuni terlebih dahulu sebelum kemudian turun ke jalan. Tak mengindahkan hal semacam ini maka nyawa lah yang jadi taruhannya
Quote:Quote:Penutup Quote:
Ya, beginilah potret para pemotor kita dan mirisnya hal tersebut masih saja sering ditemui. Mengendara memang sejatinya pergi dari satu tempat ke tempat lain. Namun selama perjalanan itu sebenarnya nyawa kita jadi taruhan. Berkendara di jalan seperti masuk ke dalam hutan, kalau tanpa persiapan maka habis sudah kita dimangsa
Quote:Quote:Komentar Kaskuser Quote:
Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By andrylfc ► beberapa hal yg ane liat sering terjadi di Jakarta yg berpotensi jadi bahaya kecelakaan:
1. Penggunaan Ban Cacing yg jelas tidak memenuhi standar keselamatan (apalagi yg motor nya gede tp ban nya sekecil ban sepeda ade ane ). udah ban kecil, ugal2an lagi geber2 knalpot suara kaleng
2. Penggunaan lampu HID tanpa proyektor yg mengakibatkan pancaran cahaya tidak fokus alias nyebar ke atas, kaya lampu sorot mau nembak musang. at least mau keren harus modal, jgn modal lampu doang, tp projie nya juga (no offense ya gan )
3. lampu belakang putih (bahkan ada yg kedip2 )
4. lawan arah, atau gunain jalur berlawan tanpa perhitungan.
5. mau nyebrang, belok, masuk gang, dsb TIDAK MENGGUNAKAN SEIN (ini parah bgt gan, asli. kayanya tombol sein nya ketinggalan di dealer )
ane ga cuman driver, ane juga sering jd biker. namun ada baik nya sebagai driver dan biker yg baik dan "berotak" seharuanya bisa saling koreksi untuk memikirkan faktor kalo ada orang lain di jalanan
kalo berkenan bisa taroh di pejawan TS Quote:Original Posted By lebah.ganteng ► Intinya dari ke 7 Point diatas..........
"Mereka adalah Pemula yg Maksa turun ke Jalan"
Secara psikologis mereka sebenarnya orang yg nggak pede, jadi untuk bisa pede yaa mereka melakukan hal2 yg diatas Ane biasanya klo ketemu orang yg bawa motor sambil maen hp bakal ane tegur, kalo ngeyel (biasanya abg labil) ane Jorokin sampe jatuh, biar dianya sadar..... Kalo yg pake lampu led sampe silau bgt biasanya ane tegur, tapi kalo ngeyel (biasanya abg labil lg) yaa ane tendang ampe jatuh Soalnya ane pernah hampir tabrakan sama truk gara2 di jalur lawan ada motor yg pake lampu depan led super silauu....
Kadang kebanyakan orang indonesia harus dikerasin dulu biar sadar.... Dan hal ini juga berlaku sama Mobil Salam GANTENG Quote:Original Posted By adelpiero ► Ngerokok di jalan tuh Berapa kali tuh bara api ato abunya ampir kena mata aye :.
Kalo lo ngantuk n pake rokok sebagAi alasan, ga usah jalan lah :fuck1: nongkrong ke warung atau ngopi dulu : Kalo ketemu perokok sembari bawa motor aye pengennya bikin cilaka itu orang aja : Quote:Original Posted By bits32 ►
set dah mainannya ampe tendang segala gan macam kayak gini jadinya
Quote:Original Posted By tirta.nurmawan ► boleh nambahin 1 lagi gan?? kalo belum ada yang ngebahas tentang ini sih syukur2 alhamdulilah sekarang ini banyak pengguna kendaraan yang kendaraannya dibekali lampu PROJECTOR, LED, HID dari pabrikannya. malah kadang ada juga pengendara2 yang sengaja merubah lampu kebdaraannya menggunakan 3 jenis yang disebutkan tadi. yang ane kesel selain dari pada 7 point yang agan sebutin ane ada 1 keluhan lagi tentang lampu depan dan lampu2 tambahan. ada oknum pengendara yang entah sengaja, ga tau, atau pura2 ga tau tentang lampu yang di pakenya itu sengaja banget sorotan lampunya bukan ke jalan tetapi ke muka pengendara yang ada di depannya, otomatis kan kita yang ada di depannya ga bisa liat jalanan sama sekitar kita dikhawatirkan bisa menyebabkan kejelakaan, toh itupun juga membahayakan kesehatan mata entah apa yang ada di otaknya para oknum pengendara itu......
sama 1 lagi lampu tambahan yang suka di pasang di motor2 yang katanya KOMUNITAS ada ngeblitz2 gitu gan itu juga ngebahayain apa coba sebenernya yang ada di otak oknum2 kaya begitu di tegor malah galakan dia didiemin bikin celaka orang laen
keep safety aja gan peduli dan hargai pengguna jalanan yang lain terutama pejalan kaki yang sering di ambil hak-hak nya dijalanan Quote:Original Posted By uklunk ► Yang paling ane kesel tuh yg suka ngelawan arah gan, demi menyingkat waktu yang tidak seberapa. Eh udah gt kalo rombongan karena berasa kuat malah kendaraan di jalur yg benar lah yg kudu ngalah. Duh, gregetan bgt kalo udah liat yg kek gt. Pengen rasanya ane tabrak2in aja secara mereka yg salah
Tapi apa daya gan, karena ane orang baek ya hanya bisa bersabar dan mengelus dada aja Quote:Original Posted By refi1 ► Emak-emak turun ke jalan kaga ikut masuk daftar gan?
Spoiler for penguasa jalan:
The Last one, Badass abeessss!!!!
Quote:Original Posted By reverum ► Sama ini gan: Malem malem pake lampu HID tanpa projector (bukan cuma warna putih), atau LED HPL / yang silaunya kebangetan yang pake lensa flood yang membuat tingkat kesilauannya semakin menyebar, udah gitu di set lampu jauh alias pancaran sinarnya njengat sampe setinggi kepala orang... Nggak cuma motor, mobil juga banyak yang begitu... Pengendara lawan arah jadi kena silaunya, kadang apa yang di depannya persis malah gak kelihatan gegara silau oleh lampu dari lawan arah... Kalo siang sih gak silau, mau pake lampu sorot helikopter juga silahkan... Nah kalo malam sungguh menyiksa gan... (Coba aja sendiri, ntar dikiranya ane tukang bohong)
Kalo ditanya kenapa pake lampu begitu, alesannya enak bener: penglihatan agak berkurang, jadi butuh lampu yang pancarannya super keatas... Mata orang lain mah bodo amat, ya nggak sih? Kalo semua orang berpikiran begini, dokter mata laris manis karena banyak orang yang katarak mendadak Padahal di daerah urban, tapi lampunya ngalahin lampu sorot pasar malem... Kalo ada pengguna lampu ini di belakang juga nyebelin gan, karena silaunya itu mantul lewat kaca spion! Pantulan kendaraan lain jadi gak keliatan Ane pernah berkendara malem malem di belakang ane ada mobil yang pake lampu silau begini, karena gak betah akhirnya ane kasih dia jalan duluan... Habis itu ane ngikut dia di belakang sampe beberapa KM karena ane males kalo spion ane disorotin lampu... mungkin karena risih merasa dibuntutin, tuh mobil akhirnya minggir sendiri trus berhenti dinpinggir jalan...
Kalo di daerah yang jalannya gelap ga ada lampu mah masih mending gan, memang butuh penerangan ekstra... Kalo di daerah urban masa iya semua lampu jauh dekat atas bawah kelip kelip dinyalain? Ane sih salut sama pengguna lampu terang yang memang sesuai peruntukannya kayak HID dikasih lensa+cutoff, atau HPL diarahin ke bawah... Atau yang kalo malem di daerah urban dimatiin lampunya sebentar... (Gantengnya gak bakal berkurang kok) Ato nggak, biasanya di bagian batok lampu belakang itu ada baut sakti gan, itu kalo agan muternya pas, bisa bikin arah sorotan lampunya agak kebawah dikit gan, jadinya arah lampu ke jalan... Bukan ke mata orang... Ato nggak, baru baru ini peneliti dari jepang telah menemukan suatu alat kecil yang sangat canggih gan.. Namanya SAKLAR. Fungsinya macem macem gan kalo dipencet... Ada yang kalo dipencet bikin arah lampunya agak turun sedikit. trus ada lagi yang kalo saklarnya di ceklik, lampu lampu tambahan yang super silau dan banyak banget itu jadi gak nyala semua untuk sementara waktu Pejwan juga boleh gan... Quote:Original Posted By ludviAlvinL ► ane pengguna kendaraan motor dan mobil. harian sih motor. ga heran gan, memang sangat banyak, susah untuk dihitung pengendara2 bodoh seperti itu. klo dibilangin, malah ngajak berantem.
tambahan gan. banyak juga pengendara mobil yang bodohnya sama ky pengendara motor. ada yg rem mendadak (udah tau mobil gede, mana bisa rem jarak dekat, ngesot pasti, atau ga sampe berenti), ada yg belok main belok ga pake lampu sein, ada yg nyalain lampu fog lamp yg jauh lebih terang drpd lampu utama, udah gitu lampu utamanya mati (ini udah pasti yg kaca depan pake kaca film), blm yg pake lampu hid atau xenon murahan ky pemotor, silau gila.ugal2an di tol (nyelip2 kanan kiri ga pake mikir).
belum keitung kendaraan umum, yg rata2 supirnya masih muda. cara nyetirnya sungguh bodoh amatiran, bikin orang lain celaka, penumpang celaka juga. bahkan cwe ane klo lg naik angkot, marahin supirnya, malah disuruh turun. Quote:Original Posted By jambo3 ► Yang penting itu tau diri sesama pengguna jalan, tp yg plg ane benci itu adalah = - yg BUTA WARNA kalo saat lampu merah, entah gak lulus SD ato emg bego ketolongan, apa susahnya si nunggu 1-3 menit sampe ijo? - pengguna motor yg kebanyakan ABG ala ala rossi salip sana salip sini - sama kalo hujan maen berhenti di kolong jembatan ato ngambil ruas jalan! Mikir panjang dikit kalo uda musim hujan bawa jas hujan, kalo gk bawa jas hujan tp mw neduh cari tempat makan warteg ato apa kek yg kgk nyusahin sesama pengguna jalan.
Sekian sesama driver! Quote:Original Posted By jintuang ► Menurut saya sebagian dari 7 fakta tersebut juga dilakukan oleh pengendara mobil
kenapa pengendara mobil lebih sedikit (pengendara motor mencolok banget alias banyak banget yg ngelanggar, yah krn harga mobil yg jauh lebih murah dan tentunya mobil juga lebih sedikit yang punya. Dan memang mobil juga tidak selincah motor untuk bermanuver.
1. Mobil jadiin bahu jalan ajang reli banyak kok gan, gak mau kalah juga ma pengendara motor yg pake bahu jalan buat ajang motor cross haha (mungkin klo trotoar cukup dipake jalan sama mobil yah dipake juga sama mereka)
2. Mobil selap-selip kayak film action banyak juga kok gan, gak mau kalah sama motor yg sok adu jago maen akselerasi
3. Mobil terobos lampu lalu lintas gak kurang gan, gak kalah sama motor yg jadiin lampu merah serasa garis finish dan lampu ijo (kadang patokan malah berdasar lampu merah di arah jalan yg lain) serasa tanda start race.
4. Mobil seenaknya langgar marka biar gak dibelakang sendiri bejibun gan, gak kalah sama pengendara motor yg sampe meluber ke depan atau samping
5.Mobil pake plat nomor modifikasi gak keitung gan, gak jauh beda sama motor mah
6.Mobil parkir sembarangan tiap hari ane lihat gan, sama kayak motor trotoarpun pake buat parkir
Yang pasti ney gan Menurut ane, sekali lagi menurut ane y gan maaf klo salah ucap, ups salah ketik maksdnya. Semua berdasar dari kepribadian masing-masing pengendara. Safety riding dan tahan emosi dijalan raya. Gak peduli apa aja kendaraan yg dipakai semua sama saja. Gak peduli mau sekaya apa semiskin apapun keadaan agan, klo uwdh mentalnya yah tetep aja.
Mau benahin kek gini sulit amit-amit gan, yg ngelanggar kadang lebih galak klo diingetin. Tapi tentu saja semua gak ada yg gak mungkin. Mulailah dari diri agan masing-masing, kasih contoh tahan emosi dan patuh berkendara dijalan. Klo mereka yg sudah berumur gak ikutin contoh kita yah seenggaknya generasi penerus bisa tiru contoh perilaku kita.
Quote:Original Posted By sLowbReaKoq ► Jujur, ane sbnernya emg BAJING*N gan , kalo namanya udah bawa motor, demen ngebut"an, selap sana selip sini. tapi setidaknya ane tau ETIKA DASAR TERBAIK mnrt ane dalam mengemudi, buat menghargai / menghormati kendaraan lain sesama pengguna jalan dengan cara :
Spoiler for TIPS~:
- ngga memaksakan kemauan sendiri, (tau diri, yang jadi pengguna jalan bukan ane doang) - setiap mau ambil jalur ke kanan ato kiri, ANE SELALU liat KONDISI apa ada mobil atau motorkah? (Jangan lupakan juga kegunaan dari kaca spion yang ada di motor / mobil) - seandainya ane mau ngebut, + selap selip, itu ane udah baca dari cara mengemudinya dari kendaraan lain yg mau di salip. Cara jalannya, dia bakal ambil jalur / laju kiri atau kanan kah, atau tetap lurus terus jalan biasa - SELALU MEMPERHATIKAN, MEMPERTIMBANGKAN, FOCUS di LEVEL MAX, antar jarak kendaraan yang akan di salip - Ambil jalur / menyalip JANGAN PERNAH SETENGAH". Ambil ya ambil, NGGA ya NGGA SAMA SKALI (Bila dalam kondisi yg mau di salip lawan arah, dan dari lawan arah tersebut ada mobil, sedangkan kita motor dan baca point sebelumnya.) - Gunakan FEELING agan, bila seandainya mau menyalip asal (guna menebak apakah agan merasakan ada kendaraan lain yg dekat dengan sekitar jalur yg mau di salip atau di ambil) - Selalu perhatikan SEIN, ato tanda dari pengendara tersebut baik mobil / motor. - Luangkan waktu sesaat, UNTUK PENGGUNA JALAN yang ingin menyebrang.
Sekian tips ETIKA DASAR TERBAIK dari ane, semoga berguna. Kalo bisa PEJWAN gan Quote:Original Posted By CombiOnline ► mnurut gw pribadi sih pemotor di indo itu ada 2 macam kubu.. pertama kubu pemotor yang bner2 berjiwa pemotor dan taat, yang ke2 itu pemotor yang goblog dan gak punya otak
pemotor yang taat itu pasti punya toleransi penuh terhadap pengguna jalan lain dan memikirkan keselamatan dirinya juga
pemotor goblog dan gak punya otak itu ya kayak contoh TS diatas
tambahan lagi nih sikap yang lain: 1. masuk jalur busway, pas ada belokan atau U turn dan orang yang dari luar jalur busway mau belok dy malah klakson2 dan malah tambah ngebut 2. lampu rem mati, bgitu ada orang belakang yang gak sengaja nabrak malah dy marah2 paling banyak.. bukannya intropeksi diri dulu kalo dy juga ada salah, tuh lampu juga mati, jangan salahin orang kalo sengaja gak nabrak 3. klakson2 pas macet sambil nyalip2.. apa coba yang mau diklakson, buang2 accu aja.. nyantai dikit, gak usah nyalip2 4. berteduh nungguin hujan berhenti dibawah flyover sehingga bikin macet.. udah tau musim ujan ya bawa jas ujan dong 5. ngebut2 pas ujan biar cepet nyampe.. kagak tau apa kalo ujan makah bahaya dan jalanan licin 6. lawan arah, lebih jagoannya tuh kalo sekalian klakson2in orang yang arahnya bner 7. naek trotoar pas macet, trus turun dari trotoar seenak jidat tanpa liat kalo ada pemotor lain 8. knalpot bising dan nembak asapnya dan ngerasa tuh bunyi knalpotnya keren, bikin orang kaget aja apalagi kalo geber2
semoga pemotor2 kayak gini banyak yang mati aja di jalan buat ngurangin populasi kubu ke2 ini.. gak ada gunanya idup juga, bikin celaka diri sendiri dan orang lain yang gak salah dan udah ditungguin keluarga di rumah
kalo ada yang masih mau tobat baguslah, kembalilah ke jalan yang benar dan jadilah pemotor sejati dan taat lalu lintas
gw juga tiap hari naek motor dan udah berapa kali ktemu kejadian kayak gitu.. semuanya itu sbnernya tergantung mental masing2 orang..
kalo berkendara itu inget kalo kita ditungguin di rumah, lebih baik taat lalu lintas.. pilih mana, pulang ke rumah keluarga apa pulang ke rumah Tuhan?
taat lalu lintas = panjang umur
sekian dari saya.. maaf kalo jadi curcol......... Quote:Original Posted By Maleeqh ► Satu lagi gan, yg keluar gang langsung ngacir tanpa nengok kiri-kanan dulu. Yg motong jalan seenaknya juga nyebelin
Ya bener juga sih intinya pemula yg baru masuk jalan. Belum dewasa. Jujur ane awal2 pake motor bawaannya pengen kebut-kebutan (mungkin yg lain ata2 juga begitu). Tp stlh 1-2 tahun, setelah ngeliat berbagai kejadian di jalan, ane coba buat belajar safety riding. Emang awalnya susah banget, sering kebawa emosi sama yg bawanya asal-asalan. Tp makin kesini ane semakin terbiasa. Semoga pada tobat lah Quote:Original Posted By iponk.14 ► kalo ane nyetir motor, ane paling sebel kalo: 1. motor pake lampu besar ketinggian atau pake yg HIGH lamp, jadi silau mennn.. (pengen gw tabrakin aja skalian tuh orang) 2. ngeludah sembarangan (mestinya kalo pengendara motor mau ngeludah kayaknya ke sebelah kiri aja, tapi kebanyakan orang malah ngeludah ke sebelah kanan, hasilnya ampir ngeludahin pemotor lain yang di sebelah kanan). Soalnya ane pernah ampir kena ludah orang lain, ane marahin, ane pelototin, ga peduli dia lagi bonceng anak n bininye.. 3. buang sampah sembarangan. orang2 pada koar2 banjir dan sebagainya, tapi juga ga sadar dirinya buang sampah sembarangan.
kalo ane nyetir mobil, ane paling sebel kalo: 1. pemotor abis nyalip mobil trus langsung potong jalannya mobil (pengen gw giles skalian ) 2. motor jalannya di tengah, padahal pelan2. kalo diklakson, malah marah (jadi bingung gue, yg salah siapa) 3. pemotor atau pemobil yang lain yang buang sampah sembarangan. (biasanya foto tuh kendaraan, lengkap ama NOPOLnya, trus ane taro di DP bbm ane trus dikasi status BB "mobil ini buang sampah sembarangan" biar tau rasa kalo ada yg kenal.
****** itu di atas cuma curhatan ane gan.. kayaknya agak ga nyambung ama judul TS. Mohon dimaapkan.
#salamdamai Quote:Original Posted By Fangcorpre ► Tambahan lagi deh : 1. Nyalip motor laen di depan pas lagi macet dan jalan di lajur paling kiri. Maksa masuk 2 jalur sampe mepet ke kendaraan di kanan lalu ada celah motong paksa motor laen, seringkali membahayakan motor yang dipotong. Banyak yang begini padahal motor depan juga ga pelan2 amat. Mental dan otak nya masih primitif. Jujur kalo sampe motor yang disalip celaka, ane kejar dan bakalan gua gebuk kalo ga mau brenti.
2. Naik motor zigzag. Padahal uda tua yah umurnya, masi aja bgitu. Jalan lurus bisa kenapa harus zigzag. Sempat beberapa kali sangat dekat dengan mobil dan motor selisih beberapa cm.
3. Ke jalur busway maksa dari lajur kiri atau tengah ke kanan langsung tanpa lihat mobil motor dari blakang atau busway datang. Sering nih terutama di dan mogot dan jalur lain yang ada jalur transjakarta dan polisinya terlalu liberal.
4. Naek motor sambil ngobrol, di tengah jalan lagi. Bangga bener kayaknya bisa gitu persis suku amazon.
5. Ambil lajur berlawanan arah! Mengganggu pengendara lain yang dilawan arahnya. Mana ngumpul lagi ambil lebih dari 1 jalur. Saran ane jgn mau ngalah yang lajurnya bener. Pepet saja sampe lajurnya dia sempit banget. Kalo ga, kalian yang sengsara terutama motor. Mobil di kanan, motor kan bisa lewat pinggir. Nah kalo kayak gini bisa bisa motor ngantri belakang mobil kan. Jangan mau dibodohi manusia purba.
Quote:Original Posted By cwar14 ► Sistem pembelian kendaraan bermotor, pembuatan SIM harus terintegrasi, misalnya: 1. Pembuatan SIM harus benar2 melalui seleksi yang ketat sehingga SIM diperuntukan kepada orang-orang yang memang layak turun kejalan (skrg mah byk yang nembak) 2. Untuk bisa beli kendaraan bermotor harus punya SIM dulu, dan 1 orang hanya bisa membali 1 kendaraan bermotor 3. Pendidikan mental disiplin sejak dini
7 Fakta Pemotor Indonesia yang Bikin Banyak Orang Meninggal di Jalan
Demikianlah Artikel 7 Fakta Pemotor Indonesia yang Bikin Banyak Orang Meninggal di Jalan
Sekianlah artikel 7 Fakta Pemotor Indonesia yang Bikin Banyak Orang Meninggal di Jalan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel 7 Fakta Pemotor Indonesia yang Bikin Banyak Orang Meninggal di Jalan dengan alamat link https://gakbosan.blogspot.com/2015/11/7-fakta-pemotor-indonesia-yang-bikin.html
0 Response to "7 Fakta Pemotor Indonesia yang Bikin Banyak Orang Meninggal di Jalan"
Post a Comment